Relawan Sembari Gelar Aksi Simpatik Unjuk Rasa Secara Damai, Ini Bentuk Perdamaian Dalam Agama Islam!

0
20
Relawan Sembari Gelar Aksi Unjuk Rasa Damai

Relawan Sembari – Baru-baru ini relawan dari Semangat Baru Indonesia menggelar aksi untuk menyampaikan aspirasi secara damai. Aksi ini digelar di kawasan Patung Kuda, Jakarta. Dalam aksi simpatik unjuk rasa secara damai ini, merupakan bentuk ajakan kepada warga untuk menyampaikan segala aspirasi dengan jalan yang baik dan damai. Kita tahu bahwa akhir-akhir ini Indonesia sedang dilanda situasi yang cukup sulit. Mulai dari adanya pandemi terkait covid-19 hingga kebijakan omnibus law yang tidak bisa diterima masyarakat.

Relawan Sembari Gelar Aksi Unjuk Rasa Damai dan Perdamaian Dalam Islam

Situasi Indonesia yang mana kini banyak kebijakan baru bermunculan menyebabkan banyaknya unjuk rasa yang terjadi. Bahkan unjuk rasa atau demonstrasi yang terjadi juga diwarnai dengan kerusuhan hingga kekerasan. Tidak sedikit yang bahkan menjadi korban jiwa. Sobat CahayaIslam, agama islam merupakan agama yang mengajarkan perdamaian. Itu sebabnya, perdamaian adalah dasar utama yang harus dipegang dalam berbagai aspek kehidupan oleh kaum muslimin.

Relawan Sembari Gelar Aksi Simpatik Unjuk Rasa Secara Damai, Ini Lho Bentuk Perdamaian Agama Islam

Relawan Sembari Gelar Aksi Unjuk Rasa Damai

Relawan Sembari gelar aksi simpatik unjuk rasa secara damai. Dalam aksi ini, para relawan mengajak warga untuk berunjuk rasa dengan cara yang damai. Sehingga tidak seperti yang sudah-sudah dimana aspirasi disampaikan dengan kekerasan dan kerusuhan. Islam merupakan salah satu agama yang mengedepankan perdamaian. Itu sebabnya, islam dinilai sebagai agama yang membawa keadilan dan kedamaian.

وَإِنْ جَنَحُوا لِلسَّلْمِ فَاجْنَحْ لَهَا وَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Dan jika mereka condong kepada perdamaian, maka condonglah kepadanya dan bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.(1)

Ayat ini membuktikan bahwa agama islam merupakan agama yang condong pada kedamaian. Sehingga islam pun mengajarkan perdamaian dalam setiap aspek kehidupan kaum muslimin. Dengan harapan bahwa semua orang bisa hidup dengan damai dan jauh dari perselisihan atau permusuhan. Lalu apa saja bentuk perdamaian agama islam?

Larangan Untuk Membunuh

Relawan Sembari Gelar Aksi Unjuk Rasa dan Begini Bentuk Perdamaian Islam

Salah satu bentuk kedamaian agama islam ini tercermin pada aturan larangan membunuh. Itu artinya, peperangan atau saling membunuh bukanlah perbuatan yang dibenarkan dalam islam. Dimana tindakan ini mencerminkan tidak adanya perdamaian antara sesama manusia. Itu sebabnya, untuk menciptakan perdamaian maka sesama muslim tidak diperbolehkan saling membunuh. Kecuali dengan alasan yang benar, namun aturan untuk membunuh pun tidak bisa sembarangan dan harus penuh kehati-hatian.

Menyampaikan Dakwah Bil Hikmah

Bentuk perdamaian agama islam adalah penyampaian dakwah bil hikmah. Disini kaum muslimin diajarkan untuk menyebarkan dan menyadarkan manusia dengan hikmah dan pelajaran yang baik. Begitu juga bahasa yang digunakan haruslah baik.

ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ ۖ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.(2)

Relawan Sembari – menggelar aksi simpatik unjuk rasa dengan cara yang damai. Sehingga ini bisa menjadi ajakan bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dengan jalan yang baik. Sobat CahayaIslam, islam adalah agama yang membawa perdamaian. Maka kaum muslimin juga harus bisa mengamalkan perdamaian dalam kehidupan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Anfal Ayat 61

(2) – Surat An-Nahl Ayat 125

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY