Ajarkan Anak Berpuasa Dengan Beberapa Cara Ini!

0
15
Ajarkan Anak Berpuasa 2

Ajarkan anak berpuasa – Bulan Ramadhan menjadi moment bagi kaum muslimin untuk mengerjakan ibadah sebanyak-banyaknya. Bukan hanya ibadah puasa saja, namun banyak ibadah yang bisa dikerjakan sebagai amalan. Begitu juga dengan mengajarkan anak-anak untuk puasa. Ini adalah moment yang tepat untuk mulai membiasakan anak agar bisa menjalankan ibadah puasa. Namun tentu saja, sebagian orang tua mungkin bertanya bagaimana untuk memulai mengajarkan anak berpuasa dengan benar.

Ajarkan Anak Berpuasa 1

Berpuasa adalah menahan haus dan juga lapar. Bagi orang yang sudah baligh atau dewasa, menjalankan puasa pastilah menjadi sesuatu yang lebih mudah untuk dikerjakan. Sementara bagi anak-anak, perlu adanya pembelajaran untuk membiasakan mereka menahan lapar dan juga haus selama seharian. Dan ini tentu saja perlu cara yang benar agar anak tidak merasa terbebani saat berpuasa. Lalu bagaimana cara untuk mengajarkan berpuasa kepada anak-anak?

Ajarkan Anak Berpuasa Dengan Melakukan Beberapa Cara Ini

Ajarkan Anak Berpuasa 2

Ajarkan anak berpuasa bisa membuat anak semakin terbiasa untuk menahan lapar dan haus. Maka dari itu, sejak dini perlu adanya pembelajaran agar anak bisa menjalankan ibadah puasa dengan mudah nantinya. Untuk mengajarkan anak berpuasa itu sendiri tidak ada patokan umur atau kapan kita bisa membiasakan anak untuk puasa di bulan Ramadhan. Jika anak telah cukup sehat fisik dan mentalnya, maka orang tua bisa mulai mengajarkan untuk berpuasa.

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Dalam ayat ini ditegaskan bahwasanya orang tua memiliki tanggung jawab untuk memelihara keluarganya. Itu artinya, orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik anak-anaknya sesuai dengan ajaran islam. Sehingga bisa menjadikan keluarga begitu dekat dengan Allah dan agama, serta menjauhkan dari api neraka. Dan salah satu bentuk tanggung jawab orang tua adalah mengajarkan anak untuk berpuasa.

Lalu bagaimana cara mengajarkan anak untuk puasa?

Mengenalkan Puasa Kepada Anak

Ajarkan Anak Berpuasa 3

Hal yang pertama harus dilakukan adalah memperkenalkan puasa kepada anak. Ini cara untuk mengajarkan anak untuk berpuasa. Dengan mengenalkan dan memberikan pengetahuan tentang puasa, maka ini bisa membangun keinginan anak untuk berpuasa. Sehingga dengan begitu, akan lebih mudah bagi anak menjalankan ibadah puasa. Berikan pengertian bahwasanya puasa di bulan Ramadhan ini wajib dan juga merupakan perintah Allah SWT.

Membiasakan Anak Berpuasa, Meskipun Tidak Seharian

Sebagai tahap awal untuk mengajarkan anak berpuasa, maka tidak harus memaksa anak untuk menahan lapar dan haus selama seharian. Sobat CahayaIslam bisa mulai membiasakan anak menahan lapar dan haus untuk waktu yang bisa dijalani oleh mereka. Dengan begitu, semakin lama anak juga akan terbiasa dan bisa menjalankan puasa selama seharian nantinya.

Ajarkan anak berpuasa – Perlu beberapa cara yang benar untuk membantu anak terbiasa menahan lapar dan haus. Jangan lupa untuk menanamkan pemikiran kepada anak tentang manfaat serta keutamaan berpuasa kepada anak ya sobat CahayaIslam. Ini bisa membantu anak menjadi tertarik untuk berpuasa.


Catatan Kaki:

(1) – Surat At-Tahrim Ayat 6

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY