Memiliki Banyak Peran, Beginilah Peran Islam dalam Integrasi Nasional!

0
298
peran Islam dalam integrasi nasional

Peran Islam dalam Integrasi Nasional – Integrasi nasional sendiri merupakan proses menyatukan perbedaan dalam sebuah negara yang dapat menyelaraskan sebuah bangsa. Banyak sekali perbedaan yang ada di Indonesia. Dalam hal ini peran Islam dalam integrasi nasional pun diperlukan.

Kita harus menjalani beberapa upaya yang memiliki tujuan untuk menyatukan perbedaan tersebut. Dalam hal ini Islam memiliki beberapa ajaran yang dapat membantu untuk menyatukan perbedaan di Indonesia. Ajaran-ajaran ini yang akhirnya berkembang dan membuat Islam memiliki peran di Indonesia.

Integrasi nasional dimulai dengan munculnya kerajaan Islam di Indonesia. Saat para pedagang Islam membangun tempat bersinggah dan menjadikan kerajaan sebagai tempat tinggal mereka. Berkembangnya perdagangan dan pelabuhan ini pada akhirnya menjadi kerajaan-kerajaan besar yang berpengaruh dalam perkembangan Islam di negara ini.

Peran Islam dalam Integrasi Nasional

Sobat Cahaya Islam, agama kita memiliki peran yang cukup penting dalam menyatukan perbedaan yang ada. Maka, tidak salah jika Islam menjadi agama mayoritas di Indonesia. Beberapa peran Islam dalam integrasi nasional adalah sebagai berikut.

1.      Peran Ulama dalam Memberikan Pengajaran

Peran ulama dalam mengajarkan pelajaran Islam yang baik dan perlakuan yang mulia sangatlah kita butuhkan.

Bayangkan saat kita menjalani hidup tanpa ajaran mereka, apakah kita akan menjalani kehidupan sebaik ini? Maka merekalah yang berperan penting dalam setiap pelajaran dan perlakuan kita sebagai umat Muslim.

peran Islam dalam integrasi nasional

Para ulama juga berperan penting dalam integrasi nasional. Banyak dari mereka yang membantu mengatasi setiap masalah yang terjadi untuk menyatukan masyarakat di negara kita.

2.      Peran Islam Sebagai Pemersatu Bangsa

Perbedaan yang terjadi di Indonesia sangatlah jelas, tetapi dalam Islam mengajarkan bahwa setiap manusia itu sama. Adanya ajaran ini yang akhirnya membuat masyarakat bersatu dan menghilangkan perbedaan tersebut.

Sejak pertama kali kita terlahir ke dunia, kegiatan kita sudah mendasar pada ajaran-ajaran Islam. Ajaran ini yang merekatkan dan menjalin keberagaman dalam bangsa Indonesia. Al-Quran pun menjelaskan jika umat Muslim adalah penengah yang akan menjadikan umat yang satu dengan yang lain bersatu.

3.      Peran Islam dalam Pengembangan Sikap Toleransi

Islam sangat mengajarkan umatnya untuk menjunjung toleransi. Setiap perbedaan pasti ada di kehidupan ini, maka dari itu kita memerlukan sikap toleransi untuk menyikapi perbedaan tersebut.

peran Islam dalam integrasi nasional

Islam mengajarkan toleransi dan Indonesia menjunjung tinggi toleransi di setiap bangsanya. Di negara ini memberikan kebebasan untuk beragama, tidak ada paksaan di dalamnya. Islam menghormati setiap agama yang ada dan cara mereka beribadah, tanpa mengganggu mereka.

لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ

Artinya:

‘Untukmu agamamu, dan untukku agamaku.’ (Al-Kafirun:6)

4.      Peran Islam dalam Persamaan Derajat

Agama Islam mengajarkan jika semua orang memiliki kedudukan dan derajat yang sama di mata Tuhan. Tidak ada yang membedakan antara satu dan yang lainnya. Hal inilah yang mengajarkan kita untuk saling menghargai.

Persamaan derajat ini yang membuat umat Islam tidak sombong dan tidak menghina pihak lain. Tentu perlakuan seperti ini akan menjaga integrasi nasional. Apa jadinya jika dalam sebuah negara rakyatnya saling menghina, tentu akan selalu terjadi perpecahan di negara tersebut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ شُهَدَاءَ بِالْقِسْطِ ۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَىٰ أَلَّا تَعْدِلُوا ۚ اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Artinya:

‘Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap suatu kaum, membuatmu berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.’ (QS. Al-Maidah:8)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY