Shalat Menyembuhkan Lordosis, Benarkah?

0
341
Shalat Menyembuhkan Lordosis

Shalat Menyembuhkan Lordosis – Masalah penyakit tulang bagian belakang tentu tidak bisa kita anggap remeh. Sebab, kerap terjadi. Salah satunya lordosis, lalu benarkah shalat menyembuhkan lordosis?

Lordosis merupakan sebuah gangguan tulang belakang pada punggung bawah. Sehingga terjadi kelengkungan tidak sebagaimana mestinya.

Kondisi ini bisa kita lihat dengan tanda bahwa tulang melengkung ke belakang secara berlebihan. Yang mana seolah-olah tulang tertarik ke depan.

Lordosis bisa kita sebut sebagai kebalikan dari kifosis (bungkuk). Secara umum, punggung orang dengan lordosis sering terlihat lebih rendah. Ketika kita melihatnya dari samping kiri seorang penderita, punggung bawah membentuk huruf C, lalu pada bagian perut dan bokong justru tampak lebih menonjol.

Tulang belakang secara alami memiliki kelengkungan pada bagian leher, punggung atas, dan punggung bawah. Fungsinya adalah untuk membantu menyerap kejutan dan mendukung berat kepala.

Hal ini yang bisa menyebabkan tekanan berlebih pada tulang belakang sampai akhirnya menyebabkan rasa sakit.

Shalat Menyembuhkan Lordosis, Benarkah?

Nah, Sobat Cahaya Islam, lalu adakah cara menyembuhkan lordosis menurut syariat agama kita? Demikian ulasannya.

Sebuah penelitian pernah membuktikan bahwa shalat bisa memperbaiki postur tulang. Tentu apabila kita melakukannya dengan benar. Shalat yang kita laksanakan lima kali sehari itu sangat baik untuk tulang punggung.

Shalat Menyembuhkan Lordosis

Para peneliti pun pernah menggunakan model komputer yang terdiri dari posisi-posisi shalat. Hebatnya, setelah mereka menganalisis gerakan dan pose-pose tersebut, justru ada hubungannya dengan keluhan sakit punggung.

Lalu apa saja hubungannya? Simak berikut ini.

1.   Meningkatkan Elastisitas Sendi

Menurut hasil analisis yang ada, posisi sujud ternyata bisa meningkatkan elastisitas sendi. Apabila kita melakukannya sekali saja dalam sehari, manfaatnya bisa terasa langsung. Nah, apalagi jika kita melakukannya dengan lebih sering.

Dengan demikian, maka kecil sekali kemungkinan seseorang menderita penyakit tulang yang ibadahnya shalatnya lancar.

2.   Memuat Gaya Hidup Sehat

Saat shalat, gerakan tubuh seolah mirip yoga atau terapi fisik. Lebih jauh, para peneliti justru mengindikasi ada hubungan kuat antara shalat dengan gaya hidup sehat.

Shalat Menyembuhkan Lordosis

Jika gerakan shalat kita melakukannya dengan benar maka kesehatan fisik akan terjaga.

Lalu sudah pasti Ini akan berpengaruh pada hal lainnya: salah satunya penyakit lordosis.

3.   Menghapus Kecemasan

Shalat bisa menghapus berbagai tekanan fisik, stres hingga kecemasan. Ritual shalat, juga bisa mengefektifkan perawatan klinis pada pasien dengan disfungsi saraf maupun otot.

Maka dari itu, ketenangan batin dan jiwa sangat mempengaruhi kesehatan. Orang yang rileks dan tanpa beban dalam hidupnya jauh lebih sehat dan hampir tidak pernah mengalami gangguan saraf maupun otak.

اُتْلُ مَآ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ ۗوَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗوَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ

Bacalah Kitab (Al-Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (salat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Ankabut:45)

Sobat, lantas seperti apa lordosis didiagnosis?

Salah satu cara paling mudah untuk memeriksa lordosis adalah dengan berbaring telentang di sebuah permukaan yang keras.

Pentingkah? Tentu saja. Deteksi dini lordosis begitu penting dalam keberhasilan pengobatannya.

Apa dampaknya jika lordosis tidak diobati?

Bagi kebanyakan orang, lordosis memang bisa kita kategorikan tidak menyebabkan masalah kesehatan yang signifikan. Kendati demikian, karena tulang belakang bertanggung jawab untuk banyak gerakan dan berperan fleksibilitas, penting untuk menjaga tulang belakang agar selalu sehat.

Lordosis jika tidak segera mendapat penanganan maka bisa meningkatkan risiko masalah pada bagian tulang belakang, kaki, dan fungsi organ-organ dalam.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai shalat menyembuhkan lordosis sebagaimana penjelasan para peneliti. Serta cara bagaimana cara mendiagnosa penyakit tersebut, juga dampak apabila tidak mendapatkan penanganan.

Semoga bermanfaat!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY