Prinsip Dalam Mendidik Anak

0
72
prinsip

Tanya jawab islam tentang parenting – Dalam berbagai aspek kehidupan, agama merupakan salah satu pedoman untuk mengatur segala aspek kehidupan. Hal ini untuk menciptakan kehidupan yang baik tanpa meninggalkan nilai-nilai agama yang ada. Begitu juga dalam mendidik anak atau membentuk sebuah keluarga yang sempurna. Sudah pasti agama adalah penuntun terbaik untuk keberhasilan untuk kehidupan kita. Lalu sebagai orang tua sudahkah memiliki prinsip dalam mendidik anak?

Ini Prinsip Dalam Mendidik Anak

Mendidik anak merupakan kewajiban bagi orangtua, serta keberhasilan dari anak itu sendiri akan dipengaruhi dengan cara didik dari orangtua. Oleh karena itu, ada beberapa prinsip parenting yang akan dijelaskan pada ulasan tanya jawab islam tentang mendidik anak ini. Sehingga proses parenting itu sendiri dapat berjalan dengan baik tentunya.

Dalam agama islam, ibu merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya. Itu kenapa orang tua sangat berperan penting untuk membentuk akhlak anak itu sendiri. Dalam surat At Tahrim ayat 6 dijelaskan bahwa kita dianjurkan untuk memlihara keluarga dari api neraka. Itu berarti anak menjadi tanggung jawab dari orang tuanya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. [1]

Dalam tanya jawab islam tentang parenting, parenting ini adalah salah satu proses untuk mendidik anak. Sedangkan mendidik itu tidak bisa dilakukan tanpa dasar ilmu, terlebih ilmu agama. Salah dalam mendidik anak akan mempengaruhi kepribadiannya nanti. Pada ulasan berikut ini, ada beberapa prinsip dalam mendidik anak yang perlu anda perhatikan.

Tanya Jawab Islam Tentang Parenting, Beberapa Prinsip Ini Harus Diperhatikan

Ada beberapa prinsip yang akan disebutkan dalam ulasan ini, bagaimana untuk menerapkannya pada anak. Dalam mendidik anak, doa merupakan kekuatan yang paling utama dan mustajab. Apalagi sebagai orang tua, anda diharuskan untuk mendoakan anak. Ini bisa dimulai sejak anak belum lahir.

Untuk doa itu sendiri memiliki pengaruh yang cukup besar. Sehingga jika dilakukan sejak berada dalam kandungan sang ibu, nantinya lahir seorang anak yang sholeh atau sholehah. Jika sudah lahir, maka doakan agar anak bisa tumbuh dan berkembang di jalan yang baik. Sehingga tidak menyimpang dari agama. Akhlak yang baik dari anak akan menjadi ladang pahala bagi orang tuanya nantinya.

Dalam tanya jawab islam bagaimana mendidik anak, untuk prinsip selanjutnya adalah sikap adil dari orang tua kepada anak-anak. Jauhi sikap dzalim dan juga tidak adil. Jika orang tua tidak adil terhadap anak-anaknya, maka ini akan membuat anak memiliki rasa iri bahkan kebencian diantara anak-anak yang lain. Ini jelas akan berpengaruh pada perangai anak-anak. Ketidakadilan akan menimbulkan iri bahkan benci. Ini bisa menjadi terbentuknya akhlak tidak baik dari anak.

Tanya jawab islam tentang parenting – Prinsip yang berikutnya dalam mendidik anak adalah lemah lembut, kasih sayang dan juga perbuatan baik dari orang tua ke anak. Prinsip kasih sayang adalah yang harus diterapkan oleh semua orang tua, dan hindari sikap kasar. Jika menerapkan sikap lemah lembut sedari dini. Maka ini akan menjadi salah satu hal untuk membuat anak tumbuh menjadi orang yang lembut serta penuh kasih sayang juga.

Kemudian prinsip yang lainnya adalah orang tua mengarahkan anak-anak pada perkara mulia. Dengan kata lain memberikan pelajaran untuk hal-hal yang baik dan harus dilakukan. Serta peringatan untuk menjauhi segala sesuatu yang haram. Disini anda akan menyisipkan ajaran agama yang tepat, agar nantinya anak dapat membedakan mana yang boleh dan tidak diperbolehkan.

Tanya jawab islam tentang parenting berikut ini memberikan anda ilmu mengenai prinsip mendidik anak. Agar anda akan bisa mengajarkan anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang baik. Sebagai orang tua, anda akan menjadi teladan bagi anak. Kebaikan yang anda contohkan kepada anak, akan direkam menjadi sesuatu yang akan dia lakukan juga. Semoga ulasan islam tentang parenting akan membantu anda mengetahui prinsip mendidik anak yang tepat.


Catatan Kaki

[1] Q.S. At-Tahrim (66) ayat 6

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!