Merayakan Nuzulul Quran, Lakukan 4 Amalan Ini!

0
289
merayakan nuzulul Quran

cahayaislam.id – Nuzulul Quran adalah sebuah peristiwa diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW yakni pada malam 17 Ramadhan. Setiap tanggal itu pula, umat Muslim senantiasa merayakan nuzulul Quran dari tahun ke tahun.

Alquran memiliki masa di mana saat diturunkannya dalam bentuk keseluruhan, serta sifatnya tidak tersentuh oleh siapa pun, selain oleh orang yang telah disucikan Allah SWT.

Alquran pertama kali turun dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah di langit bumi, kemudian Allah SWT menurunkannya dari langit bumi kepada Rasulullah SAW secara berangsur-angsur dan bertahap.

Lafadz serta makna dari Alquran diturunkan selama kurang lebih 23 tahun. Yakni 13 tahun di Makkah dan 10 tahunnya di Madinah.

Dalam sejarah Islam, momen ini sangat istimewa. Maka dari itu, banyak yang berlomba-lomba untuk memanfaatkannya dengan memperbanyak amalan baik yang hukumnya sunnah.

Sebagaimana firman Allah SWT pada QS. Al-Anfal ayat 41:

وَاعْلَمُوْٓا اَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَاَنَّ لِلّٰهِ خُمُسَهٗ وَلِلرَّسُوْلِ وَلِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَابْنِ السَّبِيْلِ اِنْ كُنْتُمْ اٰمَنْتُمْ بِاللّٰهِ وَمَآ اَنْزَلْنَا عَلٰى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعٰنِۗ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

“Dan ketahuilah, sesungguhnya segala yang kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak yatim, orang miskin dan ibnu sabil, (demikian) jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqan, yaitu pada hari bertemunya dua pasukan. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

4Amalan Baik dalam Merayakan Nuzulul Quran 17 Ramadhan

Nah, Sobat Cahaya Islam, berikut ini adalah beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan pada malam Nuzulul Quran. Apa saja?

1.      Membaca dan Tadaburi Alquran

merayakan nuzulul Quran

Membaca serta meneladani kandungan yang ada di dalam Alquran adalah salah satu hal yang bisa dilakukan dalam merayakan momen turunnya kitab suci umat Islam tersebut.

Sebab kewajiban kita bukan hanya membaca, namun juga memahami apa makna yang tersirat di setiap ayat-ayatnya. Yang paling penting, harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Alquran senantiasa memberikan kita petunjuk dalam menjalani kehidupan, baik di dunia maupun di akhirat, agar kita tidak tersesat ke jalan yang salah.

2.      Shalat Malam

merayakan nuzulul Quran

Menunaikan ibadah shalat malam juga menjadi amalan baik yang bisa dilakukan saat Nuzulul Quran. Shalat malam adalah yang paling baik dilakukan setelah melakukan shalat wajib.

Faedah shalat malam yakni untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala, menghapuskan segala kesalahan serta mencegah kita dari perbuatan yang dihukumi dosa.

3.      Iktikaf

Dalam mengisi malam Nuzulul Quran, kita juga bisa iktikaf atau berdiam diri di masjid.

Hal ini sangat dianjurkan sebab merupakan salah satu ibadah sunnah yang biasanya dilakukan oleh Rasulullah SAW pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Amalan ini pun, dilakukan semata-mata dengan niat beribadah kepada Allah SWT. Tak hanya itu, iktikaf juga bisa menjadi sarana intropeksi diri atas segala perbuatan dosa di masa lalu.

Selama beriktikaf, kita bisa mengisinya dengan membaca Alquran dan memperbanyak dzikir.

4.      Berdoa

Pada malam Nuzulul Quran, alangkah baiknya kita memanjatkan doa dengan harapan semoga diijabah oleh Allah dan diberikan ampunan atas segala kesalahan yang pernah kita perbuat.

Memanfaatkan momen istimewa ini juga banyak sekali faedah yang bisa kita rasakan, salah satunya adalah seolah terasa dekat dengan Sang Khalik.

Oleh sebab itu, jangan sia-siakan malam Nuzulul Quran setiap tahunnya. Kita tidak pernah tahu apakah di tahun selanjutnya masih bisa dipertemukan dengan bulan Ramadhan lagi atau tidak.

Demikian di atas adalah ulasan mengenai beberapa amalan baik yang bisa dilakukan dalam merayakan Nuzulul Quran pada tanggal 17 Ramadhan. Semoga artikel ini bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY