Buku Manajemen Masjid tentang Sejarah Pendirian Tempat Ibadah

0
80

Buku Manajemen Masjid merupakan sebuah buku yang menjelaskan tentang latar belakang hingga peranan masjid dalam kehidupan. Hal ini tentu saja akan menambah pengetahuan bagi umat muslim terkait keberadaan masjid.

Mengingat masih banyak yang berpikir bahwa masjid berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam saja. Padahal masjid bukan hanya tempat ibadah saja, tetapi juga berfungsi sebagai tempat pendidikan agama.

Namun kebanyakan masjid berfungsi sebagai tempat shalat serta dakwah. Hanya ada beberapa masjid yang berfungsi sebagai mana mestinya, yaitu sebagai tempat ibadah sekaligus tempat belajar agama Islam.

Buku Manajemen Masjid

Buku Manajemen Masjid

Sumber: Foto oleh Iva Prime: https://www.pexels.com/id-id/foto/bangunan-kubah-putih-di-bawah-langit-biru-2028187/

Masjid merupakan tempat ibadah umat muslim yang sekarang ini sudah berkembang dan ada di setiap tempat. Berdasarkan buku Manajemen Masjid, masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah saja, tetapi juga tempat pendidikan.

Menariknya masjid juga berfungsi sebagai tempat pelaksanaan berbagai kegiatan keagamaan seperti memperingati Tahun Baru Islam. Termasuk kegiatan kemasyarakatan hingga kegiatan-kegiatan pemerintah.

Apalagi sekarang ini jumlah masjid, baik musholla, langgar, atau surau sudah semakin bertambah banyak. Fungsinya hampir sama seperti masjid besar pada umumnya, kecuali pelaksanaan sholat Jum’at.

Hal ini yang membuat kepengurusan masjid atau tempat ibadah umat muslim lainnya tidak bisa menggunakan manajamen tradisional. Sekarang ini harus melalui perencanaan kegiatan yang lebih matang dan saling berkoordinasi.

Bukan hanya fungsi masjid, melalui Buku Manajemen Masjid, Sobat Cahaya Islam bisa mengetahui sejarah pembangunan masjid. Terutama proses pembangunan masjid di masa Nabi Muhammad SAW.

Menariknya lagi ada Gereja Atau Sophia paling populer yang menjadi masjid di Konstantinopel. Bahkan ada juga beberapa masjid terkenal dari Jakarta Indonesia, seperti Masjid Istiqlal.

Fungsi Masjid secara Garis Besar

Buku Manajemen Masjid

Secara umum, masjid berfungsi sebagai tempat menjalankan ibadah dan tempat berdoa kepada Allah SWT. Umat Islam perlu beribadah lima kali dalam sehari secara berjamaah di masjid terdekat.

Bukan hanya itu saja, tetapi berikut ini ada beberapa fungsi masjid secara garis besar yang sangat penting.

1. Tempat Beribadah

Bukan hanya umat muslim, banyak orang yang tahu bahwa masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam. Para muslimin bisa beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT di masjid.

2. Tempat Bermusyawarah

Selain itu, Sobat Cahaya Islam bisa menggunakan masjid sebagai tempat bermusyawarah dengan sesama kaum muslimin. Baik membahas hal-hal berkaitan dengan agama atau memecahkan persoalan-persoalan yang timbul.

3. Masjid untuk Membina Kesadaran

Banyak umat muslim yang memanfaatkan masjid sebagai tempat untuk membina kesadaran. Sehingga akan mendapatkan pengalaman untuk jiwa dan raga yang utuh serta seimbang.

4. Membina Keutuhan Ikatan Jamaah

Masjid sangat berperan besar dalam membina keutuhan ikatan para jamaah umat Islam yang melakukan ibadah. Selain itu, di masjid para umat muslim bisa saling bergotong royong untuk mewujudkan kesejahteraan bersama.

5. Tempat Berkonsultasi

Biasanya umat muslim yang merasa bingung dengan kehidupan yang dijalani akan pergi ke masjid untuk menenangkan hati. Bahkan masjid bisa menjadi tempat berkonsultasi, meminta bantuan dan pertolongan Allah SWT.

Tidak hanya fungsi masjid, sebenarnya masih banyak hal lain dalam Buku Manajemen Masjid. Hanya saja Sobat Cahaya Islam perlu tahu bahwa fungsi masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah saja.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY