Jelang Ramadhan? Intip Rahasia Tetap Sehat Saat Puasa

0
104
Jelang Ramadhan, Begini Rahasia Tetap Sehat

Jelang ramadhan – Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Bulan yang sangat dinantikan oleh semua umat muslim. Di bulan ramadhan, semua umat muslim akan melaksanakan puasa. Semua orang akan berlomba dalam kebaikan dan memperbanyak amalan. Untuk menyambut bulan yang bulan penuh berkah, sudah pasti anda harus dalam keadaan sehat. Sehingga dapat menunaikan puasa dengan baik. Lalu bagaimana rahasia agar badan tetap sehat saat menjalankan puasa? Intip yuk rahasianya sobat cahaya islam.

Dalam menjalankan ibadah puasa, anda tentu harus menjaga kesehatan tubuh. Agar puasa yang anda jalankan ini berjalan dengan lancar, maka penting untuk menjaga imun tubuh. Sehingga tidak mudah sakit tentunya. Apalagi puasa adalah menahan lapar dan haus mulai dari pagi hingga sore hari. Jika kita tidak pandai menjaga kesehatan tubuh, maka yang terjadi anda mungkin justru akan jatuh sakit. Oleh karena itu, anda mungkin perlu tips berikut untuk tetap sehat saat puasa.

Pentingnya Jaga Tubuh Tetap Sehat Jelang Ramadhan, Bagaimana Caranya?

Kesehatan merupakan bagian penting yang harus diperhatikan dan dijaga. Apalagi sehat itu mahal harganya, jadi memastikan bahwa tubuh tetap sehat adalah bentuk rasa sayang terhadap diri sendiri. Jelang bulan puasa ini, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari mental, kesiapan diri, hingga kesehatan tubuh. Pastikan kita menyambut bulan puasa dengan perasaan yang baik dan kondisi tubuh yang sama baiknya juga.

Jelang Ramadhan, Tidur Cukup Jadi Rahasia Tetap Sehat Saat Puasa

Pola Tidur Yang Teratur

Untuk tetap dalam kondisi yang fit, yang harus diperhatikan adalah pola tidur. Kualitas tidur yang cukup ini memiliki peranan penting untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Sehingga anda tidak mudah sakit dan tetap bugar meskipun sedang menjalankan ibadah puasa. Jangan sampai kurangnya waktu tidur justru membuat puasa yang dijalankan terasa berat. Untuk rahasia pertama untuk tetap sehat saat puasa adalah dengan mengatur pola tidur dengan baik dan juga waktu yang cukup.

Jangan Makan Makanan Berlebihan

Jelang Ramadhan Siapkan Tubuh Agar Tetap Sehat

Rahasia untuk tetap sehat saat puasa juga terletak pada makanan yang kita makan. Bukan hanya sekedar pentingnya makan makanan yang bergizi. Namun kita juga harus memastikan bahwa porsi makan kita cukup. Untuk menjaga kesehatan tubuh, asupan makanan sangat menentukan agar daya tahan tubuh pun juga terjaga. Dalam ketentuan agama islam, kita tidak dianjurkan makan secara berlebihan. Sehingga saat puasa bukanlah waktu untuk makan berlebih-lebihan. Kita harus tetap makan dengan porsi yang cukup saja.

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

Perbanyak Minum Air Putih

Jelang Ramadhan Perbanyak A

Untuk membantu tubuh tetap sehat saat puasa, mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh ini sangat penting. Jika sudah mengatur pola tidur teratur, makan makanan bergizi dan tidak berlebihan, maka yang selanjutnya perbanyak air putih. Sobat cahaya islam bisa minum banyak air putih saat sahur dan berbuka. Ini untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar tidak lemas saat menjalankan ibadah puasa.

Jelang ramadhan – menjaga tubuh tetap sehat ini sangat penting saat puasa. Apalagi asupan makanan yang masuk dalam tubuh akan berkurang. Sehingga pastikan bahwa makanan yang dikonsumsi bergizi dan mencukupi kebutuhan tubuh.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-A’raf Ayat 31

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!