Kelahiran Anak Zaskia Sungkar! Tips Pemberian Nama Anak

0
102

Zaskia SungkarBulan Ramadhan adalah bulan mulia dan penuh berkah, begitulah kiranya yang juga dirasakan oleh keluarga Zaskia Sungkar. Setelah 10 tahun lamanya menikah, akhirnya Allah mengabulkan do’anya. Bayi yang baru dilahirkan itu bernama Ukkasya Syakki Ramadhan. Sungguh nama yang indah jika memahami maknanya.

Sobat Cahaya Islam, kaum muslimin memahami bahwa pemberian nama tersebut adalah doa kedua orangtua bagi anaknya, termasuk yang dilakukan oleh Zaskia Sungkar. Bahkan, sebagian masyarakat sengaja meminta berkah kepada para ulama’ untuk nama anaknya.

Bagaimana Zaskia Sungkar dan keluarga mendapatkan nama indah itu?

Dilansir dari beberapa sumber, ternyata Zaskia Sungkar terinspirasi dari sahabat Rasul yang bernama Ukkasya bin Mihsan. Sedangkan Syahki adalah singkatan nama kedua orangtuanya. Tentu hal ini merupakan sesuatu yang dihukumi boleh dalam Islam.

6 Tips Memberikan Nama Anak Ala Islam

Sobat Cahaya Islam, ada beberapa tips yang perlu dilakukan para calon orangtua agar anak senantiasa mendapatkan do’a baik dari nama yang dimiliki. Penasaran? Simak ulasan dibawah ini ya!

1. Memberikan Nama Asmaul Husna

Asmaul Husna atau nama – nama yang baik dapat dijadikan panduan untuk memberi nama anak. Hal ini menjadi do’a tersendiri bagi orangtua agar anaknya dapat senantiasa menghamba bila mengingat Asmaul Husna yang menjadi namanya. Contoh nama yang bisa dipakai jika anaknya laki – laki yakni Abdul Ghani dan nama lainnya.

2. Menggunakan Nama Orang – Orang Shalih

Selain asmual Husna, jangan lupa juga cari referensi kisah orang Shalih terdahulu supaya namanya bisa ditiru. Baik itu nama seorang ulama’ yang Hanif maupun para sahabat di jaman Rasulullah. Semoga dengan nama tersebut anak akan meniru jejak yang memiliki nama itu.

3. Tidak Memberi Nama Dengan Makna yang Buruk

Hati – hati jika mengikuti gaya modern saat memberikan anak sebuah nama. Pasalnya, hari ini banyak orang latah memberikan nama ala artis Hollywood tanpa memikirkan dampak dari artinya. Hal ini sungguh sangat disayangkan ya!

Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW :

إِنَّ أَخْنَعَ اسْمٍ عِنْدَ اللَّهِ رَجُلٌ تَسَمَّى مَلِكَ الأَمْلاَكِ

“Sesungguhnya nama yang paling jelek di sisi Allah Ta’ala ialah nama “Malikul Amlak” (Maha Raja Diraja)”. (HR. Bukhari no. 6206 dan Muslim no. 2143)

Sumber https://rumaysho.com/1012-hadiah-di-hari-lahir-3-nama-nama-yang-terlarang-untuk-si-buah-hati.html

4. Memberikan Nama di Waktu yang Baik

Selain ketiga hal diatas, terdapat anjuran bahwa sang calon orangtua memberikan nama setelah bagi mereka lahir. Diriwayatkan dari Al Ghifari bahwasannya banyak dari sahabat Rasulullah SAW langsung memberikan nama setelah bayi mereka lahir.

5. Jangan Memberi Nama seperti Berhala

Sebagai calon orangtua, pemberian nama pun juga perlu dipikirkan secara matang. Misal, jangan sampai nama seperti nama berhala masuk ke dalam daftar list nama untuk anaknya. Menyembah berhala sendiri dilarang dalam Islam, tapi tak banyak kaum muslimin yang mengetahui bahwa berhala pun memiliki banyak nama. Sehingga, diperlkukan kejelian dalam menggali sejarah dan juga pengetahuan yang luas.

6. Menyisipkan Nama Muhammad

Sebagian kaum muslimin juga mengetahui keutamaan dari menyisipkan kata Muhammad dalam pemberian nama. Hal ini bukan untuk menyaingi nama Rasul, namun sebagai bentuk kecintaan hamba kepada RasulNya.

Nah Sobat Cahaya Islam, itu tadi beberapa rekomendasi tips memberikan nama pada anak, seperti yang dilakukan oleh keluarga Zaskia Sungkar juga. Semoga dengan pemberian nama tersebut, anak yang dilahirkan akan mengikuti jejak pewaris generasi para nabi. Amin Yarobbal ‘Alamin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY