Muslim Pro Dijual, Begini Cara Mengetahui Waktu Shalat Fardhu Sesuai Ajaran Islam

0
92

Muslim ProAplikasi Muslim Pro yang bisa diakses secara gratis oleh pengguna android maupun apple dikabarkan telah dijual data penggunanya. Hal ini tentu menjadikan dunia maya heboh lantaran aplikasi penentu jadwal shalat itu tidak menjaga privasi penggunanya.

Aplikasi yang sudah didownload oleh kurang lebih 98 juta orang ini dicetuskan oleh Erwan Mace. Seorang Muslim yang besar di Singapura. Kabar ini menempati posisi trending di internet setelah Motherboard dari situs Vice.com melaporkannya. Kabarnya dari hasil penjualan data pengguna tersebut pihak Militer AS dapat mengakses di mana lokasi pengguna berada.

Militer AS yang membeli data tersebut diduga merupakan mengandalkan perusahaan yang tugasnya melawan terorisme, pemberontakan, serta pengintaian khusus. Militer AS dibantu oleh perusahaan tersebut yang bernama Babel Street, dengan ditemukannya dua aliran data paralel terpisah sehingga pihak militer AS bisa mengakses data lokasi.

Sobat Cahaya Islam, tentu akan menjadi kewaspadaan bagi pengguna aplikasi ini. Namun, ada baiknya kita tidak terlalu bergantung dengan aplikasi tersebut. Pasalnya untuk mengetahui waktu shalat kita dapat menentukannya sesuai ajaran agama Islam.

Muslim Pro Dijual, Pahami Ketentuan Waktu Shalat Fardhu Sesuai Ajaran Islam

Awalnya aplikasi Muslim Pro sangat membantu menjawab keresahan umat muslim di negara bagian barat. Indonesia sebagai negara dengan mayoritas masyarakat yang memeluk agama Islam juga tidak sedikit yang menjadi pengguna aplikasi ini. Padahal dalam Islam kita sudah diajarkan untuk mengetahui ketentuan waktu shalat fardhu.

Kewaspadaan dalam penggunaan aplikasi ini juga menjadi salah satu hambatan bagi beberapa muslim lainnya sebagai pengingat waktu shalat. Zaman dulu sebelum jam ditemukan, umat Islam menentukan waktu shalat berdasarkan pada matahari. Sehingga jika tidak ada aplikasi tadi Sobat Cahaya Islam masih dapat menentukan waktu shalat tanpa aplikasi

  • Shalat Subuh

Shalat subuh dimulai sejak terbitnya fajar hingga munculnya matahari. Waktu shalat subuh menjadi lebih singkat daripada shalat asar tapi juga lebih panjang daripada shalat Maghrib. Biasanya banyak yang lalai sebab waktu subuh dirasa masih petang. Ketentuan waktu shalat subuh ini juga didasarkan oleh hadist Riwayat Muslim no. 612 sebagai berikut:

“Bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: “Waktu shalat shubuh ialah sejak terbitnya fajar hingga terbitnya matahari.” (Hadist Riwayat Muslim no. 612)

  • Shalat Dhuhur

Shalat yang jumlah rakaatnya 4 ini dilaksanakan mulai tergelincirnya matahari di ufuk barat dan waktu habisnya shalat dhuhur hingga datangnya waktu shalat asar. Ketentuan waktu shalat dhuhur  ini juga didasarkan oleh hadist Riwayat Muslim No. 612 sebagai berikut:

“Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Waktu dluhur ialah ketika matahari tergelincir, … sampai datangnya waktu ashar.” (Hadist Riwayat Muslim No. 612)

  • Shalat Asar

Shalar Asar adalah waktu shalat yang dimulai saat tinggi bayangan benda sama dengan tinggi benda aslinya. Ketentuan waktu shalat Asar ini juga didasarkan oleh hadist Riwayat Imam Bukhari No. 554 sebagai berikut:

“ …Barangsiapa mendapati satu rakaat shalat ashar sebelum matahari terbenam, maka ia telah mendapati waktu ashar.” (HR. Imam Bukhari No. 554)

  • Shalat Magrib

Shalat Magrib menjadi shalat yang waktunya paling singkat. Pasalnya shalat yang jumlah rakaatnya 3 ini dimulai sejak tenggelamnya matahari di arah barat hingga hilangnya awan berwarna kemerah-merahan dari langit. Ketentuan waktu shalat magrib ini juga didasarkan pada hadist riwayat Imam Muslim No. 612:

“Waktu maghrib berakhir hingga hilangnya awan merah dari cakrawala.” (HR. Imam Muslim no. 612)

  • Shalat Isya

Shalat isya menjadi shalat dengan waktu terlama. Dimulai dari habisnya waktu shalat magrib hingga terbitnya fajar. Beberapa orang melaksanakan shalat isya pada dini hari kemudian dilanjutkan dengan shalat tahajud atau shalat sunnah lainnya.

Aplikasi Muslim Pro yang sangat bersahabat bagi muslim di seluruh dunia ini tidak lagi aman digunakan. Maka dari itu, ada baiknya kita belajar tentang ketentuan waktu shalat fardhu yang telah diajarkan Islam. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY