Lirik Lagu Aisyah Istri Rasulullah SAW Menurut Ulama Buya Yahya

0
111
lirik lagu aisyah istri rasulullah saw

Lirik Lagu Aisyah Istri Rasulullah SAW – Saat ini tengah viral sebuah lagu yang berjudul “Aisyah Istri Rasulullah”. Lagu yang dibawakan oleh grup musik Sabyan ini lagi hits di indonesia. Namun banyak kritikan bahkan kecaman yang dilontarkan terhadap lirik lagu itu. Dikarenakan ada liriknya yang dianggap vulgar dan tidak patut untuk dinyanyikan,

Meskipun tetap ada yang pro dan tidak terlalu mempermasalahkan lirik lagu Aisyah Istri Rasulullah SAW. Mereka yang pro beropini bahwa lirik lagu itu perlu dipermasalahkan, sebab kenyataannya memang begitu sosok Ibunda Aisyah.Masih menurut pihak yang pro, justru lagu itu bisa dibuat untuk lebih mengenalkan seperti apa sosok Sang Ummahatul Mu’minin (Ibunya Kaum Mukmin)

lirik lagu aisyah istri rasulullah saw

Tanggapan Ulama Buya Yahya

Untuk hal-hal yang sensitif seperti ini, kita bertanya kepada ahli agama yang alim atau yang memiliki kedalaman ilmu agama. Orang-orang yang mempunyai ilmu agama mumpuni tentu akan mempunyai tanggapan yang tepat dan sesuai dengan nilai-nilai agama.

Buya Yahya adalah salah seorang ulama wara’ yang ilmu agamanya sudah luas. Beliau juga memberi tanggapan terhadap lirik lagu Aisyah Istri Rasulullah. Bagaimana tanggapan beliau? Buya Yahya meminta untuk berkhusnudzon kepada pencipta lagu tersebut. Bisa saja si pencipta ingin menebarkan atau mengekspresikan rasa cintanya kepada Bunda Aisyah RA. Sungguh bijak apa yang dikatakan Buya Yahya.

Masih menurut beliau, kalaupun ada lirik lagu yang kurang pantas, Buya yahya melarang untuk menghujat. Sebaliknya, beliau malah meminta kita untuk sama-sama memperbaikinya. Intinya ada beberapa baris lirik lagu Aisyah Istri Rasulullah yang perlu diganti. Salah satu lirik lagu yang dikoreksi oleh Buya Yahya yaitu, “hingga Nabi minum di bekas bibirmu”, bisa diganti dengan, “hingga Nabi minum dibekas gelasmu.”

lirik lagu aisyah istri rasulullah saw

Mengganti Lirik Lagu Aisyah Istri Rasulullah SAW dengan yang Lebih Pantas

Memang, dalam lirik lagu tersebut banyak kata-kata yang romantis mengenai rumah tangga Sayyidah Aisyah RA dengan Nabi Muhammad SAW. Tapi ada beberapa lirik lagu yang kurang pantas dan terkesan menonjolkan gambaran fisik Bunda Aisyah RA. Contohnya, “Mulia indah cantik berseri…, kulit putih bersih merah di pipimu”.

Menurut ulama Buya Yahya, kata-kata itu kurang pantas dinyanyikan. Benar bahwa seharusnya si pencipta lagu harus menggantinya dengan yang lebih baik dan pantas. Karena itu akan merugikan bagi pencipta, penyanyi, maupun umat pada umumnya. Rasulullah pernah bersabda dalam sebuah hadist:

“Siapa yang mempelopori satu kebiasaan yang buruk dalam Islam, maka dia mendapatkan dosa keburukan itu, dan dosa setiap orang yang melakukan keburukan itu karena ulahnya, tanpa dikurangi sedikitpun dosa mereka.” (HR. Muslim nomor 2398)

Ada banyak pilihan kata untuk mengungkapkan keagungan Sayyidah Aisyah tanpa harus menggambarkan fisiknya secara detail dan jelas. Seperti yang kita tahu beliau adalah seorang wanita yang cerdas di segala bidang, dan juga seorang yang baik hati.

lirik lagu aisyah istri rasulullah saw

Beliau juga seorang istri yang selalu menemani Rasulullah berdakwah. Disebutkan, Sayyidah Aisyah RA telah meriwayatkan hadits sebanyak 2.210 hadist. Terbanyak di antara kalangan sahabat-sahabat nabi seperti Abu Hurairah dan Abdullah bin Umar.

Demikianlah ulasan dan tanggapan ulama Buya Yahya mengenai lirik lagu aisyah istri Rasulullah SAW. Semoga sobat Cahaya Islam bisa mendapatkan ilmu dan pelajarannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!