Gen Z Wajib Toleransi Agama, Ini Alasannya Menurut Islam

0
36

Gen Z – Gen Z disebut-sebut sebagai generasi yang tumbuh seiring dengan berkembangnya teknologi, internet dan media sosial. Lahir dan berkembang di era ini membuat generasi Z cenderung anti-sosial karena sudah menjadi pecandu teknologi. Sementara Negara Indonesia diisi oleh masyarakatnya yang menjunjung tinggi keberagaman.

Dari masa ke masa setiap generasi memiliki karakteristiknya masing-masing. Namun sebagai orang Indonesia yang berbudaya sudah sepatutnya kita tetap menanamkan sikap toleransi yang tinggi, khususnya generasi Z yang berbeda dengan generasi sebelumnya.

Sikap toleransi bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa mengenal batas waktu, tempat atau dengan siapa kita melakukannya. Tidak hanya tentang agama, ras, suku, budaya atau golongan, namun menghargai pemikiran pun termasuk dalam sikap toleransi.

Persoalan dalam generasi Z ini banyak terjadi di dunia teknologi. Contohnya saja maraknya berita yang menyinggung isu sara atau pun ujaran kebencian, hal ini menunjukan sikap toleransi tidak hanya harus ditanamkan dalam bersosialisasi dengan sekitar namun juga di dunia teknologi.

Dengan banyaknya isu-isu yang tidak bertanggung jawab atau hoaks, kita harus pandai memilih mana berita yang patut untuk dikonsumsi. Hal ini sangat penting karena dengan mempunyai idealisme dan sikap toleransi, maka tidak mudah terpengaruh dengan paham radikal.

Toleransi Dalam Pandangan Islam, Gen Z Wajib Tahu

Sobat Cahaya Islam, sikap toleransi juga tidak luput dari ajaran Islam. Hal ini sudah ditunjukan oleh Nabi Muhammad SAW saat membangun negara Madinah. Setibanya di Madinah, Rasulullah menjumpai adanya keberagaman baik etnis maupun agamanya, seperti Yahudi, Nasrani bahkan musyrikin.

Atas dasar itulah Rasulullah SAW membangun Piagam Madinah, yakni sebagai lambang sikap toleransi. Dalam Piagam Madinah terdapat penegasan-penegasan mengenai toleransi beragama, sikap tolong menolong tanpa memandang etnis maupun agama. Hal ini sesuai dengan ayat berikut:

لَآ اِكْرَاهَ فِى الدِّيْنِۗ قَدْ تَّبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ ۚ فَمَنْ يَّكْفُرْ بِالطَّاغُوْتِ وَيُؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقٰى لَا انْفِصَامَ لَهَا ۗوَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

“Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (Islam), sesungguhnya telah jelas (perbedaan) antara jalan yang benar dengan jalan yang sesat. Barang siapa ingkar kepada Tagut dan beriman kepada Allah, maka sungguh, dia telah berpegang (teguh) pada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS Al-Baqarah:256)

وَمِنْهُمْ مَّنْ يُّؤْمِنُ بِهٖ وَمِنْهُمْ مَّنْ لَّا يُؤْمِنُ بِهٖۗ وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِيْنَ

“Dan di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepadanya (Al-Qur’an), dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Sedangkan Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS Yunus:40)

Manfaat Toleransi Dalam Pandangan Islam

1. Mempererat Silatuhrami

Islam tidak membatasi umatnya dalam bersosialisasi. Bahkan dalam ajaran Islam, umat muslim wajib mempererat silatuhrahmi tanpa memandang golongan apapun selama tidak melanggar laranganNya. Jika umat manusia tidak melakukan silaturahmi maka tidak akan tercipta sikap toleransi atau pun tolong menolong sesama manusia.

2. Menghindari Perpecahan

Dengan sikap toleransi kita bisa melatih diri agar memaklumi perbedaan. Terlebih lagi di Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan agama yang rentan terjadi pergesekan dalam masyarakat. Sehingga sebisa mungkin kita membiasakan diri untuk bersikap toleransi.

3. Meningkatkan Rasa Persaudaraan

Belajar bersikap toleransi akan membiasakan kita untuk selaing menghargai pada setiap orang. Memperkuat hubungan antar manusia, sehingga meski dalam perbedaan pun kita tetap damai dan sentosa.

4. Perkembangan Negara

Selain terlaksananya program-program pemerintah, masyarakat yang saling bertoleransi juga menjadi kunci keberhasilannya suatu negara. Toleransi akan menciptakan rasa aman dan damai sehingga akan berpengaruh pada perkembangan dan kesuksesan negara.

5. Meningkatkan Keimanan

Apapun agamanya, pasti akan mengajarkan kebaikan pada umatnya. Semua agama pasti akan menerapkan sikap toleransi, terutama agama Islam. Dengan menerapkan toleransi makan akan terwujudnya persatuan.

Sobat Cahaya Islam betapa indahnya sikap saling menghormati dalam kehidupan. Karena akan terciptanya kehidupan yang nyaman dan aman. Sikap toleransi harus dipupuk sejak dini terutama Gen Z yang menjadi generasi melek teknologi.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!