Nisfu Syaban, Keutamaan dan 3 Amalan yang Luar Biasa

0
109
nisfu syaban

Nisfu Syaban – Nisfu Syaban ialah malam pada peretengahan bulan Syaban. Biasanya pada tanggal 14 dan 15 malam di Bulan Syaban. Pada tahun 2020, malam Nisfu Syaban jatuh pada tanggal Rabu malam tanggal 8 April sampai malam Kamis tanggal 9 April.

Bulan Syaban merupakan bulan ke-8 dalam kalender Islam. Bulan ini juga bulan yang penuh barokah dan merupakan waktu yang tepat untuk memohon ampun kepada Allah SWT. Hal ini diperkuat dengan hadis Rasulullah dari Aisyah R.A yang diriwayatkan oleh An-Nasai.

Aisyah mengatakan, “Rasulullah belum pernah berpuasa di bulan apapun  sepanjang tahun lebih banyak daripada yang beliau lakukan di bulan Syaban. Terkadang beliau bahkan hampir berpuasa Syaban sebulan penuh.” (HR. An-Nasai no. 2180)

Dari hadist di atas, kita tahu bahwa Rasulullah melakukan puasa sepanjang Bulan Syaban. Bisa disimpulkan bahwa Bulan Syaban adalah waktu yang bisa kita gunakan untuk memperbanyak amalan-amalan seperti puasa.

nisfu syaban

Keutamaan Nisfu Syaban

Bulan Syaban atau malam nisfu syaban memiliki beberapa keutamaan. Pada Bulan Syaban segala amal manusia diangkat. Maka banyak ulama yang menganjutkan umat Islam untuk memperbanyak amalan-amalan sholeh dan ibadahnya.

Keutamaan lainnya adalah, bahwa pada bulan Syaban lah kiblat utama umat Islam yang dulu ke Masjidil Aqsa berpindah ke Masjidil Haram, di Mekkah. Jadi selain menjadi momen diangkatnya amalan-amalan manusia, bulan Syaban juga memuat nilai historis umat Islam sedunia, yaitu waktu dipindahkannya kiblat dari Masjidil Aqsha ke Masjidil Haram.

3 Amalan Nisfu Syaban

Bulan Syaban atau Nisfu Syaban memiliki beberapa keutamaan, oleh karena itu sebagian besar ulama menganjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan pada bulan tersebut, khususnya malam Nisfu Syaban. Ada 3 amalan yang bisa sobat Cahaya Islam amalkan saat malam nisfu Syaban.

nisfu syaban

  • Memperbanyak Intensitas Berdoa

Allah akan mengampuni dosa-dosa saat seseorang memohon ampun dan berdoa saat malam nisfu syaban. Ada dua macam dosa yang tidak diampuni pada malam nisfu Syaban, yaitu dosa orang yang musyrik dan dosa pada orang yang di dalam hatinya terdapat kebencian dan kemunafikan.

  • Memperbanyak Baca 2 Kalimat Syahadat

Dua kalimat syahadat adalah kalimat yang sangat mulia. Perbanyak membaca 2 kalimat syahadat di malam pertengahan bulan syaban. Sobat Cahaya Islam bisa membacanya dimanapun dan kapanpun. Syafaat akan selalu diberikan kepada orang-orang yang senantiasa membaca kalimat syahadat. Serta Allah akan selalu menjaga keimanan dan ketaqwaan orang-orang yang mengamalkannya. Apalagi dibaca pada bulan-bulan yang mulia seperti, bulan syaban, ramadhan, muharram, dsb.

nisfu syaban

  • Memperbanyak Istighfar

Setiap orang pasti mempunyai dosa. Setiap hari kita pasti melakukan dosa meskipun hanya sebiji zahrah. Sudah sepantasnya kita sebagai hamba allah untuk selalu memohon ampun kepadaNya.

Memperbanyak istighfar sangat dianjurkan bagi kita yang selalu hidup bergelimang penuh dosa. Memohon ampun atau istighfar bisa menjadi cara agar dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT.

Bulan Syaban, khususnya di malam pertengahan bulan merupakan waktu yang sangat tepat untuk memperbanyak istighfar. Dosa-dosa yang telah diperbuat akan diampuni, oleh Allah SWT. Serta allah akan selalu memudahkan urusan hamba-hambaNya yang sulit. Allah pun akan menghilangkan kesedihan-kesedihan yang dialami oleh hamba-hambaNya.

Sobat Cahaya Islam, mari kita manfaat waktu di bulan Syaban, terutama pada malam nisfu Syaban untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga Allah membukakan pintu maaf bagi kita semua sebelum memasuki bulan ramadhan yang suci.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!