Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Tahukah? InI Alasannya Rokok Cenderung Tidak Diperbolehkan Dalam Islam

0
65
Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2

Hari tanpa tembakau – Tanggal 31 Mei diperingati sebagai hari tanpa adanya tembakau sedunia. Peringatan ini adalah rangka untuk mengajak para perokok agar melakukan puasa atau menghentikan kegiatan merokoknya sehari saja. Selain itu, hari peringatan tanpa tembakau ini untuk mengingat dan juga menyadari kembali tentang bahaya nikotin tembakau. Kandungan nikotin ini bisa mengancam kesehatan tubuh. Mulai dari jantung, paru-paru hingga dapat merusak otak.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 1

Efek jangka panjang yang disebabkan oleh kandungan nikotin ini, tentu saja menyadarkan bahwa rokok bukanlah kebiasaan yang baik. Apalagi ini bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Efek yang biasa terlihat pertama kali adalah gangguan pada jantung dan juga paru-paru. Sementara efek yang terjadi pada otak adalah efek jangka panjang yang nantinya akan disadari paling akhir. Islam sendiri juga tidak menghalalkan rokok lho sobat CahayaIslam.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Tahukah? InI Alasannya Rokok Cenderung Tidak Diperbolehkan Dalam Islam

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2

Hari tanpa tembakau sedunia ini diperingati dalam rangka untuk mengajak masyarakat mengingat dan menyadari akan bahaya nikotin dalam rokok. Dalam islam, tidak ada hukum yang menegaskan tentang diharamkannya ataupun dihalalkannya rokok. Namun meskipun begitu, segala sesuatu yang tidak memberikan manfaat tentu saja akan lebih baik untuk ditinggalkan bukan? ini juga tercermin dalam ayat Al Quran tentang bagaimana Allah melarang apa yang bisa menjerumuskan diri.

Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

Dalam ayat ini dijelaskan tentang Allah melarang kaum muslimin untuk menjatuhkan diri sendiri ke dalam kebinasaan. Itu artinya, segala sesuatu yang bisa menjerumuskan diri kepada hal-hal yang buruk atau merugi. Maka ini hukumnya dilarang dalam islam. Sementara itu, tahukah sobat CahayaIslam bahwasanya rokok cenderung tidak diperbolehkan juga dalam islam. Apa alasannya? Yuk simak beberapa penjelasan berikut.

Lebih Banyak Mudharat

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 3

Alasan kenapa rokok cenderung tidak diperbolehkan dalam islam adalah karena merokok lebih banyak mudharatnya dibandingkan manfaatnya. Itu sebabnya, Allah melarang segala sesuatu yang lebih banyak keburukan dibandingkan kebaikannya. Dan kita semua tahu, bahwa rokok bukan hanya bisa mengganggu kesehatan tubuh saja. Namun juga bisa menyebabkan kematian secara perlahan.

Tidak Memberikan Manfaat

Islam sendiri tidak melarang segala sesuatu yang bisa memberikan manfaat. Namun untuk rokok, ini jelas tidak memberikan manfaat bagi tubuh kita. Merokok seolah menjadi kegiatan yang menyenangkan saat bersantai, minum kopi dan lain sebagainya. Namun disamping itu, tidak ada manfaat yang diberikan dari kegiatan merokok. Kita justru mendapatkan banyak kerugian jika terus-terusan membiasakan diri dengan rokok lho sobat CahayaIslam.

Hari tanpa tembakau – diperingati sebagai hari untuk mengajak para perokok menghentikan kebiasaan merokoknya dalam sehari. Ini juga sekaligus untuk mengingat kembali bagaimana dampak dan bahayanya rokok yang dikonsumsi dalam jangka panjang. Itu sebabnya sobat CahayaIslam, merokok cenderung dilarang dalam islam lho. Hal ini karena tidak ada manfaat yang didapatkan dan justru lebih banyak mudharatnya bagi perokok.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 195

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY