Hari Toleransi Internasional dan Ini Bentuk Toleransi Dalam Islam!

0
168
Hari Toleransi Internasional

Hari toleransi internasional – Hari toleransi ini jatuh tepat pada tanggal 16 November. Penetapan ini dilakukan oleh PBB dengan tujuan agar sikap toleransi semakin meningkat. Dalam hal ini, toleransi itu sendiri merupakan penghormatan terhadap perbedaan yang ada. Apalagi di Indonesia dan negara lain menyimpan berbagai macam budaya dan juga agama. Itulah kenapa dibutuhkan toleransi untuk saling menghormati budaya dan agama masing-masing. Dan tetap adanya persatuan meskipun ada berbagai perbedaan.

Hari Toleransi Internasional

Hari toleransi ini menjadi pendidikan untuk sikap toleransi bangsa, dengan tujuan untuk melawan pengaruh dari hal-hal yang mengarah pada pengucilan dan ketakutan pada orang lain. Dalam islam, kita juga diajarkan untuk memiliki sikap toleransi. Termasuk bertoleransi terhadap kaum atau golongan agama lain. Namun meskipun begitu, ada batasan toleransi menurut islam yang juga harus diperhatikan.

Hari Toleransi Internasional dan Ini Bentuk Toleransi Yang Diajarkan Dalam Islam

Hari Toleransi Internasional dan Sikap Toleransi Dalam Islam

Hari toleransi Internasional yang diperingati pada 16 November sebagai bentuk penghormatan, dengan harapan bisa meningkatkan sikap toleransi terhadap perbedaan. Dan juga prinsip toleransi ini berhubungan dengan HAM internasional. Dalam islam, kaum muslimin diajarkan untuk memiliki sikap toleransi. Sehingga bisa bersikap adil dan juga menghormati orang lain.

لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ إِنَّمَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ قَاتَلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَأَخْرَجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ وَظَاهَرُوا عَلَىٰ إِخْرَاجِكُمْ أَنْ تَوَلَّوْهُمْ ۚ وَمَنْ يَتَوَلَّهُمْ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu, dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. (1)

Dalam ayat diatas dijelaskan bahwasanya Allah tidak melarang untuk berbuat baik atau adil terhadap orang lain. Bahkan orang-orang yang memerangi karena agama. Namun tentu saja, sikap toleransi yang diajarkan oleh islam juga sesuai dengan batasan yang ada.

Hari Toleransi Internasional dan Bentuk Toleransi Dalam Islam

Lalu apa saja bentuk-bentuk toleransi atau berbuat baik yang diajarkan dalam islam?

Islam Mengajarkan Menolong Siapapun

Sikap toleransi atau berbuat baik kepada orang lain tercermin dalam sikap tolong menolong. Islam mengajarkan untuk menolong siapapun, baik orang miskin ataupun orang yang sakit. Dan untuk menolong orang lain pun tidak melihat siapa orangnya, apa agamanya dan perbedaan lainnya.

Tetap Menjalin Hubungan Baik Dengan Non Muslim

Toleransi yang diajarkan dalam agama islam, adalah dengan tetap menjalin hubungan baik dengan orang lain. Baik dengan orang tua ataupun saudara yang non muslim. Perbedaan agama bukanlah alasan untuk memerangi orang lain ya sobat CahayaIslam. Namun justru mengajarkan kita untuk berbuat baik dan menjalin hubungan baik dengan siapapun itu.

Hari toleransi Internasional – Ini bisa menjadi cerminan sikap toleransi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehar-hari. Bagaimanapun, toleransi adalah sikap yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Catatan Kaki:

(1) – Surar Al-Mumtahanah Ayat 8-9

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY