Wajib Tahu! 4 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

0
163
amalan sunnah

Amalan Sunnah – Bagi kaum muslimin, bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa untuk melakukan ibadah wajib, termasuk menambah amalan Sunnah. Sebab kedua amalan tersebut, baik wajib dan Sunnah sama – sama dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Sobat Cahaya Islam, seharusnya pahala tersebut tidak menjadi acuan dalam beribadah termasuk melakukan amalan Sunnah. Tetap fokus untuk meraih ridho Allah SWT semata. Pahala yang didapatkan hanyalah bonus yang diberikan. Hal ini akan menjadikan kaum muslimin lebih giat lagi memaksimalkan amalannya.

Apa Keutamaan Kaum Muslimin yang melakukan Amalan Sunnah?

Keutamaan yang Allah SWT berikan bagi kaum muslimin yang melakukan amalan Sunnah dengan ikhlas, menjadi rahasia sang Khaliq. Hanya saja, tentu Allah SWT akan menjamin dan senantiasa melindungi hambaNya yang ikhlas beribadah. Selain itu, Allah SWT pun juga akan mengabulkan permintaan baik mereka.

4 Amalan Ramadhan yang Menyempurnakan Ibadah

1. Makan Sahur

Bagi sebagian kaum muslimin, sahur adalah hal yang sangat berkaitan dengan berpuasa. Pasalnya, tanpa sahur puasa kadang kurang afdhal. Namun, seiring berjalannya waktu sahur sendiri menjadi waktu yang kadang mudah ditinggal kaum muslimin.

Hal tersebut terjadi karena beberapa hal. faktor yang paling sering terjadi yakni telat sahur. Selain itu, ada sebagian kecil yang memang merencanakan untuk tidak makan di waktu sahur.

Keputusan tersebut sangat disayangkan dan membuat rugi. Sebab makan sahur adalah amalan Sunnah yang sangat dianjurkan. Bahkan di waktu sahur jugalah permintaan do’a kaum muslimin dikabulkan.

Hal ini sesuai dengan penyampaian Rasulullah dalam haditsnya yakni :

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095).

2. Bersedekah

Mendermakan harta di jalan Allah SWT adalah amalan Sunnah favorit di Bulan Ramadhan. Sebagian besar kaum muslimin telah menyadari hal tersebut sehingga banyak yang berlomba – lomba untuk melakukan sedekah.

Sedekah sendiri bisa dilakukan dalam berbagai hal misalnya berupa uang, memberi makanan bahkan sampai berbagi makan sahur. Hal tersebut juga merupakan aktivitas yang dicintai Allah SWT.

3. Tadarus Al-Qur’an

sobat cahaya islam tahu ngga nih kalau bulan Ramadhan juga dikenal dengan bulan turunnya Al Qur’an loh!. Tentu hal tersebut menjadikan kaum muslimin berbondong – bondong untuk segera mengkhatamkan bacaan AlQur’annya. Selain itu, tadarus sendiri juga menjadikan kaum muslimin lebih dekat dengan buku panduan hidupnya.

Tadarus juga menjadikan kaum muslimin dekat dengan sesama saudara lainnya. Biasanya, di kampung tadarus dilakukan di waktu pagi hari dan malam harinya. Tentu, hal ini malah semakin menjadikan desa – desa lebih bercahaya karena bacaan AlQur’an para umat muslim.

4. Iktikaf

Selain ketiga hal diatas, biasanya di 10 malam terakhir, kaum muslimin sering melakukan safari ke masjid – masjid untuk melakukan iktikaf. Iktikaf sendiri sagat dianjurkan oleh Rasulullah untuk memaksimalkan amalan Ramadhan.

Pasalnya, bulan Ramadhan akan segera berlalu sehingga kaum muslimin harus mampu mengencangkan diri di 10 malam terakhirnya. Bahkan, di kesepuluh terakhir hari tersebut terdapat malam yang lebih mulia dari seribu bulan, yakni malam Lailatul Qadar.

Nah Sobat Cahaya Islam, itu tadi beberapa amalan Sunnah yang bisa dimaksimalkan saat bulan Ramadhan. Kaum muslimin akan sangat merugi apabila tidak berusaha melakukannya. Pasalnya, keempat amalan rekomendasi tersebut sama sekali tidak sulit untuk dilakukan. Semangat!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY