Tips Cara Cerdas Islami Membarokahkan Waktu Kita

0
1042
Man passing through arches of colonnade, Oman

Cara Cerdas Islami Membarokahkan Waktu – 24 jam dalam sehari merupakan waktu yang singkat bila kita melihat banyaknya kewajiban-kewajiban yang harus kita penuhi sebagai orang islam yang beriman. Untuk mencapai kesuksesan pula, kita membutuhkan manajemen waktu yang teliti dan cermat. Perlu kita meneladani kisah Rasulullah dan manajemen waktu beliau dimana beliau bisa mematri dan mengokohkan peradaban islam hanya dalam waktu dua dekade hidupnya.

Yang pasti Cara Cerdas Islami Membarokahkan Waktu yang baik adalah memanajemen waktu yang memiliki prioritas untuk akhirat tanpa menelantarkan dunia. Kita tidak tahu kapan persisnya waktu kematian kita tiba, oleh karena itu usahakanlah menjadi insan yang memiliki karya amal sholih yang berguna selama singkatnya hidup kita didunia. Ada beberapa tips yang bisa dipraktekkan kok. Cek deh!

Meniyati segala sebagai hal bentuk Amal Shalih Karena mengharap Ridho Allah

Cara Cerdas Islami Membarokahkan Waktu cespleng yang pertama adalah dengan menjadikan segala hal yang kita lakukan sebagai bentuk amal shalih. Caranya adalah dengan meniyati segala hal yang kita lakukan untuk mencari ridho dan rahmat dari Allah (bukankah semua amalan tergantung dari niyatnya?). Mulai dari bekerja misalnya, kita meniyati berangkat kerja karena Allah untuk mendapatkan uang guna bersedekah dan mencukupi kebutuhan keluarga. Kita berolahraga dengan niyat karena Allah supaya badan tetap sehat dan kita tetap bisa maksimal dalam beribadah. Dan masih banyak contoh-cotoh lainnya lagi.

Menggunakan waktu kosong untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat

وَالَّذِينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ

Dalam surat Al Mu’minun kita diperintahkan untuk meninggalkan sesuatu hal yang sia-sia (tidak ada manfaatnya). Jadi Cara Cerdas Islami Membarokahkan Waktu yang kedua yang cocok adalah menggunakan waktu kosong anda untuk hal-hal yang bermanfaat. Jangan menggunakan waktu kosong anda untuk lahan. Sobat Cahayaislam bisa menggunakan waktu kosong untuk shalat sunnah atau membaca Al Quran misalnya. Itu pasti lebih bermakna dan bermanfaat daripada sekedar nongkrong atau menghabiskan waktu dengan hal yang tidak berguna.

Menggunakan waktu perjalanan untuk berdzikir kepada Allah

Dizaman sekarang ini, permasalahan yang tidak bisa luput dari daerah urban dan perkotaan adalah macet. Banyak orang yang mengistilahkan itu dengan sebutan “tua dijalan”, karena menjelaskan bahwa banyak waktu yang terbuang dalam perjalanan. Lalu kenapa kita tidak memanfaatkan waktu perjalanan tersebut untuk hal yang bermanfaat? Cara Cerdas Islami Membarokahkan Waktu ketiga adalah menggunakan waktu perjalanan anda untuk berdzikir dan memuji Allah. Insha Allah waktu anda lebih barokah, daripada uring-uringan karena terjebak macet.

Evaluasi kegiatan sehari-hari dengan acuan prioritas

Masih ingat dengan artikel kami tentang agama dan skala prioritas? Nah, anda bisa gunakan hal tersebut sebagai Cara Cerdas Islami Membarokahkan Waktu. Anda perlu melakukan evaluasi pada kegiatan-kagiatan anda. Pelajarilah apakah kebanyakan waktu anda dihabiskan untuk hal-hal yang jauh dari Allah. Bila iya, maka anda perlu mempraktikkan skala prioritas dalam agama dengan lebih baik lagi.

Kira-kira itulah 4 Cara Cerdas Islami Membarokahkan Waktu versi kami, tentunya masih ada beberapa trik lain yang bisa juga anda gunakan untuk menjadikan waktu anda lebih berkah. Insha Allah dengan mempraktikkan trik ini, Allah akan melimpahkan kebarokahan kepada kehidupan kita. Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!