Mencari Rezeki Allah Dalam Hal Hal Buruk yang Menimpa Kita

0
50
Mencari Rezeki Allah Dalam Hal Hal Buruk yang Menimpa Kita

Mencari rezeki Allah – Pernah nggak sih mengalami hal hal buruk yang kemudian bikin kita bete seharian? Entah cinta yang tidak terbalas, kena tipu, gagal dalam suatu hal dan lain sebagainya. Mengalami hal hal buruk dalam hidup adalah suatu hal yang lumrah dan banyak orang pasti akan mendapatinya. Yang membedakan antara orang biasa dan orang yang baik adalah cara dia merespon hal itu.

Sebagai seorang muslim yang beriman, kita harus bisa selalu menemukan kebaikan bahkan dalam hal hal buruk yang terjadi dalam hidup kita. Kita harus bisa mencari rezeki Allah yang tersembunyi di dalamnya. Simak ulasan berikut deh:

Hal pertama untuk mencari rezeki Allah dalam hal buruk adalah menerima hal itu sebagai ketetapan Allah

Sebagai orang yang beriman kepada Qada dan Qadar, kita seharusnya sudah paham bahwa setiap hal yang ada di dunia ini tak bisa terjadi tanpa seizin Allah. Hal itu bahkan sudah ditetapkan oleh Allah. Menerima hal itu adalah jembatan pertama hikmah. Dan setelahnya anda bisa mencari rezeki Allah dibaliknya dengan mudah sekali.

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا ۚ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

Dalam surat Al Hadid ayat 22 diatas dijelaskan bahwa segala macam bencana yang ada di bumi yang menimpa kita ataupun tidak sudah tertulis di laufil mahfud. ini jelas bahwa apa yang terjadi kepada kita sudah menjadi ketetapan dari Allah. Ikhlas menerimanya adalah kunci ya!

Menjadikan hal buruk sebagai refleksi diri terhadap dosa, lalu nikmati rezeki hikmah di dalamnya

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ

Dalam surat Asy Syuro ayat 30 diatas dijelaskan bahwa tiada hal yang terjadi pada hidup kita, melainkan merupakan buah dari perbuatan kita sendiri. Kita harus introspeksi atas hal itu dan meminta ampun kepada Allah. Sedih boleh dan marah okelah, tapi jangan sampai kejadian buruk yang menimpa kita hanya lewat begitu saja tanpa kita bisa menikmati rezeki hikmahnya.

***

Dari ulasan artikel diatas tentu sobat cahaya islam bisa menyimpulkan bukan? Bahwa ketika ada hal buruk menimpa kita dalam kehidupan, bukan berarti semuanya berakhir atau Allah tidak adil. Bahkan sampai berfikiran bahwa Allah benci kepada kita. Jangan Deh! – Justru dengan adanya hal buruk yang menimpa kita, Allah mencoba untuk berkomunikasi dengan kita akan sesuatu. Agar kita berfikir (Bukankah dalam Al Quran sering ya Allah mengingatkan kita untuk menjadi hambaNya yang selalu berfikir?). Dibalik itu ada sebuah rezeki Allah yang bahkan lebih baik dan tidak disangka-sangka. Jadi jangan menyerah ya. Semoga bermanfaat!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!