Anak Pancung Ayahnya di Lampung, Begini Kewajiban Anak Kepada Ayah Menurut Islam

0
81
Anak Pancung Ayahnya 2

Anak pancung ayahnya – Seorang anak di Lampung Tengah tega membunuh ayahnya dengan cara di pancung. Ketika itu sang ayah sedang pulang dari sawah, saat sedang duduk sang anak langsung memancung kepala korban dari belakang.

Bahkan kabarnya kepala sang ayah sempat di tenteng oleh pelaku keluar rumah. Menurut keterangan juga, anak kandung yang membunuh ayahnya sendiri ini mengalami gangguan jiwa. Sehingga pihak kepolisian melakukan penyelidikan terkait hal tersebut.

Anak Pancung Ayahnya 1

Seorang ayah adalah sosok yang seharusnya di hormati dalam sebuah keluarga. Apalagi peran ayah sebagai pemimpin keluarga. Namun dalam kasus ini justru sang ayah di bunuh oleh anak kandungnya sendiri. Tentu saja ini perbuatan keji yang dilarang dalam hukum islam.

Islam sendiri telah mengatur bagaimana kewajiban yang harusnya dilakukan seorang anak kepada orang tuanya. Dan tindakan membunuh tidaklah benar bahkan haram dalam islam.

Anak Pancung Ayahnya di Lampung, Begini Kewajiban Anak Kepada Ayahnya Menurut Islam

Anak Pancung Ayahnya 2

Anak pancung ayahnya di Lampung yang di duga karena mengalami gangguan jiwa. Hal ini sedang di selidiki oleh pihak kepolisian saat ini.

Dalam islam, pembunuhan tentu saja termasuk perbuatan keji yang di haramkan. Ini tercermin dalam sebuah ayat Al Quran yang mana membunuh di artikan seperti membunuh seluruh manusia.

مِنْ أَجْلِ ذَٰلِكَ كَتَبْنَا عَلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنَّهُ مَنْ قَتَلَ نَفْسًا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الْأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعًا وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعًا ۚ وَلَقَدْ جَاءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِالْبَيِّنَاتِ ثُمَّ إِنَّ كَثِيرًا مِنْهُمْ بَعْدَ ذَٰلِكَ فِي الْأَرْضِ لَمُسْرِفُونَ

Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.(1)

Dalam ayat ini, menegaskan bahwa Allah melarang manusia untuk membunuh manusia lainnya. Apalagi seorang anak yang memiliki kewajiban kepada orang tua, namun justru membunuh orang tuanya sendiri. Ini sungguh dilarang dalam hukum islam.

Anak Pancung Ayahnya 3

Lalu tahukah sobat CahayaIslam apa saja kewajiban anak kepada ayahnya menurut islam?

Menghormati dan Menyayangi

Ini salah satu kewajiban seorang anak untuk menghormati dan menyayangi orang tua. Apalagi seorang ayah merupakan pemimpin keluarga, sehingga perlu di hormati. Namun anak juga harus memberikan kasih sayang kepada kedua orang tua, termasuk ayah. Ini salah satu bentuk bakti kepada orang tua.

Mendoakan

Mendoakan adalah kewajiban bagi seorang anak kepada orang tua, termasuk untuk ayah. Bagaimanapun setiap langkah anak di dunia ini juga berdasarkan ridho dari kedua orang tua. Itu sebabnya, anak juga harus senantiasa mendoakan bagi kebaikan orang tuanya. Apalagi ayah memikul banyak peran yang berat, termasuk memberikan nafkah dan memimpin keluarga. Maka doa seorang anak sangatlah penting.

Merawat dan Menjaga Nama Baiknya

Anak yang merawat kedua orang tuanya, begitu juga dengan ayahnya. Ini adalah salah satu kewajiban yang harus seorang anak lakukan. Dan tentu saja sebagai seorang anak memiliki kewajiban untuk menjaga amanat dan nama baik orang tua. Ini adalah bentuk penghormatan seorang anak kepada ayahnya.

Anak pancung ayahnya – adalah perbuatan keji yang tidak seharusnya seorang anak lakukan kepada orang tuanya. Dalam islam, ini telah melanggar syariat yang ada.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Maidah Ayat 32

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY