TVRI Tayangkan Program Belajar, Inilah Keutamaan Ilmu Dalam Islam

0
235

TVRI – Sekolah maupun universitas masih diliburkan dari awal Maret 2020 hingga sekarang dikarenakan virus corona covid 19. Meskipun demikian, kegiatan belajar tetap berlangsung secara online. Sehingga siswa tetap belajar meskipun sedang berada di rumah.

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim pun menginstruksikan bahwa mulai Senin besok, 12 April 2020 siswa bisa belajar lewat program belajar di TVRI. Keputusan Menteri Pendidikan memang layak diapresiasi karena akan mempermudah siswa untuk belajar.

tvri

Pentingnya Belajar Mencari Ilmu, Meskipun Lewat TVRI

Ilmu bisa didapatkan salah satunya melalui belajar. Ilmu merupakan kunci dari semua macam kebaikan, Seseorang akan memperoleh kebaikan jika ia tahu ilmunya. Dengan ilmu, kewajiban Allah dapat dilaksanakan. Keimanan dan amal tidak akan sempurna jika tanpa ilmu.

Dengan ilmu Allah disembah, dengan ilmu hak-hak allah dilaksanakan, dan dengan ilmu agama Allah dapat disebarkan. Begitu pentingnya ilmu, lebih penting dari kebutuhan makan dan minum manusia. Sebab, urusan agama dan kehidupan manusia bisa tetap ada karena adanya ilmu.

Keutamaan Ilmu yang Disebutkan Dalam al-Qur’an

Di dalam Islam, ilmu mempunyai kedudukan serta peranan yang sangat penting. Rasulullah SAW peernah bersabda tentang ilmu.

“Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim.” (HR. Ibnu Majah no. 224)

Berikut adalah beberapa ringkasan tentang keutamaan ilmu yang disebutkan dalam Al-Qur’an

  1. Orang Berilmu Akan Ditinggikan Derajatnya

Orang yang selalu mencari ilmu dan belajar untuk mendapatkan pengetahuan akan diangkat derajatnya. Ilmu yang barokah dan bermanfaat adalah suatu kenikmatan luar biasa yang diberikan Allah SWT. Berjuang mencari ilmu yang bermanfaat termasuk jihad di jalan Allah. Lihat QS. Al Mujadilah ayat 11.

  1. Senantiasa Takut Kepada Allah

Dengan ilmu, Sobat Cahaya Islam akan memahami bahwa kehidupan di dunia diciptakan oleh Allah. Para ulama atau ahli ilmu umumnya memiliki rasa takut dan mengakui kebesaran-Nya. Lihat QS, Fatir ayat 28.

  1. Diberi Kebaikan Dunia dan Akhirat

Semua ilmu sebenarnya ada di dalam Al-Quran dan As-Sunnah jika Sobat Cahaya Islam benar-benar mempelajari keduanya dengan mendalam. Allah memberikan hikmah kepada siapapun yang dikehendakinya. Hikmah bisa didapatkan dari mempelajari dan mengamalkan isi Quran dan sunnah. Lihat QS Al Baqarah ayat 269.

  1. Diberi Jalan Mudah Ke Surga

Siapa yang tak mau masuk surga? Semua orang yang hidup di dunia pasti punya impian masuk surga setelah kehidupan di dunia ini. Sekali lagi, bahwa ilmu adalah kunci dari segala kebaikan.

Tanpa ilmu, sangat sulit untuk membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik. Orang yang berkelakuan tidak baik mustahil bisa masuk surga. Oleh karena itulah, Allah memudahkan jalan menuju surga bagi orang-orang berilmu.

  1. Memiliki Pahala yang Kekal

Ilmu tidak seperti harta benda, meskipun keduanya bisa diwariskan. Ilmu tetap akan bermanfaat dan mengalirkan pahala kepada orang yang menyebarknnya, meskipun ia sudah meninggal. Ada tiga jenis amal yang tidak akan terputus dan tetap mengalirkan pahala jika seseorang meninggal, yaitu amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan do’a anak yang sholeh.

Sobat Cahaya Islam, ilmu harus kita cari meskipun dalam kondisi seperti sekarang. Teruslah untuk belajar menuntut ilmu meskipun lewat televisi. Belajar tidak mengenal usia dan kondisi. Wajib hukumnya bagi muslim untuk belajar menuntut ilmu.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY