Tesla, Ilmuwan Penemu Listrik yang Giat Belajar Hingga Akhir Hayat

0
222

TeslaNikola Tesla adalah seorang berkebangsaan Kroasia. Beliau juga seorang saintis di bidang fisika. Berkat beliau kita dapat menikmati energi listrik hingga sekarang. Bicara mengenai penemuan-penemuan zaman dahulu, tidak lepas dari campur tangan banyak ilmuwan. Seperti Thomas Alva Edison, Albert Einstein, Issac Newton, juga Nikola Tesla.

Dulunya Nikola Tesla adalah murid Thomas Alva Edison. Bertahun-tahun dia bekerja di kantor Edison tepatnya di Amerika. Sejak saat itu keduanya bekerjasama mengembangkan berbagai penemuan baru. Arus bolak-balik AC DC lahir dari dua ilmuwan jenius ini. Namun, belum tuntas Tesla menjadi murid Edison, mereka berpisah dan Tesla mendirikan kantornya sendiri.

Melansir History, alasan keduanya berpisah dan memilih menjadi musuh disebabkan seringnya mereka berbeda pendapat. Tahun 1943 menjadi tahun terakhir penemu jenius ini hidup. Ia ditemukan meninggal di sebuah kamar hotel yang ditinggalinya di daerah New York. Akhir hidupnya dihabiskan dengan mengerjakan penemuan baru. Meski kesehatannya mulai memburuk, Tesla masih saja terobsesi dengan penemuan barunya.

Sobat Cahaya Islam, sosok Nikola Tesla dapat menjadi panutan yang bisa kita tiru kegigihannya. Meski dianggap gila dengan penemuan baru yang sedang ia kerjakan, ia tidak pernah merasa lelah dengan hal tersebut.

Nikola Tesla, Ilmuwan yang Giat Belajar, Catat! 3 Cara Menyerap Ilmu seperti Nikola Tesla

Membahas tentang biografi dan penemuan Nikola, rasanya akan sangat panjang dijabarkan. Ada beragam hal yang bisa kita contoh dari sosoknya yang tidak pernah menyerah. Berikut cara yang dapat Sobat Cahaya Islam agar dapat menyerap ilmu seperti Nikola:

  • Gigih

Kegigihan adalah sumber kekuatan. Saat kita gigih belajar dan berlatih maka tidak menutup kemungkinan kita akan menuai hasil yang memuaskan. Nabi Muhammad selalu mengajarkan umatnya untuk memiliki sikap gigih dalam menghadapi segala hal. Tidak terkecuali dalam hal menuntut ilmu.

Terlebih kita sebagai muslim-muslimah. Wajib hukumnya kita menuntut ilmu, bahkan disebutkan jika kita wajib menuntut ilmu sampai ke Negeri Cina. Seperti hadist berikut:

”Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”. (HR. Ibnu Majah No 224)

  • Tekun

Orang yang berhasil adalah orang yang tekun. Dibandingkan dengan orang yang pandai, orang tekun akan lebih berhasil hidupnya. Sebab saat ia tekun, tidak ada jeda yang sia-sia dalam hidupnya. Sebagaimana saat kita tekun belajar. Akan lebih mudah kita menyerap ilmu jika dipelajari setiap hari meski sedikit daripada langsung belajar banyak ilmu dalam waktu sehari.

  • Pantang Menyerah

Pantang menyerah atau putus asa merupakan salah satu perbuatan yang tidak disenangi oleh Allah. Saat kita berputus asa rasanya hidup di dunia sudah tidak ada harapan lagi, padahal masih ada banyak waktu dan tenaga untuk kita bangkit dan terus maju.

Nah, itu tadi 3 cara yang dapat dilakukan agar dapat menyerap ilmu seperti apa yang dilakukan oleh Nikola. Saat seseorang gigih, tekun, juga pantang menyerah maka Insya Allah kemudahan dalam mencari ilmu akan kita temukan. Tidak lupa juga untuk mengamalkan ilmu yang sudah kita dapatkan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY