Revina VT Hina Fisik Orang Lain, Begini Hukumnya Dalam Islam

0
34

Revina VT – Selebgram ini menjadi buah bibir di masyarakat dikarenakan hinaan fisik atau body shaming yang dia tuliskan di twitternya. Awalnya, Revina VT bertemu dengan seorang wanita yang ada di gym. Kemudian, dia menulis di twitternya bahwa wanita di gym tersebut menciptakan polusi visual.

Sobat cahaya islam, islam mengajarkan kepada kita untuk tidak menghina ciptaan-Nya. Dikarenakan setiap mahluk yang dia ciptakan pasti ada maksud dan tujuannya tersendiri. Selain itu, kita tidak boleh memandang seseorang dari fisiknya saja. Hal itu dikarenakan yang membedakan seseorang di mata Allah adalah amalnya, bukan fisik zhohirnya.

Revina VT Menghina Fisik Seorang Manusia, Ini Hukumya Dalam Islam

Menghina fisik seseorang tidak diperbolehkan dalam islam. Islam justru mengajarkan toleransi terhadap orang yang berbeda fisik dan agama. Hukum menghina fisik seseorang dalam islam adalah haram. Hal ini senada dengan ayat yang berbunyi:

ﻳَﺎﺃّﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟّﺬِﻳﻦَ ﺀَﺍﻣَﻨُﻮﺍ ﻻَﻳَﺴْﺨَﺮْ ﻗَﻮْﻡُُ ﻣِّﻦ ﻗَﻮْﻡٍ ﻋَﺴَﻰ ﺃَﻥ ﻳَﻜُﻮﻧُﻮﺍ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻣِّﻨْﻬُﻢْ ﻭَﻻَﻧِﺴَﺂﺀُُ ﻣِّﻦ ﻧِّﺴَﺂﺀٍ ﻋَﺴَﻰ ﺃَﻥ ﻳَﻜُﻦَّ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻣِّﻨْﻬُﻦَّ ﻭَﻻَﺗَﻠْﻤِﺰُﻭﺍ ﺃَﻧﻔُﺴَﻜُﻢْ ﻭَﻻَﺗَﻨَﺎﺑَﺰُﻭﺍ ﺑِﺎْﻷَﻟْﻘَﺎﺏِ ﺑِﺌْﺲَ ﺍْﻹِﺳْﻢُ ﺍﻟْﻔُﺴُﻮﻕُ ﺑَﻌْﺪَ ﺍْﻹِﻳﻤَﺎﻥِ ﻭَﻣَﻦ ﻟَّﻢْ ﻳَﺘُﺐْ ﻓَﺄُﻭْﻻَﺋِﻚَ ﻫُﻢُ ﺍﻟﻈَّﺎﻟِﻤُﻮﻥَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olokkan kaum yang lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) LEBIH BAIK dari mereka (yang mengolok-olokkan), dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olokkan) wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) LEBIH BAIK dari wanita (yang mengolok-olokkan) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan GELAR-GELAR YANG BURUK. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim.”[Al-Hujurat/49:11].

Menghina fisik orang lain biasanya dikenal dengan body shaming. Ada dua tindakan yang termasuk dalam body shaming, yaitu:

  1. Tindakan yang seseorang mentransmisikan narasi berupa hinaan, ejekan terhadap bentuk, wajah, warna kulit, postur seseorang menggunakan media sosial.
  2. Body shaming tersebut dilakukan secara verbal atau ditujukan secara langsung pada orang tersebut.

Ciri-ciri melakukan body shaming terhadap orang lain:

  1. Menganggap tubuhnya paling gemuk, padahal kenyataannya tidak sama sekali.
  2. Menyuruh orang lain untuk berolahraga
  3. Senang membandingkan tubuh orang lain
  4. Mengomentari makanan orang lain

Tanda-tanda orang yang berpotensi melakukan body shaming terhadap orang lain adalah:

  1. Merasa lebih baik dari orang-orang yang obesitas atau memiliki kelebihan berat badan
  2. Sering mencela dan mengomentari bentuk tubuh oran lain
  3. Menggunakan bentuk tubuh orang lain agar terlihat lucu di depan orang lain
  4. Membiarkan orang lain memberikan celaan dan kometar yang negative tentabuh orang lain
  5. Melihat badan kurus atau ideal sebagai suatu bukti kesuksesan
  6. Menghakimi keputusan orang lain soal pilihannya untuk tubuhnya
  7. Menilai orang lain berdasarkan ukuran tubuhnya
  8. Memandang rendah orang lain yang ukuyran tubuhnya tidak sesuai dengan standar orang tersebut

Cara agar kita terhindar dari body shaming, yaitu sebagai berikut:

Memilih dengan bijak ruang sosial media yang kita ikuti

Hal itu dikarenakan ketika seseorang mengalami body shaming, orang tersebut akan banyak memfollow orang lain agar bisa menyembuhkan rasa kesepiannya dikarenakan tidak punya teman. Jadi, kita harus bijak supaya tidak terkena dampak negative dari media sosial.

Belajar untuk mencintai diri sendiri

Biasanya, seseorang yang mengalami body shaming akan membeci dirinya sendiri. Oleh karena itu, kita harus belajar mencintai diri kita sendiri. Tidak ada manusia yang sempurna, tuhan menciptakan sesuatu pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Kita hanya harus menerima diri kita apa adanya.

Ekspresikan apa yang kita rasakan

Saat kita mengalami body shaming, pasti kita akan kesulitan untuk berekspresi. Padahal, dengan berekspresi tentang apa yang kita rasakan, orang-orang yang ada di sekitar kita mungkin akan membantu kita.

Selain itu, kita juga dapat berekspresi melalui seni seperti melukis di kanvas atau buku gambar. Kita juga dapat menulis untuk dijadikan sebuah buku.

Menemukan sisi positif diri kita

Tidak semua yang kita miliki itu negative, orang yang melakukan body shaing kepada kita hanya belum tahu saja sisi positif kita. Oleh karena itu, keluarkan sisi positif kita dan tonjolkan di depan mereka, seperti dengan mengikuti banyak perlombaan atau olimpiade dan kemudian kita menang. Mereka pasti akan berhenti dengan sendirinya.

Itulah hukum, ciri-ciri, dan cara menghadapi orang yang menghina fisik orang lain. Semoga Revina VT meminta maaf pada yang bersangkutan. Hal itu dikarenakan yang dilakukan oleh Revina VT sudah jelas haram hukumnya dalam islam. Sehingga sebelum dia bertaubat kepada Allah, dia harus benar-benar meminta maaf terlebih dahulu.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!