Easy On Me, Tips Dengarkan Lagu Bagi Umat

0
882
Easy On Me

Easy On Me – Siapa sih yang tak tahu Adele? Salah satu penyanyi kancah internasional yang mampu menarik jutaan penggemar terutama dengan lagu Easy On Me.

Lagu ini telah rilis di hari Sabtu tepatnya 16 Oktober 2021 lalu. Saking dalamnya makna lagu tersebut, di hari rilisnya mampu menyita perhatian sampai trending di berbagai kanal media.

Sobat Cahaya Islam, melambungnya lagu Easy On Me di seantero negeri mengindikasikan betapa sebagian umat sangat menyenangi lagu bergenre tersebut.

Apa Makna Lagu Easy On Me?

Easy On Me, lagu terbaru Adele ternyata menceritakan tentang kronologi perceraian antara dia dan mantan suaminya yakni Simon Konecki. Tentu, lagu ini mampu membawa para pendengar ikut merasakan kesedihan akibat gagalnya pernikahan kedua insan tersebut.

Selain itu, liriknya juga ternyata menarik. Memang, kualitas lirik dalam lagu – lagu Adele tak perlu diragukan lagi.

Selain Adele, rata – rata penyanyi baik dari kelas internasional maupun nasional sekalipun juga senantiasa menjadikan fakta kehidupan sebagai inspirasi untuk menciptakan lagu.

Ada yang berasal dari kehidupannya sendiri dan ada juga yang melihat dari kehidupan orang lain.

Bagaimana Hukum Islam tentang Mendengarkan Musik?

Sobat Cahaya Islam, idealnya sebagai umat muslim harus senantiasa melandaskan seluruh aktivitas pada syariat termasuk mendengarkan musik.

Ada beberapa pendapat mengenai musik sendiri menurut berbagai ulama’. Sebagian ulama’ ada yang mewajibkan untuk meninggalkan musik. Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala yakni :

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْتَرِي لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَيَتَّخِذَهَا هُزُوًا أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُهِينٌ وَإِذَا تُتْلَى عَلَيْهِ آيَاتُنَا وَلَّى مُسْتَكْبِرًا كَأَنْ لَمْ يَسْمَعْهَا كَأَنَّ فِي أُذُنَيْهِ وَقْرًا فَبَشِّرْهُ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

Artinya : “Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan. Dan apabila dibacakan kepadanya ayat-ayat Kami dia berpaling dengan menyombongkan diri seolah-olah dia belum mendengarnya, seakan-akan ada sumbat di kedua telinganya; maka beri kabar gembiralah padanya dengan azab yang pedih.” (QS. Luqman: 6-7)

Apa tujuannya? Sebab, musik dapat secara nyata menjauhkan umat dari keimanannya dan menyebabkan lalai. Bahkan, di beberapa pesantren tahfidz ada banyak santri yang tak diperbolehkan untuk mendengarkan musik. Selain haram, ada kekhawatiran bila santri tak bisa fokus dan menjaga hafalan.

Easy On Me

Selain haram, ada juga beberapa ulama’ yang mengkategorikan bahwa mendengar musik adalah aktivitas mubah.

Hal ini didasarkan pada sebuah kaidah bahwa keduniawian sifatnya mubah. Sobat Cahaya Islam, bisa juga menelusuri lebih lanjut.

Sekalipun mubah, namun maknanya harus umat pahami dengan benar. Mubah adalah stage dimana sebuah aktivitas berada di antara keharaman dan kehalalan.

Jika lengah sedikit, maka kemubahan dapat mendekatkan umat pada keharaman. Namun, jika umat bersikap wara’ (hati – hati) maka umat akan mendapat pahala.

Misalnya, jika lagu tersebut menjadikan umat dengan Allah SWT dan segala hal berkaitan denganNya maka hal tersebut menjadi keharusan.

Tips Pilih Lagu Syar’i

Sobat cahaya Islam, tak dapat umat pungkiri bahwa kondisi hari ini umat harus lebih bersikap hati – hati termasuk dalam hal memilih lagu.

1.    Pilih Lagu dengan Konten Sholawat

Salah satu hal yang menjadi indikator meningkatkan kecintaan diri pada Allah SWT dan Rasulullah SAW yakni mendengarkan lagu sholawat. Selain menenangkan, umat juga dapat lebih mengenal Rasulullah SAW.

2.    Mengandung Makna Kebaikan

Selain itu, Sobat Cahaya Islam juga dapat menjadikan lagu yang sarat makna kebaikan masuk dalam playlist. Sehingga, lagu tersebut juga dapat umat dengar di kala senggang.

3.    Jangan Lalaikan Al Qur’an

Walaupun lagu tersebut berkonten sholawat maupun mengandung sarat makna kebaikan, umat tidak boleh melalaikan Alqur’an. Sebab, Alqur’an adalah hal utama yang harus umat ingat sepanjang masa.

Easy On Me

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai Easy On Me serta beberapa tips bagi umat untuk memilih lagu yang tepat. Selain itu, hal tersebut dapat mendekatkan mereka pada Allah Ta’ala. Semoga ke depan umat dapat lebih bijak dalam menjalankan segala aktivitasnya. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY