Manfaatkan Media Sosial Sebagai Media Dakwah

0
98
Medsos Media Dakwah

Medsos Media Dakwah – Kehidupan manusia saat ini, tidak terelepas dari bermedia sosial. Semua kehidupan berada dalam genggaman. Melihat peluang tersebut, harus membuat pemuda muslim peka bahwa hal ini dapat menjadi medsos media dakwah.

Kita perlu mengikuti arus perkembangan zaman, perangi hal-hal negatif media sosial dengan konten positif. Seperti Sobat ketahui saat ini sudah banyak platfrom hiburan, nah Sobat dapat memanfaatkannya menjadi media untuk berdakwah.

Jadikan Medsos Media Dakwah

Sebagai seorang muslim kita memang harus saling mengingatkan dalam kebaikan. Serta melarang pada kemaksiatan. Allah telah memerintahkannya melalui ayat berikut ini.

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran:104)

Kemudian dalam surah Ali Imran ayat 110.

“Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka.”(QS. Ali Imran: 110)

Serta hadits Rasulullah;

“Barangsiapa di antara kamu melihat kemunkaran, hendaklah ia mencegah kemunkaran itu dengan tangannya. Jika tidak mampu, hendaklah mencegahnya dengan lisan, jika tidak mampu juga, hendaklah mencegahnya dengan hatinya. Itulah selemah-lemahnya iman.” (HR. Muslim, no. 49).

Lalu, bagaimana langkah yang harus kita ambil selaku pemuda/pemudi muslim? Tentu kita perlu menggerus kontent media sosial yang negatif dengan konten islami.

1.       Membuat video edukasi islami

Sobat bisa membuat konten video, berisi tentang ceramah dari para ustadz kita, apabila memiliki kemampuan editing.

Mulai dengan pembahasan yang ringan, agar menarik perhatian remaja muslim dan muslimah. Biasanya para remaja menyukai kontent-konten yang membahas percintaan, atau membahas kehidupan yang terlihat realistis.

Namanya anak muda, mereka cenderung tertarik pada hal berbau kisah cinta. Nah, Sobat bisa membuat konten yang membahas tentang kisah cinta Rasulullah dengan istrinya, kisah cinta Layla dan Qais yang sangat terkenal, atau kisah lainnya.

Atau membahas tentang pemecahan masalah-masalah hidup, yang seringkali dialami oleh banyak orang. Kemudan sisipkan pengingat atau renungan kedekatannya dengan Allah. Sobat juga bisa menambahkan konten mengenai pengetahuan islam.

Karena seperti kita tahu, pengetahuan islam pemuda Indonesia masih minim. Kemudian unggah video tersebut ke YouTube, TikTok, Instagram dan media sosial lainnya.

2.       Membuat tulisan edukasi islam

Tidak semua senang dengan konten visual-suara, atau tidak memiliki kemampuan mengedit video. Tapi, sering membuat tulisan maka Sobat dapat memanfaatkan sebagai sarana berdakwah.

Medsos Media Dakwah

Mulailah dengan membuat sebuah blog kemudian isi dengan pengetahuan islami. Atau Sobat juga bisa memanfaatkan Facebook, buatlah status berisi tentang kajian islam, atau sejarah-sejarah islam untuk memberikan edukasi pada teman Facebook.

Atau bisa memanfaatkan Instagram, dengan membuat konten video dan bubuhi dengan tulisan yang mengajak pada kebaikan.

3.       Dakwah melalui perkataan

Tidak bisa mengedit Video dan menulis? maka Sobat bisa langsung turun menjadi seorang pendakawah muda. Jangan merasa takut, jika Sobat memiliki pengetahuan islam yang luas serta memilki skill public-speaking yang bagus, cobalah turun secara langsung untuk berada di depan kamera.

Sobat bisa merekam diri sendiri, yang sedang berdakwah. Kemudian tanpa perlu melakukan editing bisa langsung upload ke media sosial, tapi akan lebih baik jika melakukan editing terlebih dahulu. Jika terasa sulit maka Sobat bisa melakukan live-streaming saja.

4.       Share konten dakwah

Jika Sobat tipe orang yang tidak banyak bicara, tidak bisa merangkai kata, atau membuat konten video maka cobalah untuk membagikannya. Share atau membagikan konten dakwah, juga bisa menghasilkan banyak pahala, lho. Apalagi jika setelah membagikannya banyak orang yang tergerak untuk berbuat kebaikan.

Medsos Media Dakwah

Kita perlu memanfaatkan media sosial sebaik mungkin. Karena kelak, Allah akan menghisab segala perbuatan kita termasuk dalam bermedia sosial. Sekaian artikel tentang medsos media dakwah dibuat. Semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY