Hal-hal Yang Membatalkan Puasa, Jangan Sampai Lakukan 8 Hal Ini!

0
80
hal-hal yang membatalkan puasa

Hal-hal Yang Membatalkan Puasa – Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus dari terbit fajar sampai terbenam. Menahan segala godaan nafsu atau syahwat termasuk dalam rukun puasa. Setiap yang berpuasa juga harus menjauhi dari perbuatan yang bisa membatalkan puasa.

Sobat Cahaya Islam, tahukan kalian hal-hal yang membatalkan puasa? Sebagai muslim kita harus tahu, supaya puasa kita tidak batal oleh hal-hal tersebut.

Apa Saja Hal-hal yang membatalkan puasa?

1. Memasukkan Sesuatu Ke Dalam Lubang Tubuh Secara Sengaja

Memasukkan apapun ke dalam lubang tubuh seperti hidung, mulut, telinga sampai melewati batas yang ditentukan dapat membuat puasa batal. Sebelum melewati batas tersebut maka puasa belum batal. Bisa kita ambil contoh, ketika memasukkan benda dalam mulut, tapi belum melewati tenggorokan, maka puasa tetap sah.

hal-hal yang membatalkan puasa

2. Muntah Disengaja

Sobat Cahaya Islam, muntah secara di sengaja juga masuk ke dalam hal-hal yang membatalkan puasa. Tetapi jika seseorang muntah dengan tiba-tiba atau tidak di sengaja maka puasanya tetap sah. Kalau ada muntahan yang tertelan secara sengaja maka puasa tersebut batal.

3. Melakukan Jima’ (Hubungan Badan)

Terdapat larangan bagi suami-istri untuk berkumpul atau melakukan hubungan badan di siang hari saat puasa. Jima’ saat puasa dapat membatalkan puasa. Jika sepasang suami istri melakukan jima’ saat puasa, maka puasanya batal. Di samping itu mereka juga akan dikenakan denda.

Denda yang dimaksud yaitu, berpuasa selama 2 bulan selama berturut-turut. Jika tidak mampu, maka harus memberikan makanan pokok senilai satu mud. Satu mud sama dengan 0.6 kg beras atau 2/4 liter beras. Denda diberikan untuk menebus dosa melakukan jima saat puasa.

Sepasang suami-istri baru boleh berhubungan badan atau jima setelah waktu buka puasa/saat matahari terbenam atau di malam hari. Di siang hari jelas tidak boleh, apabila dilakukan maka puasanya batal dan akan mendapatkan denda seperti yang sudah dijelaskan.

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.”(QS. Al-Baqarah ayat 187)

4. Memasukkan Benda/Obat Ke Dalam Lubang Dubur atau Qubul

Mengobati dengan cara memasukkan suatu benda atau obat melalui dua lubang; qubul dan dubur ada hal yang membuat puasa batal. Apapun alasannya termasuk pengobatan tindakan semacam itu bisa membatalkan puasa.

5. Keluarnya Air Mani (Sperma)

Air mani yang keluar karena mimpi basah atau bersentuhan kulit tanpa berhubungan badan atau melakukan onani maka puasanya batal. Sedangkan, kalau air mani yang keluar disebabkan oleh mimpi basah, puasanya tetap sah

hal-hal yang membatalkan puasa

6. Haid atau Nifas

Hal yang dapat menyebabkan batalnya puasa selanjutnya adalah mengalami haid atau nifas. Bagi perempuan yang mengalami haid atau nifas saat puasa, maka ia wajib untuk mengqadha atau mengganti puasanya di lain hari.

Kalau untuk ibadah shalat, seseorang yang berada pada masa nifas atau haid tidak diwajibkan untuk mengganti shalatnya. Juga ia tidak diperbolehkan untuk melaksanakan shalat.

7. Penyakit Gila

Seseorang yang tengah puasa kemudian tiba -tiba ia gila atau junun, puasanya tersebut batal atau tidak sah. Syarat sah puasa adalah bahwa seseorang tidak gila alias waras, sehat mental dan psikologinya.

hal-hal yang membatalkan puasa

8. Murtad

Murtad atau keluar dari  agama Islam saat puasa maka secara langsung hukum puasanya batal. Orang murtad jelas mengingkari akan keesaan Allah Ta’ala sebagai satu-satunya Tuhan. Selain puasanaya batal ia juga harus bersyahadat lagi jika mau masuk Islam kembali.

Sekarang Sobat Cahaya Islam sudah tahu hal-hal yang membatalkan puasa. Kita wajib tahu apa saja yang membatalkan puasa kita, supaya puasa ramadhan kita diterima oleh Allah dan mendapatkan pahala dari Allah. Selamat menjalankan puasa ramadhan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!