Rukun Iman Ada 6, Ini Penjelasan Lengkap Tiap Rukunnya

0
58

Rukun Iman– Siapapun yang mengaku sebagai umat Islam tentu sudah paham tentang rukun iman.Namun masyarakat modern seperti sekarang ini memang masih banyak yang yang begitu awam tentang urutan rukun iman karena kurangnya ilmu agama. Ilmu agama sangatlah penting karena beribadah tanpa ilmu nantinya akan menjadikan amalan sia-sia.

Sebuah cahaya Islam tentu sudah paham tentang apa saja rukun iman dalam Islam. Kita perlu untuk benar-benar memahami tentang rukun iman bukan hanya menghafalkan urutannya saja. Apabila kita beriman dengan sungguh-sungguh kepada Allah maka untuk menjalankan ajaran Islam tentu tidak akan merasa berat.

Rukun iman

Rukun iman terdiri dari 6 poin. Apabila kita beriman kepada Allah maka kita juga harus mengimani rukun yang lainnya.

“Kamu beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para Rasul-Nya, hari akhir, dan kamu beriman kepada takdir yang baik dan yang buruk.” (HR. Muslim no. 9)

Berikut ini adalah urutan rukun iman dalam Islam:

Iman Kepada Allah

Rukun yang pertama yaitu iman kepada Allah. Kita tidak akan masuk dalam golongan orang yang beriman apabila kita tidak mempercayai akan keberadaan Allah dengan segala sifat-sifatNya.

Iman Kepada Malaikat

Rukun yang kedua yaitu iman kepada malaikat. Allah menciptakan berbagai macam makhluk di alam semesta bukan hanya manusia saja namun juga makhluk lain seperti malaikat. Malaikat merupakan makhluk Allah yang sangat taat dan tidak diberi nafsu seperti manusia.

Iman Kepada Alquran

Rukun iman yang ketiga yaitu Alquran. Di dalam Alquran terdapat firman Allah yang apabila setiap muslim membacanya maka akan dapat merasa seperti berkomunikasi dengan Allah. Setiap ayat-ayat yang ada di dalam Alquran apabila dibaca akan mengalirkan pahala. Kita bukan hanya diwajibkan mengimaninya saja akan tetapi juga harus mampu mengamalkannya.

Iman Kepada Rasul

Iman kepada rasul Allah merupakan rukun yang keempat. Kita merupakan umat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan hendaknya beriman atau mempercayai bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah yang menyampaikan risalah.

Iman Kepada Hari kiamat

Sebagai umat muslim kita juga harus percaya bahwa dunia ini akan berakhir. Kita wajib beriman akan terjadinya hari kiamat atau hari pembalasan. Dengan mengimani hari kiamat maka kita akan berhati-hati ketika berperilaku. Hal ini dikarenakan semua amalan yang pernah kita kerjakan akan mendapatkan balasan di akhirat nanti.

Iman Kepada Qada dan Qadar

Rukun yang keenam yaitu percaya kepada qada dan Qadar. Allah telah mengatur seluruh alam semesta dan semua yang terjadi mulai dari penciptaan alam semesta hingga berakhirnya kehidupan. Kita hidup sudah diatur oleh Allah dan sudah ditakdirkan oleh Allah. Meskipun kehidupan kita sudah ditakdirkan oleh Allah akan tetapi ada juga takdir Allah yang bisa dirubah.

Qada merupakan ketetapan Allah yang tidak bisa dirubah sedangkan Qadar merupakan ketetapan Allah yang yang bisa dirubah. Contoh takdir Allah yang tidak bisa diubah antara lain seperti jodoh rezeki, kematian, umur, dan yang lainnya. Namun kita masih bisa mengubah hal-hal seperti pekerjaan, kesempatan untuk mengubah diri, dan yang lain sebagainya.

Pastikan kita merupakan orang yang benar-benar beriman dan memenuhi rukun iman dengan sempurna. Jangan sampai kita mengaku beriman kepada Allah namun mengingkari akan adanya hari kiamat atau bahkan mengingkari Rasulullah. Semoga setiap hari Allah selalu memberi hidayah kepada kita sehingga selalu berada dalam jalan yang lurus hingga mendapat kebahagiaan di akhirat nanti.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!