Jadwal Puasa Ramadhan 2021, Inilah Cara Menyambut Bulan Suci Ramadhan!

0
32

Jadwal Puasa Ramadhan 2021 – Bulan yang ditungu-tunggu akan segera tiba, Jadwal Puasa Ramadhan 2021 akan segera diterbitkan. Penetapan tanggal 1 Ramadhan mengacu pada hasil sidang isbat yang akan segera diumumkan pada tanggal 12 April 2021, tepatnya pada hari Senin besok. Siding isbat ini digelar secara langsung oleh Kementerian Agama (Kemenag), sebagai langkah untuk menetapkan 1 Ramadhan di tahun 1442 H.

Sobat Cahaya Islam, bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Banyak keistimewaan yang bisa diraih di bulan Ramadhan. Maka dari itu, selaku muslim yang baik hendaknya menyambutnya dengan suka cita. Adakah cara yang tepat untuk menyambut bulan suci Ramadhan?

Cara Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Indonesia yang mayoritas penduduknya merupakan muslim, tentu bulan Ramadhan menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu. Terdapat kehangat tersendiri yang disuguhkan bulan suci nan berkah ini. Berbagai amalan bisa dilakukan guna meraih pahala dari Allah SWT. Lalu, bagaimana cara untuk menyambut bulan suci Ramadhan?

1.   Memperbanyak Berdoa

Bulan suci Ramadhan yang akan segera tiba, hendaknya disambut dengan banyak berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa. Hal ini dicontohkan oleh para sahabat, untuk lebih banyak berdoa ketika Ramadhan akan tiba. Kebiasaan ini tentunya patut dicontoh oleh kaum muslimin. Adapun doa yang populer dilantunkan yakni sebagai berikut:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

“Doa ini dari Imam Ahmad meriwayatkan hadits tersebut dalam kitab Zawa-id al-Musnad (no. hadits: 2346), diriwayatkan pula oleh ath-Thabarani dalam kitab Al-Ausath (no. 3939), al-Baihaqi dalam kitab Asy-Sya’bu (no. 3534), dan Abu Nu’aim dalam kitab ­Al-Hilyah “(6/269).

2.   Senantiasa Berdzikir

Selanjutnya, berdzikir kepada Allah SWT adalah cara yang tepat untuk menyambut bulan Ramadhan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk senantiasa mengingat Allah SWT.

3.   Giat Mendirikan Shalat Malam

Jangan lupa untuk lebih giat mendirikan shalat malam, seperti halnya  shalat Tahajud. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan intensitas ibadah seseorang. Selain itu, menjadi bekal untuk bisa beribadah di bulan suci Ramadhan dengan maksimal.

4.   Senantiasa Bertaubat

Bulan suci hendaknya disambut dengan hati yang bersih pula. Maka dari itu, sangat dianjurkan setiap umat muslim melakukan taubat dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Sebagaimana yang disuratkan dalam kitab Lathaaiful Ma’arif , Ramadhan diibaratkan sebagai waktu memanen. Setiap orang tentunya ingin mendapatkan hasil panen yang bagus dan banyak.

5.   Sambut dengan Kegembiraan

Cara lainnya yakni dengan menyambutnya penuh gembira. Meskipun pandemic COVID-19 belum berkahir. Hal ini tentunya tidak menjadi penghalang muslim untuk bisa menyambut bulan suci dengan penuh kegembiraan. Ketika memasuki bulan Ramadhan, selain dismabut dengan kegembiraan, lantunakn pula doa berikut ini:

 عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا رَأَى الْهِلاَلَ قَالَ : اللَّهُ أَكْبَرُ ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَم وَالتَّوْفِيقِ لِمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى ، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

“Dari Ibnu Umar dia berkata, bila Rasul melihat hilal dia berkata: ‘Allah Maha Besar. Ya Allah, jadikanlah hilal ini bagi kami membawa keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman dan taufik kepada yang dicintai Robb kami dan diridhai-Nya. Robb kami dan Robbmu (hilal) adalah Allah’.” (HR. Addaromi)”.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah cara yang bisa dilakukan untuk menyambut bulan Ramadhan yang akan segera tiba. Jadwal Puasa Ramadhan 2021, mari menunggu hasil sidang isbat yang dilakukan Kemeterian Agama. Hal ini sebagai wujud dari ketaatan seorang muslim pada pemimpinnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY