Ustadz Abdul Shomad Menikah? Simak Keutamaannya

0
19
Abdul Shomad

Abdul Shomad – Selain kabar duka dari pasukan TNI AL, terdapat kabar bahagia dari Ustadz Abdul Shomad. Ya, ulama’ kondang tersebut akan melangsungkan pernikahannya. Di bulan yang mulia ini, tentu hal terseut juga menjadi kebahagiaan bagi para jama’ah yang selama ini antusias mendengarkan ceramahbeliau.

Sobat Cahaya Islam, pernikahan adalah hal yangat dimuliakan oleh Islam sehingga setiap orang akan menyadari urgensitasnya, termasuk juga Ustadz Abdul Shomad. Walaupun hal ini tidak menjadi kewajiban bagi kaum muslimin, namun menikah adalah sunnah muakad alias yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Bagaimana Sikap Kaum Muslimin terkait Pernikahan Ustadz Abdul Shomad?

Sebagai seorang muslim, hal pertama yang dirasakan yakni turut mendoakan kelancaran pada pernikahan Ustadz Abdul Shomad. Bukan mendo’akannya lantaran beliau adalah ulama’ yang senantiasa mengajarkan keilmuan Islam kepada umat, melainkan juga ini sebuah kewajiban bagi umat untuk saling mendo’akan.

Selain itu, kabar bahagia tersebut perlu untuk disebarluaskan, agar lebih banyak lagi yang mendo’akan kelancaran pernikahannya. Tentu hal ini pun juga merupakan anjuran Rasulullah SAW untuk mengabarkan pernikahan.

3 Keutamaan Pernikahan dalam Islam

Pernikahan sendiri selain membahagiakan bagi kaum muslimin, juga mendapat keutamaan tersendiri di mata Allah SWT. Hal ini tentu saja akan menjadi pemberat bagi pasangan tersebut. Beberapa keutamaan diantaranya adalah :

1.      Menyegerakan Sunnah

Seperti yang sudah diketahui kaum muslimin, bahwa menikah adalah sunnah yang sangat dianjurkan. Definisi Sunnah sendiri sekarang malah diartikna sebagai kebolehan untuk tidak menjalankannya karena jika ditinggalkan tidak akan mendapat dosa. Begitupun pernikahan yang suci itu sendiri.

Di era sekarang, sudah mulai bermunculan kampanye anti menikah oleh para kaum penjunjung hak – hak wanita. Mereka beranggapan bahwa wanita dalam rumah adalah wanita yang perlu kebebasan bahkan sampai menganggap bahwa menikah hanya menjadikan mereka sebagai budak laki – laki. Jargon seperti inilah yang menyebabkan pernikahan tak lagi diartikan sebagai sesuatu yang mulia.

2.      Melahirkan Generasi Peradaban

Selain hal tersebut menyegerakan sunnah, pernikahan juga menjadi jalan halal untuk melahirkan generasi emas peradaban. Dibandingkan harus menjalani kondisi berduaan dengan lawan jenis, sudah selayaknya bagi kaum muslimin untuk melangsungkan pernikahan. Sebab hari ini banyak didapati pasangan muda – mudi yang melakukan perzinahan tanpa adanya ikatan pernikahan.

Kondisi seperti ini bisa dipengaruhi oleh tontonan tidak layak dan kurang memberikan edukasi. Sehingga dalam Islam, antar lawan jenis seharusnya tidak melakukan suatu hubungan tanpa ikatan pernikahan.

3.      Membangun Keluarga Rabbani

Pernikahan juga menjadi jalan untuk melatih para kaum adam sebagai seorang pemimpin. Pemimpin yang dimaksud dalam hal ini yakni kepala keluarga. Kepala keluarga sudah seharusnya menjadikan pernikahan sebagai gerbang awal terbukanya keluarga rabbani, keluarga yang sangat mencintai Al-Qur’an.

Nah Sobat Cahaya Islam, ternyata banyak ya keutamaan yang didapatkan dalam pernikahan seperti yang akan dilakukan oleh Ustadz Abdul Shomad. Semoga keutamaan tersebut tidak menjadikan kaum muslimin teralih fokusnya. Pernikahan sendiri adalah ibadah yang akan dijalankan sepanjang hidup sehingga perlu juga pedoman dalam mejalaninya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY