Stunting Adalah Masalah Gizi Kronis, Cegah dengan Cara Islami

0
292
stunting adalah masalah gizi kronis

Stunting adalah Masalah Gizi Kronis – Para orang tua wajib waspada dengan masalah stunting yang bisa menimpa buah hatinya. Bukan tanpa sebab, stunting adalah masalah gizi kronis yang terjadi pada anak.

Karena itulah, penting bagi orang tua untuk melakukan pencegahan stunting pada anak. Lantas bagaimana cara mencegah stunting yang paling efektif?

Mengenal Stunting Adalah Masalah Gizi Kronis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, stunting adalah masalah gizi kronis pada anak dan menjadi pekerjaan rumah pemerintah Indonesia. Mengingat stunting bisa berdampak panjang terhadap tumbuh kembang, sebaiknya lakukan pencegahan sebelum terlambat.

Menurut target, pengentasan masalah stunting sampai 14 persen di Indonesia mempunyai tenggat waktu sampai 2024. Stunting sendiri kerap dikaitkan dengan pertumbuhan fisik anak yang mengalami keterlambatan.

Selain itu, stunting juga dapat menyebabkan otak anak tidak berkembang secara optimal. Perkembangan pada otak yang terhambat itu tentu dapat berpengaruh terhadap berbagai hal.

Pengaruh yang paling terlihat yaitu kemampuan mental dan belajar anak menjadi tidak maksimal. Ini jelas sana membuat prestasi belajar anak menjadi buruk.

Efek kondisi stunting dalam jangka panjang akan dirasakan oleh individu sampai dewasa. Anak pengidap stunting cenderung mempunyai IQ yang rendah dan sistem imun tubuh lemah.

Stunting dalam Pandangan Islam

Sobat Cahaya Islam, karena stunting adalah masalah gizi kronis pada anak, penting untuk melakukan pencegahan sejak dini. Terlebih di Indonesia ada sekitar 7,8 juta balita yang menderita stunting.

Karena itulah WHO menetapkan Indonesia sebagai negara yang berstatus gizi buruk. Tingginya kasus anak stunting di Indonesia memperlihatkan bahwa negara ini masih lemah.

Cita-cita bangsa melahirkan generasi yang kuat masih jauh serta memerlukan perjuangan lebih serius. Padahal islam sudah menyerukan agar setiap generasi muda perlu mendapat perhatian baik dalam segi materi maupun kesehatan.

Terlebih di dalam islam, anak merupakan titipan Allah SWT yang perlu orang tua jaga. Karena itulah, jangan sampai anak mengalami stunting yang berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya.

Pencegahan Stunting dalam Agama Islam

Sebagai bentuk pencegahan, islam menawarkan sejumlah langkah agar anak-anak tidak mengalami stunting. Berikut ini beberapa pencegahan stunting dalam islam yang perlu Sobat Cahaya Islam pahami:

1.       Ibu Perlu Menyusui Anak-anaknya Sampai 2 Tahun

Allah SWT berfirman:

  ۞وَٱلۡوَٰلِدَٰتُ يُرۡضِعۡنَ أَوۡلَٰدَهُنَّ حَوۡلَيۡنِ كَامِلَيۡنِۖ لِمَنۡ أَرَادَ أَن يُتِمَّ ٱلرَّضَاعَةَۚ وَعَلَى ٱلۡمَوۡلُودِ لَهُۥ رِزۡقُهُنَّ وَكِسۡوَتُهُنَّ بِٱلۡمَعۡرُوفِۚ

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma´ruf.”(QS Al-Baqarah ayat 233)

Islam menyerukan agar seorang ibu hendaknya menyusui anak-anaknya sampai dua tahun. Anjuran yang sama juga disosialisasikan oleh dunia kesehatan skala internasional.

stunting adalah masalah gizi kronis

Bahkan anak di usia 0 sampai 6 bulan, anak tidak boleh mendapat asupan apapun kecuali ASI. Sebab tak ada makanan untuk bayi yang selengkap kandungan gizi di dalam ASI.

2.       Memastikan Gizi Ibu dan Anak Baik

Berikutnya penting untuk memastikan gizi ibu dan anak dalam kondisi yang baik. Hal ini merupakan tugas dari sang ayah untuk memastikan ibu dari anak-anaknya mendapat asupan gizi terbaik.

stunting adalah masalah gizi kronis

 Karena itu, hendaknya ayah menjaga kebahagiaan batin istrinya. Jika seorang ibu dalam kondisi bahagia serta terjaga gizinya, maka akan menghasilkan ASI berkualitas terbaik.

Hal ini sejalan dengan:

وَعَاشِرُوهُنَّ بِٱلۡمَعۡرُوفِۚ

“Dan bergaullah dengan mereka secara patut.” (QS An-Nisa : 19)

3.       Menerapkan Pola Hidup yang Sehat

Orang tua baik ayah maupun ibu juga harus membiasakan menjalani pola hidup yang sehat. Islam pun mengajarkan umatnya untuk menerapkan pola hidup sehat dan makan makanan yang halal.

Allah SWT berfirman:

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu” (QS. al-Baqarah: 168). 

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa hal yang perlu orangtua terapkan untuk mencegah stunting. Walaupun stunting adalah masalah gizi kronis, semoga saja angka stunting bisa terus menurun.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY