Viral Polisi Keroyok Prajurit TNI, Islam Larang Tindakan Main Hakim Sendiri! Begini Hukumnya

0
38
Viral Polisi Keroyok Prajurit TNI dan Hukumnya Main Hakim Sendiri Dalam Islam

Viral polisi keroyok – Dalam sebuah video yang beberapa waktu viral di media sosial, terlihat seorang prajurit TNI sedang dikeroyok. Pengeroyokan ini kabarnya dilakukan oleh oknum polisi di Pangkep, Sulawesi Selatan. Peristiwa ini terjadi di jalan pada waktu malam hari. Salah satu oknum polisi memegangi korban dan yang satunya tampak memukuli korban. Namun insiden ini kini telah ditangani oleh Popram Polda Sulsel yang turun tangan.

Viral Polisi Keroyok Prajurit TNI

Pengeroyokan yang dilakukan oleh oknum polisi terhadap prajurit TNI ini kabarnya dipicu oleh kesalahpahaman. Namun tetap saja tindakan pengeroyokan atau main hakim sendiri tidak bisa dibenarkan. Islam sendiri mengajarkan untuk berbuat adil kepada sesama. Sementara perbuatan main hakim sendiri bukanlah cerminan tindakan yang adil tentu saja.

Viral Polisi Keroyok Prajurit TNI, Islam Larang Main Hakim Sendiri! Begini Hukumnya

Viral Polisi Keroyok Prajurit TNI dan Begini Larangan Main Hakim Dalam Islam

Viral polisi keroyok prajurit TNI ini terlihat dalam video yang tersebar di sosial media. Tampak oknum polisi mengeroyok prajurit TNI yang sedang terduduk. Tahukah sobat CahayaIslam, bahwa keadilan adalah prinsip yang dijunjung tinggi oleh agama islam. Itu sebabnya Allah menyukai sikap adil. Dan tentu saja menghakimi orang lain bukan tindakan yang benar, apalagi dalam pandangan islam.

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَيَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ ۚ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.

Dalam ayat ini, Allah menyuruh kaum muslimin untuk bersikap adil. Itu artinya perbuatan yang mencerminkan ketidakadilan bukanlah perbuatan yang Allah sukai. Bahkan bisa menjerumuskan ke dalam dosa dan perbuatan keji lho sobat CahayaIslam. Seperti halnya tindakan main hakim sendiri.

Main Hakim Sendiri Termasuk Perbuatan Keji Menurut Islam

Viral Polisi Keroyok Prajurit TNI dan Hukumnya Main Hakim Sendiri Dalam Islam

Main hakim sendiri yang menyebabkan tindakan kekerasan seperti pengeroyokan hingga pembunuhan. Ini bukan hanya bentuk sikap tidak adil, namun juga termasuk perbuatan keji. Apalagi dalam islam sudah ditegaskan, bahwa kaum muslimin dianjurkan untuk bersikap adil. Bahkan saat seseorang membenci yang lainnya, ini tidak boleh menjadi alasan untuk berbuat tidak adil.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ شُهَدَاءَ بِالْقِسْطِ ۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَىٰ أَلَّا تَعْدِلُوا ۚ اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dengan penjelasan ayat ini, cukup untuk menegaskan bahwa tindakan main hakim sendiri tidak dibenarkan atau dilarang dalam islam. Bahkan ini mengacu pada perbuatan keji lho sobat CahayaIslam.

Viral polisi keroyok – prajurit TNI ini merupakan contoh perbuatan yang tidak patut untuk dilakukan. Apalagi sebagai seorang muslim harus memegang prinsip ajaran islam. Semoga kita dijauhkan dari perbuatan yang mencerminkan sikap tidak adil ya sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nahl Ayat 90

(2) – Surat Al-Ma’idah Ayat 8

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY