Luna Maya Akui Ingin Bunuh Diri Saat Tersangkut Skandal dengan Ariel Noah

0
20

Luna Maya – Sudah 10 tahun berlalu, Luna Maya akhirnya beberkan soal skandal video panas yang menimpa dirinya dengan Ariel Noah. Kasus tersebut sempat menyita perhatian publik pada tahun 2010 silam.

Luna mengaku sempat ingin mengakhiri hidupnya karena tak kuat terus menerus mendapat hinaan oleh publik. Hinaan tersebut diakui Luna sangat membuatnya terpuruk dan putus asa akibat cibiran netizen yang dianggapnya kasar.

Meski pikirannya disita oleh pendapat orang lain, namun Luna mencoba menjalaninya untuk bisa bangkit kembali. Berkat dukungan orang-orang terdekatnya akhirnya Luna pun berhasil untuk bangkit meski tidak dengan waktu yang singkat.

Sobat Cahaya Islam, seseorang memiliki cara menghadapi masalahnya masing-masing, ada yang optimis untuk bangkit ada pula yang pesimis dan merasa tidak sanggup menjalaninya lagi. Respon tersebut tergantung dari kondisi mental seseorang. Sementara kuat tidaknya mental tergantung dari pengalaman hidup yang iya jalani.

Keinginan bunuh diri sering menjadi pilihan terakhir jika seseorang merasa permasalahan hidupnya tidak bisa terselesaikan. Keinginan itu juga seiring dengan perasaan tak dihargai oleh orang-orang disekitar, membandingkan hidupnya dengan orang lain, termasuk mendapat tekanan dari orang-orang di sekitarnya.

Dalam agama Islam, bunuh diri adalah perbuatan dosa yang amat besar. Allah bahkan menjanjikan bagi siapa yang melakukan bunuh diri maka akan ditempatkan di neraka jahannam, yakni neraka yang paling mengerikan siksaanya.

Luna Maya Sempat Ingin Bunuh Diri, Ini Hukumnya Dalam Islam

Syaikh Abdul Aziz bin Baz menjelaskan, “Bunuh diri adalah salah satu dosa besar. Allah Ta’ala berfirman:

وَلاَ تَقْتُلُواْ أَنفُسَكُمْ إِنَّ اللّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا * وَمَن يَفْعَلْ ذَلِكَ عُدْوَانًا وَظُلْمًا فَسَوْفَ نُصْلِيهِ نَارًا وَكَانَ ذَلِكَ عَلَى اللّهِ يَسِيرًا

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. Dan barangsiapa berbuat demikian dengan melanggar hak dan aniaya, maka Kami kelak akan memasukkannya ke dalam neraka. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (QS. An Nisa: 29-30)

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

من قتل نفسه بشيء عذب به يوم القيامة

“Barangsiapa yang membunuh dirinya dengan sesuatu, ia akan di adzab dengan itu di hari kiamat” (HR. Bukhari no. 6105, Muslim no. 110).

Dalam Islam orang yang bunuh diri akan mendapat kengerian, diantaranya ditempatkan di neraka jahannam yakni tempat terburuk dari yang terburu, kemudian diazab dengan bagaimana cara ia bunuh diri, dan itu dilakukan berulang-ulang kali.

Tips Mencegah Bunuh Diri

1. Kenali Ciri Bunuh Diri

Orang yang berkeinginan bunuh diri biasanya berbicara tentang mengakhiri hidup, merasa sendiri tanpa tujuan hidup dan merasakan perasaan yang amat menyakitkan. Pemikiran ini juga berpengaruh pada berkurangnya pola tidur dan makan.

2. Menemani

Jika menemukan ciri-ciri diatas maka temanilah mereka. Jauhkan benda-benda yang membahayakan yang berpotensi menjadi alat mereka untuk bunuh diri, sebelum memberi nasihat dengarkanlah keluh kesah mereka dan tanyakanlah alasan mereka untuk bunuh diri. Sehingga mereka merasa didengarkan, ditemani dan dianggap ada.

3. Merawat Jiwa

Seringkali kita terfokus dengan hal-hal yang tidak penting, tanpa mempedulikan kesehatan jiwa diri sendiri. Contohnya saja tersinggung dengan perilaku atau perkataan seseorang hingga menjadi beban pikiran yang amat berat. Jika kita tidak melepaskan pikiran negatif itu maka lambat laun jiwa kita akan semakin terluka.

Langkah yang harus dilakukan adalah memaafkan kesalahan tersebut dengan lapang dada, berlatih mengalihkan pikiran pada hal-hal yang positif. Libatkan diri pada hal-hal yang disukai karena bisa memperbaiki suasana hati.

4. Meminta Bantuan

Jika dirasa hati dan pikiran sudah tidak terkendali, maka segeralah mencari bantuan pada orang-orang di sekitar. Tetaplah menjalin komunikasi dengan orang-orang terdekatmu.

5. Bagikan Tips Ini

Sebarkanlah tips ini agar orang-orang disekitarmu peka terhadap mereka yang melakukan ciri-ciri di atas. Selain itu orang juga akan peka terhadap dirinya sendiri juga orang-orang di sekitarnya.

Itulah hukum dan tips mencegah bunuh diri Sobat Cahaya Islam. Berkaca pada bangkitnya Luna Maya dalam persoalan yang pernah menimpanya, kita bisa menjadikannya sebagai motivasi diri agar lebih  bersyukur dan semangat menjalani hidup.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!