Kim Hyun Joong Selamatkan Nyawa Seseorang, Sudah Tahu Harga Nyawa Manusia Menurut Islam?

0
32

Kim Hyun Joong – Seorang aktor dari Korea Selatan ini beberapa waktu lalu menuai banyak pujian dari netizen dikarenakan menyelamatkan seorang pria yang berprofesi sebagai koki restoran dengan memberikan pertologan pertama saat orang tersebut pingsan. Selain itu, Kim Hyun Joong juga mengintruksikan kepada staff terdekat untuk memanggil paramedis. Setelah itu, dia juga membantu memindahkan koki ke dalam ambulans dan menjelaskan apa yang terjadi.

Sobat cahaya islam, islam mengajarkan kita untuk saling tolong menolong sesama mahluk hidup. Apalagi jika hal tersebut adalah musibah yang melibatkan nyawa manusia. Sudah pasti itu menjadi kewajiban kita untuk menolongnya. Hal itu dikarenakan satu nyawa manusia sangat berharga dan tidak bisa ditukar dengan apapun, termasuk uang. Lalu, berapa harga nyawa manusia menurut islam?

Kim Hyun Joong Selamatkan Nyawa Seseorang, Ini Harga Nyawa Manusia menurut Islam

Menurut islam, harga nyawa manusia itu tidak ternilai. Artinya, tidak bisa ditukar dengan apapun. Hilangnya nyawa manusia dikarenakan perbedaan pendapat, perbedaan fisik, agama, dan sikap atau karakter merupakan suatu hal yang sangat disayangkan.

Agar dapat mencegah hal tersebut, maka hukum harus ditegakkan tanpa memandang jabatan dan kekayaan seseorang. Tidak seperti saat ini yang mana hukum tajam ke bawah tetapi tumpul ke atas. Hal ini senada dengan ayat yang berbunyi:

مِنْ أَجْلِ ذَٰلِكَ كَتَبْنَا عَلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنَّهُ مَنْ قَتَلَ نَفْسًا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الْأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعًا وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعًا ۚ وَلَقَدْ جَاءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِالْبَيِّنَاتِ ثُمَّ إِنَّ كَثِيرًا مِنْهُمْ بَعْدَ ذَٰلِكَ فِي الْأَرْضِ لَمُسْرِفُونَ

 

“Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak di antara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi”. (Al-Maidah: 32).

Ada tiga macam jenis pembunuhan dalam islam yang mempunyai hukum qishash yang berbeda yaitu:

  1. Pembunuhan Secara Sengaja

Jika pembunuh sengaja dimaafkan oleh keluarga terbunuh maka si pembunuh wajib membayar diyat berat berupa 100 ekor unta, terdiri dari 30 ekor unta betina berumur 3-4 tahun, 30 ekor unta betina berumur 4-5 tahun, dan 40 ekor unta betina yang sedang bunting.

  1. Pembunuhan Semi Sengaja

Hukumnya harus membayar diyat berat kalau sudah dimaafkan keluarga terbunuh dengan cara mengangsurnya selama 3 tahun.

  1. Pembunuhan Tidak Sengaja

Harus membayar diyat ringan yang terdiri dari 100 ekor unta terdiri atas 20 ekor unta betina berumur 1-2 tahun, 20 ekor unta betina berumur 2-3 tahun, 20 ekor unta jantan berumur 2-3 tahun, 20 ekor unta betina berumur 3-4 tahun, dan 20 ekor unta betina berumur 4-5 tahun dan wajib dibayar dengan mengangsur selama tiga tahun.

Islam menerapkan hukum qishash ini untuk menghargai nyawa manusia. Apa yang dilakukan Kim Hyun Joong sudah sesuai dengan aturan islam. Semoga yang dilakukannya dapat dijadikan contoh oleh kita semua.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!