Cara Agar Pohon Keimanan dalam Diri Terus Tumbuh dan Berkembang (Part 1)

0
1374

Satu hal yang perlu terus dipelihara oleh seorang islam yang ingin mendapatkan rahmat terhebat Allah kelak di akhirat berupa surga yang kekal adalah keimanan. Karena manusia memang di ciptakan oleh Allah sebagai makhluk yang rapuh dan mudah terombang-ambing pada dosa dan kesalahan. Keimanan seseorang bisa menjadi turun, dan bisa juga naik. Layaknya sebuah pohon. Bila dia tidak dirawat, dipupuk dan disirami setiap hari. Dia akan layu dan akhirnya mati.

Lalu bagaimana caranya supaya pohon keimanan kita itu selalu subur dan jauh dari kekeringan maupun hama yang bisa menghancurkannya? tim Cahayaislam secara khusus akan mengulas beberapa tips jitu pada kesempatan kali ini. Tips agar pohon keimanan dalam diri kita terus tumbuh dan berkembang dengan subur.

Menggali lebih dalam pengetahuan-pengetahuan yang berdasarkan pada ketetapan Allah dan Rasul

mempelajari ilmu syar’i dan hukum-hukum yang telah termaktup dalam Al Quran dan Al Hadits adalah salah satu jalan yang tepat. Intinya kita harus rajin MENGAJI. Jadikan mengaji sebagai hobi sobat cahayaislam. Dimana sobat akan merasa bahwa ada sesuatu yang kurang bila anda tidak mengaji. Bila sobat mau dan berniyat untuk mengkaji lebih dalam pengetahuan-pengetahuan islam. Mata anda akan semakin terbuka lebar dan perspektif anda akan meluas dalam mencari hikmah yang tentunya akan memperkuat keimanan.

Jadilah orang islam yang tidak hanya mengaku islam (islam KTP) dengan menjadi orang yang berilmu, karena Allah telah berjanji akan mengangkat derajat mereka orang-orang yang beriman lagi berilmu diantara kita semua. (Surat Al Mujadilah 11).

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Tadabbur pada kandungan isi Kitab Allah adalah satu jalan penting untuk meningkatkan keimanan

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

Dalam Al Quran surat Al Anfal ayat 2 diatas dijelaskan bahwasanya mereka yang disebut orang-orang beriman adalah orang yang bergetar hatinya bila nama Allah disebut. Dan orang yang “bertambah keimanannya” ketika mendengarkan/dibacakan ayat-ayat Allah. Nah, dalam hal ini kita bisa menangkap dengan jelas bahwasanya Al Quran bisa menjadikan seseorang merekah subur keimanannya.

Namun, hanya membaca Al Quran saja tidak cukup. Sobat perlu pula memahami dengan khidmat isi kandungan ayat-ayat Al Quran (Tadabbur). Tentu saja bila sobat bisa paham betul dengan hati pada kandungan isi Al Quran, maka secara otomatis sobat akan merasa tergetarkan hatinya dan bertambah keimanannya setiap kali dibacakan ayat Allah.

Berdakwah dan menyebarkan nasihat kebaikan kepada orang lain 

 يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَأُولَٰئِكَ مِنَ الصَّالِحِينَ

Mereka yang beriman kepada Allah dan hari Akhir, beramar ma’ruf dan mencegah keburukan, serta menyegerakan diri dalam kebaikan. Demikian itulah dari golongan orang-orang yang sholih

Apa hubungannya berdakwah dengan meningkatnya kesuburan pohon keimanan kita? Melakukan dakwah dan Amar Ma’ruf merupakan kewajiban seorang muslim. Karena pada kenyataannya agama itu adalah nasihat (الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ). Adapun hubungan antara berdakwah dan bertambah suburnya keimanan kita adalah karena dengan berdakwah dan menyebarkan nasihat kebaikan, diri kita secara otomatis akan terpacu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Menjadi hamba Allah yang memiliki jiwa yang selalu haus akan rahmatnya.

Tentu yang kami maksudkan disini adalah ahli dakwah yang tidak hanya memberikan nasihat sebatas apa yang mereka ketahui, namun pula mereka yang menasihati atau beramar ma’ruf berdasarkan apa yang mereka laksanakan. Ahli Amar ma’ruf yang walk the talk (tidak hanya bisa berbicara namun juga bisa melaksanakan). Seorang pendakwah yang baik akan meningkat keimanannya dengan hal itu. Keimanannya akan tumbuh subur dan berkembang dengan kokoh tidak mudah tumbang walau diterpa angin sekencang apapun.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY