Burger King Berikan Solidaritas, Ini Bukti Islam Agama yang Penuh Solidaritas

0
185

Burger King – Salah satu bisnis makanan yang merambah di Indonesia, dan baru-baru ini media digemparkan oleh aksinya yang meminta untuk membeli produk makanan dari bisnis lain. Seperti halnya, McD, KFC, hingga bisnis makanan lokal Indonesia ada  sate, bakso, sampai warung sederhana.

Sebab hal ini membuat nilai lebih dari masyarakat terhadap Burger King yang mengajak saling membantu dengan membeli produk makanan mengingat sedang berada di masa pandemi. Benarkah ini bentuk solidaritas dalam bisnis? Ataukah hanya sebuah strategi marketing untuk menarik konsumen?

Solidaritas atau sikap saling senasib seperjuangan dalam kehidupan. Manakala mengingat pada hakikatnya memang manusia tidak mampu hidup sendiri, seindividualisme seseorang tidak mungkin bisa lepas dari uluran tangan manusia. Maka dari itu, solidaritas penting.

Sobat Cahaya Islam, Islam agama yang memperjuangkan kepentingan bersama (maslahat umat). Maka tentu muslim perlu saling memiliki nilai solidaritas. Di mana setiap muslim satu dengan yang lain ibarat satu tubuh yang saling berhubungan satu sama lain.

Terkait solidaritas dan bagaimana hubungan antara muslim satu dengan lainnya dekat, sebagaimana dalam Al-Qur’an surah Al-Hujurat ayat sepuluh sebagai berikut.

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Artinya: Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. (QS. Al-Hujurat:10)

Berdasarkan ayat di atas tertuang bahwa setiap orang yang beriman itu saudara, sehingga Allah SWT memerintahkan untuk memperbaiki hubungan antar umat.

Adapun terkait solidaritas, Islam agama yang penuh pembenaran mari kita bahas bersama bukti-bukti Islam agama yang menjunjung solidaritas.

Solidaritas dari Aksi Burger King, Ini Bukti Islam Agama yang Penuh Solidaritas

Suatu pernyataan akan lebih kuat dan diakui kebenarannya ketika bukti terpampang jelas. Sehingga bukan ujaran saja namun juga perlakuan.

  1. Toleransi dalam Beragama

Hal yang paling terlihat jelas yakni toleransi dalam beragama, setiap muslim dianjurkan saling membantu kepada semua umat manusia tanpa pandang apa agamanya dengan ketentuan tidak masuk dalam ranah kepercayaan.

Dalam artian ini solidaritas terkait toleransi terhadap sesama dalam bidang muamalah saja (perniagaan, pendidikan, bisnis usaha, dan lainnya).

  1. Adanya Zakat

Zakat adalah hal yang perlu diberikan umat Islam kepada pihak yang berwenang mendapatkan (8 golongan mustahik), sehingga setidaknya bisa membantu orang yang membutuhkan.

  1. Diperintahkannya Puasa

Salah satu keutamaannya puasa yaitu bisa merasakan seperti orang yang tidak mampu makan. Sebab, di luar sana ada orang yang tidak mampu makan barang sehari sesuap nasi, dengan berpuasa diharapkan bisa memberi rasa empati.

Tidak hanya itu, juga bisa membuat hati terketuk untuk memberikan bagian makanan kepada orang yang kelaparan.

  1. Anjuran Berkurban

Berkurban bisa menjadi kesempatan langka yang didamba kaum yang tidak mampu untuk makan daging. Tidak seperti orang yang berkantong tebal bisa tiap hari makan daging tanpa peduli waktu.

  1. Hubungan dengan Tetangga

Muslim yang sedang memasak dan bau makanannya terhirup sampai ke tetangga, Islam menganjurkan untuk membagi makanan dengan tetangga. Begitu pun, ketika ada pohon berbuah jatuh ke pekarangan tetangga maka halal bagi tetangganya.

Sobat Cahaya Islam, itu lima bukti Islam agama yang penuh solidaritas. Semoga kita dapat meniru Burger King terkait solidaritas yang tidak menjatuhkan pesaing, melainkan saling memberi dukungan. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY