Tanggal 14 Oktober adalah Hari Penglihatan Sedunia, Ini Cara Mensyukuri Nikmat Allah dalam Islam

0
488
tanggal 14 Oktober

Tanggal 14 Oktober– Diperingati sebagai hari penglihatan sedunia pada tanggal 14 Oktober. Adanya peringatan ini ditujukan untuk menanamkan kesadaran pada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan pada mata. Selain itu, adanya peringatan hari penglihatan sedunia juga untuk mengingatkan banyaknya orang yang mengalami gangguan penglihatan.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan kepada kita. Salah satunya seperti mata. Mata kita gunakan untuk melihat indahnya dunia dan kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar kita. Tanpa adanya mata, maka kita hanya melihat gelapnya dunia ini.

Adanya mata yang dapat kita gunakan untuk melihat juga mempermudah pekerjaan kita di bumi ini. Namun, kita mengetahui bahwa manusia pada zaman sekarang ini sering menggunakan penglihatannya untuk melihat hal-hal yang diharamkan oleh Allah dan tidak bersyukur atas nikmat penglihatan yang diberikan-Nya. Lalu, bagaimana cara mensyukuri nikmat Allah?

Cara Mensyukuri Nikmat Allah dalam Islam Pada Tanggal 14 Oktober

Hari penglihatan sedunia yang diperingati setiap tanggal 14 Oktober merupakan salah satu bentuk upaya untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kesehatan mata. Jika mata tidak sehat, maka dapat mengganggu aktivitas yang lainnya. Oleh karena itu, kita harus bersyukur dengan salah satu nikmat Allah yang satu ini.

Sebab, jika tidak ada mata, maka kita pun tidak dapat melihat indahnya dunia dan kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Adapun cara mensyukuri nikmat Allah dalam Islam, diantaranya:

1. Ingat Nikmat Allah

Salah satu cara bersyukur kepada Allah yaitu dengan ingat akan semua nikmat-nikmat yang telah Allah berikan. Banyak manusia yang merasakan nikmat dari Allah, tetapi mereka lupa cara mensyukurinya. Contohnya, mata yang digunakan untuk melihat oleh manusia. Manusia selalu menggunakannya, tetapi seringkali mereka lupa cara menjaga dan mensyukurinya.

اذۡكُرُوۡنِىۡٓ اَذۡكُرۡكُمۡ اشۡکُرُوۡا لِىۡ لَا

Artinya:

Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku. (Q.S. Al-Baqarah:152)

Oleh karena itu, tanggal 14 Oktober yang merupakan hari penglihatan sedunia penting untuk diadakan. Sebab, hari penglihatan sedunia diadakan untuk mengingatkan secara umum tentang pentingnya menjaga mata. Selain itu, adanya hari tersebut juga dapat mengingatkan kita untuk bersyukur karena memiliki mata yang dapat digunakan untuk melihat.

2. Berbuat Baik Kepada Orang Lain

Cara bersyukur yang lainnya seperti berbuat baik kepada orang lain dengan ikhlas dan tanpa ada paksaan dari siapapun. Contohnya seperti membantu orang tua untuk menyebrangi jalan atau bersedekah.

tanggal 14 Oktober

Cara yang satu ini paling disukai oleh Allah karena berbentuk perbuatan yang dilakukan secara langsung tanpa adanya riya’.

3. Menjaga Nikmat yang Diberikan Oleh Allah

Selain itu, menjaga nikmat yang diberikan oleh Allah juga merupakan salah satu cara untuk mensyukuri nikmat Allah. Contohnya seperti menjaga kesehatan mata dengan banyak memakan makanan mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

tanggal 14 Oktober

Adanya peringatan akan diadakan tanggal 14 Oktober tentang hari penglihatan sedunia mengingatkan agar masyarakat menjaga kesehatan mata milik mereka.

Sebab, semua hanya akan terasa gelap bila mata tidak dapat digunakan untuk melihat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap menjaga dan merawat kesehatan mata kita dengan baik.

Itulah cara mensyukuri nikmat Allah dalam Islam pada tanggal 14 Oktober. Semoga kita termasuk dalam orang-orang yang selalu mensyukuri nikmat Allah. Amiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY