Anak Albino Di Wonogiri, Ini Pendapat Al-Quran Tentang Perbedaan Warna Kulit

0
35

Anak Albino – Dua balita perempuan kembar yang tinggal di Kabupaten Wonogiri tersebut membuat viral di desanya. Hal itu dikarenakan mereka terlahir sebagai anak albino. Warga di desa tersebut sempat berpikir bahwa mereka itu bule atau turis asing. Lalu, bagaimanakah islam memandang ini?

Sobat cahaya islam, islam mengajarkan kita untuk saling menghargai dan menghormati apapun jenis dan warna kulit orang lain. Hal itu dikarenakan manusia sama-sama diciptakan Allah dari tanah dibumi, hanya saja warna tanah tersebut berbeda-beda. Apa maksudnya ini? Hanya Allah saja yang tahu hakikat dari apa yang dia ciptakan. Kita sebagai manusia hanya harus menjalankan apa yang telah ditakdirkan Allah untuk kita.

Anak Albino Di Wonogiri, Inilah Pendapat Al-Quran Tentangnya

Albino merupakan suatu kelainan pada produksi melanin dalam tubuh. Situasi inilah yang membuat seseorang memiliki kulit berwarna putih, pucat, atau sangat terang. Semua orang dapat mengalami hal tersebut. Oleh karena itu, anak albino tidak bisa sembuh seumur hidupnya. Akan tetapi, anak albino tetap bisa hidup normal secara berkualitas seperti layaknya orang lain.

Namun, masih ada banyak orang yang memandang rendah anak albino. Hal itu dikarenakan fisik mereka yang seringkali dianggap tidak lazim oleh masyarakat. Sehingga dibeberapa tempat, anak albino sering menjadi bahan bully orang lain. Lalu, bagaimanakah pendapat al-Quran mengenai hal tersebut?

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Artinya: Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Sehingga seseorang mau terlahir sebagai albino atau tidak, itu bukanlah sebuah masalah. Hal itu disebabkan Allah melihat manusia tersebut berdasarkan amal dan ahlaknya.

Albino terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Albinisme Okulokutaneus

Hal ini terjadi dikarenakan adanya mutasi pada salah satu dari 7 gen. Mutasi pada gen ini menyebabkan penurunan produksi melanin di rambut, kulit, dan mata, serta menurunkan fungsi penglihatan.

Albino jenis ini terjadi ketika orangtua menurunkan salinan gen yang bermutasi kepada anaknya. Hal ini disebut dengan autosomal resesif.

  1. Albinisme Ocular

Hal ini terjadi dikarenakan adanya mutasi gen di kromosom X. Biasanya, hal ini diturunkan dari ibu yang menderita mutasi pada gen tersebut. Penururunan ini bernama X-linked recessive. Albino jenis ini lebih sering terjadi pada anak laki-laki.

Jadi, kasus anak albino sebenarnya sudah bukan hal yang tidak umum lagi di masyarakat. Sebab, adanya albino itu dikarenakan kelainan genetika yag diwariskan dari orang tuanya. Anak albino bukanlah sebuah ancaman atau pertanda buruk apalagi pembawa sial.

Hal itu dikarenakan setiap anak mempunyai takdir yang berbeda dari anak-anak yang lain. Selain itu, fisik bukanlah sesuatu yang bisa dijadikan bahan perbandingan karena ahlak dan sifat yang baik akan menarik manusia untuk mendekatinya.

Itulah pendapat al-Quran tentang anak albino. Jika kita melihat anak albino, jangan merasa heran atau menghinanya. Bisa jadi anak albino tersebut memiliki kualitas iman dan amal yang lebih banyak dari kita.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!