7 Adab Berbuat Baik Kepada Tetangga yang Bisa Dijalankan Setiap Hari

0
738
berbuat baik kepada tetangga

Adab berbuat baik kepada tetangga – Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Maka, kehadiran tetangga dalam kehidupan sehari-hari sangat dibutuhkan. Untuk itu kita perlu berbuat baik kepada tetangga.

Adab Berbuat Baik Kepada Tetangga

Agama islam memberi perhatian yang sangat besar dalam segala hal. Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi semua tidak luput dengan ajarannya begitu juga dengan adab dalam bertetangga. Anjuran berbuat baik kepada tetangga dalam QS. Al-Isra’:7

اِنْ اَحْسَنْتُمْ اَحْسَنْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ ۗوَاِنْ اَسَأْتُمْ فَلَهَاۗ فَاِذَا جَاۤءَ وَعْدُ الْاٰخِرَةِ لِيَسٗۤـُٔوْا وُجُوْهَكُمْ وَلِيَدْخُلُوا الْمَسْجِدَ كَمَا دَخَلُوْهُ اَوَّلَ مَرَّةٍ وَّلِيُتَبِّرُوْا مَا عَلَوْا تَتْبِيْرًا

Artinya:” . Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri. Apabila datang saat hukuman (kejahatan) yang kedua, (Kami bangkitkan musuhmu) untuk menyuramkan wajahmu lalu mereka masuk ke dalam masjid (Masjidil Aqsa), sebagaimana ketika mereka memasukinya pertama kali dan mereka membinasakan apa saja yang mereka kuasai”

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hidup bertetangga. Islam memberikan ketegasan bagaimana sebaiknya kita memperlakukan tetangga diantaranya:

1. Memuliakan serta menghormati tetangga

Adab berbuat baik kepada tetangga yang pertama yaitu dengan menghormati serta memuliakan tetangga kita. Adab ini bisa dilakukan dengan bersikap sopan, berbicara dengan lembut, tidak menyinggung pendapatan tetangga, tidak merendahkan tetangga.

2. Bertegur sapa

Sobat cahaya islam, saat ada tetangga di depan rumah, ada baiknya harus saling menyapa. Saling bertegur merupakan tata krama yang sudah di Indonesia sejak lama. Dengan bertegur sapa Anda bisa berinteraksi sosial yang baik. Jika Anda sering menyapa tetangga, Anda tidak akan disebut sombong.

3. Tidak mengganggu tetangga dengan membuat kegaduhan

Dalam berumah tangga, teman-teman juga perlu mengatur volume suara seperti saat memutar film atau mendengarkan musik. Jangan memutar musik dengan keras, bermain dengan gaduh terutama pada waktu malam hari.

Suara yang bising bisa mengganggu tetangga apalagi yang rumahnya berdekatan. Tetangga berhak mendapat lingkungan yang tenang dan bisa beristirahat. Maka dari itu, kita harus bisa memberikan pengertian kepada sesame tetangga.

4. Saling tolong menolong

Tolong menolong dilakukan untuk semua orang terlebih dengan tetangga kita sendiri. Saat ada tetangga yang mengalami kesulitan, tidak ada salahnya jika teman-teman membantu. Dengan saling tolong menolong maka masalah akan bisa segera terselesaikan.

5. Berbagi dengan tetangga

Cara berbuat baik kepada tetangga yang selanjutnya yaitu dengan berbagi. Bila Anda sedang masak lebih bisa memmbagi makanan dengan tetangga. Bisa juga saat Anda sedang pergi, alangkah baiknya membawakan oleh-oleh kepada tetangga.

berbuat baik kepada tetangga

Dalam sabdanya Rasulullah mengingatkan bahwa wanita pada zamannya tidak menyepelekan pemberian tetangga sebagaimana dalam HR Bukhari & Muslim

يا نِساءَ المُسْلِماتِ، لا تَحْقِرَنَّ جارَةٌ لِجارَتِها، ولو فِرْسِنَ شاةٍ

Artinya: “Wahai para istri kaum Muslimin, jangan sampai seorang tetangga meremehkan (pemberian) tetangganya, meski hanya berupa kaki kambing.” (HR Bukhari & Muslim)

6. Hindari mengobrol lama dan tidak penting

Adab bertetangga selanjutnya yaitu tidak lama-lama dalam berbicara, apalagi membahas suatu hal yang tidak terlalu penting. Walaupun pada kenyataan hidup bertetangga tidak bisa lepas untuk berbicara satu sama lain. Namun, sebaiknya tidak kelewat lama. Hal ini untuk menghindari pemicaraan seperti ghibah atau menggunjing.

7. Menjenguk tetangga yang sakit

Cara berbuat baik kepada tetangga yang selanjutnya yaitu saat Anda melihat tetangga yang sakit, maka sebaiknya untuk dijenguk. Anda bisa mengunjungi tetangga yang sakit tanpa memandang status. Dalam bertetangga kesetaraan harus dijaga dengan baik.

Demikianlah ulasan mengenai adah berbuat baik kepada tetangga. Dengan berbuat baik, maka lingkungan masyarakat akan terasa harmonis dan damai. Lingkungan yang damai tentu akan membuat tempat tinggal menjadi nyaman.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY