5 Cara Memelihara Ibadah Pasca Ramadhan

0
68
ibadah pasca ramadhan

cahayaislam.id – Setelah Ramadhan berakhir, terkadang semangat beribadah pun ikut menurun. Maka dibutuhkan beberapa cara untuk menjaga ibadah pasca ramadhan agar tetap konsisten.

Menjalankan perintah Allah SWT merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan dengan istiqomah.

Sehingga ketika bulan suci Ramadhan berlalu, tidak ada alasan apapun yang bisa mengubah kualitas ibadah kita kepadaNya.

Dalam memeliharanya, maka dibutuhkan pula niat yang sangat besar.

Tentunya, menata niat bukan hal yang mudah, apalagi akan banyak godaan yang mengecoh kita untuk mulai mengendorkan ibadah yang sudah susah payah kita jalankan selama ini.

5 Cara Memelihara Ibadah Pasca ramadhan

Nah, Sobat Cahaya Islam, berikut ini adalah cara yang tepat untuk membantu kita dapat memelihara ibadah setelah bulan Ramadhan berlalu. Apa saja?

1.      Berbuat Baik Setiap Hari

ibadah pasca ramadhan

Yang pertama, untuk bisa membuat ibadah tetap terjaga bahkan setelah Ramadhan berakhir adalah dengan terus melakukan kebaikan. Minimal satu kebaikan di setiap harinya.

Berbuat baik pun tidak harus dengan bentuk yang besar, bahkan bisa dimulai dengan hal-hal sederhana namun banyak manfaatnya.

Allah SWT sangat mencintai apa saja perbuatan baik yang dilakukan secara istiqomah atau teratur. Meskipun itu nilainya kecil.

2.      Membaca Alquran Setiap Hari

ibadah pasca ramadhan

Selama Ramadhan, salah satu kegiatan ibadah yang paling sering dilakukan adalah membaca Alquran. Tidak sedikit yang bisa mengkhatamkan 30 juz dalam satu bulan saja.

Nah, usai Ramadhan berlalu, maka semangat membaca Alquran pun tidak boleh kendor ya. Harus tetap dijaga dan bisa ditingkatkan lagi.

Namun, jika intensitasnya mulai berbeda, maka yang terpenting adalah konsistensi dalam menjalankannya.

Minimal, membaca satu lembar  atau satu halaman Alquran setiap harinya. Hal ini pastinya cukup mudah, bukan?

3.      Berdoa dengan Keikhlasan

Cara agar bisa menjaga semangat ibadah setelah Ramadhan adalah dengan terus berdoa setiap hari. Allah SWT berfirman:

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.” (QS. Al-Baqarah:186)

Dengan senantiasa berdoa, maka kita akan terus merasa dekat dengan Allah SWT.

Kita juga bisa memanjatkan apapun, baik itu memohon ampunan, berkeluh kesah, meminta petunjuk, hingga membagikan seluruh perasaan terdalam kepadaNya.

4.      Beramal

Selanjutnya, beribadah yang bisa terus dilakukan kapan saja adalah beramal. Dengan beramal, kita akan selalu memiliki rasa syukur atas segala pemberian Allah SWT.

Selain itu, berbagi kepada orang-orang yang lebih membutuhkan juga menjadi kebahagiaan tersendiri. Allah SWT pun berjanji akan mengganti rezeki yang kita bagikan kepada orang lain dengan rezeki lain yang tentunya lebih baik.

Tidak harus dengan jumlah yang besar, namun meskipun kecil berapapun nominalnya yang terpenting adalah secara teratur.

5.      Lakukan Puasa Sunnah

Sebagaimana ini juga merupakan sunnah Rasulullah SAW. Beliau rutin melakukan puasa sunnah. Ada banyak sekali jenis puasa sunnah yang bisa kita pilih, mulai dari puasa 6 hari di bulan syawal, hingga puasa senin-kamis.

Salah satu faedah yang bisa didapat adalah, puasa membuat kita bisa mengendalikan kecintaan pada urusan duniawi. Kita juga bisa ikut merasakan penderitaan orang yang miskin dan mereka yang hidupnya menanggung kekurangan.

Demikian di atas adalah ulasan mengenai cara memelihara ibadah pasca ramadhan. Semoga artikel ini bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY