Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Umat Islam Wajib Memahaminya

0
658
Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Hari Lingkungan Hidup Sedunia – Dalam kancah dunia yang sangat beraneka ragam bentuk baik berupa budaya, suku, ras, maupun agama. Islam dikenal sebagai agama yang rahmatan lil alamin/rahmat bagi seluruh alam.

Bukan hanya kepada sesama manusia saja umat islam harus berbuat baik. Namun kita juga harus memperhatikan lingkungan sekitarnya baik berupa tumbuhan maupun hewan.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Apa yang Sebaiknya Sobat Lakukan?

Sobat Cahaya Islam, disini kita akan belajar bersama mengenai apa yang harus umat islam pahami bukan hanya untuk diketahui saja tanpa paham dan penerapan.

Sebenarnya bukan hanya untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia saja, namun hal ini harus dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai tindakan wajib, meliputi:

1. Dilarang Membuat Kerusakan di Muka Bumi

Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Seperti yang tertera dalam firman Allah Q.S.Al-A’raf ayat 56 yang berbunyi

وَلَا تُفْسِدُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَٰحِهَا وَٱدْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ ٱللَّهِ قَرِيبٌ مِّنَ ٱلْمُحْسِنِين

 Artinya: Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.

Disebutkan jelas bahwa larangan untuk membuat kerusakan di muka bumi yang menyebabkan ketidakseimbangan lingkungan hidup. Allah telah menciptakan bumi dengan begitu indahnya disertai patok-patok yang tidak kita ketahui segala sesuatunya. Maka dari itu, kewajiban seorang muslim tidak boleh merusak apa yang menjadi keindahan di muka bumi.

Namun, zaman sekarang ini sudah banyak peristiwa alam yang disebabkan oleh ulah tangan manusia sendiri. Seperti banjir, tanah longsor, dan bencana alam lainnya. Seperti yang telah dijelaskan dalam firman Allah Q.S.Ar-Ruum ayat 41 yang berbunyi

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّاسِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوْا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْن

. Artinya : Telah tampak kerusakan di darat dan laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia. Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar.

2. Dilarang Melakukan Pencemaran Dalam Lingkungan

Seperti halnya merusak, pencemaran lingkungan termasuk hal yang wajib dihindari dari seorang muslim. Pencemaran di sini bukan hanya pada satu aspek saja, namun mencakup semuanya baik di darat, udara, maupun laut.

Pencemaran tersebut bisa berasal dari yang sangat kecil dan dianggap paling sepele. Seperti membuang satu bungkus permen yang notabene adalah sampah terkecil.

Mungkin hanya seorang saja yang membuangnya, namun kita tidak akan pernah tahu bahwa di luar sana banyak sekali bungkus permen yang menyumbat saluran air. Hal tersebut yang membuatnya meledak dan terjadilah banjir.

Itu baru contoh kecil saja ya, Sobat Cahaya Islam. Bukankah itu hal yang sepele namun berdampak sangat fatal? Maka dari itu, sebagai muslim harus mencintai apa yang telah Allah karuniakan kepada kita dengan menghindari kemungkinan-kemungkinan terburuk.

3. Lakukan Perawatan Lingkungan

Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Sudah banyak yang menyebutkan bahwa agama Islam menyukai kebersihan karena telah disebutkan dalam sebuah hadist yang dikutip dari buku Ulumul Hadis karya Abdul Majid Khon (2012).

النَّظَافَةُ مِنَ الْإيْمَان

Artinya, “Kebersihan adalah Sebagian dari Iman.”

Hadits tersebut terdapat dalam kitab-kitab hadist. Al-‘Iraqi dalam takhrij Ahadits al-Ihya’ 1/73 menyebutkan hadits dengan lafaz seperti itu yang diriwayatka oleh Imam At-Thabrany dalam Al-Ausath dengan sanad yang dho’if jiddan (sangat lemah) dari jalur periwayatan melalui Ibnu Nas’ud RA.

Jadi, keimanan seseorang bisa diukur dari seberapa besar ia menjaga kebersihannya. Ketika lingkungan sekitar bersih, sudah bisa dikuatkan bahwa lingkungan tersebut terbebas dari segala macam najis.

Dan seorang mukmin akan merasakan kenyamanan dan ketenangan untuk beribadah jika lingkungannya mendukung. Upaya perawatan disini dimaksudkan untuk menjaga dari macam-macam hama yang merugikan dan menghindari dari kemungkinan buruk.

Nah itu dia Sobat Cahaya Islam mengenai apa yang wajib seorang muslim pahami tentang lingkungannya mengingat ini adalahHari Lingkungan Hidup Sedunia.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY