Wajib Pakai Masker Saat Wabah Adalah Bentuk Ibadah Kepada Allah

0
58
wajib pakai masker

Wajib Pakai Masker – Penularan wabah virus corona di Indonesia makin hari kian mengkhawatirkan. Sudah ratusan jiwa melayang karena virus ganas yang menyerang organ paru-paru ini. Meskipun pemerintah sudah menhimbau agar masyarakat tetap tinggal di rumah, tetapi banyak dari mereka yang mudik ke kampung halamannya. Mengakibatkan mereka membawa virus tersebut semakin menyebar ke wilayah-wilayah lain.

Sekarang pemerintah dan pihak berwenang menerapkan aturan baru, yaitu setiap orang yang keluar rumah wajib memakai masker. Langkah ini dinilai efektif untuk mencegah penyebaran virus yang semakin meluas. Siapapun wajib pakai masker, kalau melanggar aturan akan dikenakan hukuman denda.

Lalu bagaimana Islam memandang tentang kewajiban pakai masker? Haruskah sobat Cahaya Islam mematuhinya?

wajib pakai masker

Islam Sangat Memperhatikan Kesehatan

Aturan wajib pakai masker saat wabah penyakit dibuat agar kesehatan tiap orang selalu terjaga. Di dalam agama Islam sendiri sangat wajib bagi umatnya untuk menjaga kesehatan. Islam hadir untuk menjaga agama, jiwa, jasmani, rohani, akal, harta dan keturunan.

Kesehatan dalam Islam sangat diperhatikan. Sebab, seseorang yang sehat maka ia akan bisa melaksanakan seluruh ibadah dengan tenang dan khusyuk. Bayangkan jika tubuh dalam keadaan sakit, maka melaksanakan satu saja ibadah wajib akan sangat berat bahkan tak melakukannya. Oleh karena itulah, menjaga kesehatan sangatlah penting bagi kita semua, umat Islam pada khususnya. Jadi pakai masker di kala ada wabah virus sangat wajib.

wajib pakai masker

Cara Menjaga Kesehatan Menurut Islam

Bentuk kesehatan bisa dikategorikan menjadi kesehatan jasmani (raga/lahiriah) dan kesehatan rohani (jiwa/batiniah). Dan ternyata Islam sudah memberi petunjuk mengenai menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

1.Menjaga Kesehatan Jasmani

Berikut badalah beberapa konsep atau cara menjaga kesehatan jasmani menurut Islam

  • Menjaga Kesucian dengan Wajib Pakai Masker

Islam menganjurkan agar selalu menjaga kesucian dan kebersihan. Kita bisa mulai dari menjaga kesucian badan, lingkungan, makanan, dan tempat tinggal. Kebersihan bisa mencegah munculnya bakteri dan virus. Sepertih contoh kasus, kita wajib pakai masker saat keluar rumah, sehingga kita tetap menjaga kebersihan tubuh dan mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

  • Menjaga Makanan

Di dalam Al-Quran sudah tertulis bahwa kita tidak boleh makan makanan yang haram, sebaiknya makanlah yang halal. Makanan yang diharamkan secara ilmiah memang dibuktikan sangat berbahaya bagi kesehatan. Berikut firman Allah di dalam Al -Quran tentang makanan

“Dan makanlah makanan yang halal lagi baik (thayib) dari apa yang telah dirizkikan kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (QS. Al-Maidah : 88)

  • Olahraga Fisik

Nabi Muhammad sangat menganjurkan untuk berolahraga seperti berkuda, memanah, berenang, maupun berlari. Melakukan olahraga fisik faktanya memang membuat badan menjadi jauh lebih sehat dan meningkatkan imunitas tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Rohani

  • Menjaga Ibadah

Selalu menjaga ibadah terutama ibadah wajib bisa menenangkan jiwa dan pikiran kita. Ada rasa tenang dan tentram saat kita beribadah kepada Allah

wajib pakai masker

  • Memperbanyak Dzikir

Mengingat Allah kapanpun dan dimanapun, saat sedih maupun senang akan meningkatkan kesehatan rohani dalam diri kita. Hati kita akan merasa tenang saat ucapan dan hati kita selalu terhubung dengan Allah.

  • Selalu Khusnudzon

Berbaik sangka kepada sesama dan allah akan menghilangkan kekhawatiran dalam diri kita. Serahkan semuanya pada Allah, semua keputusan Allah adalah yang terbaik bagi hidup kita. Selalulah berkhusnudzon pada Allah jika hidup kita ingin tenang.

Sobat Cahaya Islam, dalam suasana seperti sekarang ini, kita harus selalu berusaha menjaga kesehatan jasmani maupun rohani kita. Islam sudah menunjukkan bagaimana cara menjaga kesehatan yang baik dan benar menurut tuntunan. Semoga kita semua terhindar dari segala jenis penyakit. Dengan niat, supaya kita bisa beribadah kepada Allah dengan jiwa dan raga yang sehat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!