Hari Ayah Nasional, Mengingat Peran Ayah Dalam Kacamata Islam

0
1377

Hari Ayah Nasional – Setiap tanggal 12 November, Indonesia diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Peringatan ini berbeda dengan negara-negara lain yang biasanya jatuh pada bulan Juni.

Peringatan nasional ini dilakukan sejak awal abad ke-12 untuk menghormati sosok ayah. Di Indonesia sendiri Hari ayah dimulai sejak tahun 2016.

Hari ayah memang penting untuk diperingati. Banyak yang menganggap bahwa tugas ayah hanyalah mencari nafkah, bebannya lebih ringan dari pada ibu. Namun ayah juga bertugas untuk memenuhi kebutuhan rohani, yakni membentuk keimanan dan amal saleh seorang anak untuk masa depannya kelak.

Sobat Cahaya Islam, tugas ayah amatlah besar. Tidak hanya melindungi anak isteri dari panas terik matahari atau perihnya rasa lapar, ayah juga menjaga keluarganya agar dijauhi dari api neraka. Berikut ini pandangan Islam terkait hari ayah.

Hari Ayah Nasional dan Peran Ayah Menurut Islam

Allah SWT memerintahkan seorang ayah sebagai pemimpin keluarga untuk menjauhkan keluarganya dari panasnya api neraka. Mereka membimbing keluarganya agar tetap di jalur Allah SWT, sebagaimana surat di bawah ini:

أَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ قُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَٰٓئِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ ٱللَّهَ مَآ أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (At-Tahrim:6).

Seorang ayah juga berkewajiban mendidik anaknya agar tidak berperilaku sombong atau angkuh sebagaimana ditulis dalam surat Luqman ayat 18:

نَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ لَهُمْ جَنَّٰتُ ٱلنَّعِيمِ

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan ( QS Luqman:8).

Banyak sekali ayat-ayat AL Quran yang mengkaji tentang ayah. Betapa seorang ayah memegang peranan penting untuk menentukan kehidupan akhirat anak dan isterinya.

5 Cara Menghormati Ayah Menurut Islam

Ibu adalah sosok yang harus dimuliakan oleh seorang anak, bahkan dalam Islam prioritas ibu disebutkan 3 kali lalu ayah 1 kali. Meski demikian, tugas ayah sangatlah penting bagi keluarga karena dituntut untuk membimbing keluarga jalan menuju surga. Berikut ini adalah cara menghormati ayah menurut Islam:

1. Berterimakasih

Berterimakasih adalah cara paling mudah untuk membahagiakan kedua orang tua, yakni ibu dan ayah. Berterimakasilah atas apa yang mereka lakukan untuk anda selama ini.

Meski ucapan terimakasih tidak akan pernah membayar segala pengorbanannya, namun ini adalah hal yang penting untuk menghormati orang tua. Selain itu anda juga bisa membantu pekerjaan orang tua, seperti mengantar ibu ke pasar atau membuat makanan kesukaan ayah.

2. Menghargai Kebijaksanaan

Orang tua adalah orang yang lebih dulu hidup dengan segala pengalaman yang pernah dialaminya. Maka sebagai seorang anak tidak ada salahnya jika kita mendengarkan apa yang mereka sarankan untuk anaknya.

3. Sopan dan Santun

Sikap sopan dan santun kepada orang tua adalah kewajiban seorang anak. Jangan pernah lupa untuk mengucap ‘tolong’ ketika meminta bantuan dan mengucap ‘terimakasih’ kepada kedua orang tua.

4. Luangkan Waktu

Meski anak sudah beranjak dewasa dan sibuk dengan kepentingannya masing-masing. Namun sebagai seorang anak kita perlu meluangkan waktu untuk kedua orang tua. Hal sederhana itu bisa membuat kedua orang tua menjadi bahagia.

5. Jangan Melawan

Melawan orang tua adalah perbuatan dosa yang amat besar. Meski seringkali memiliki perbedaan pendapat dan emosi, sebagai seorang anak kita harus menghindari menentang kedua orang tua. Cobalah pergi dan mendinginkan kepala ketika sedang emosi, ingatlah orang tua adalah pintu surga.

Demikianlah cara menghormati ibu dan ayah. Sobat Cahaya Islam, meski ayah adalah orang yang jarang menunjukan kasih sayang, tapi percayalah ayah adalah orang yang siap menjadi garda terdepan untuk melindungi keluarganya, sesekali peluklah ayah dan ucapkan terimakasih atas segala pengorbanannya. Selamat Hari Ayah Nasional.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY