Cara Mengatasi Tantangan Parenting Masa Kini untuk Wujudkan Keluarga Ideal

0
239
Mengatasi tantangan parenting

Mengatasi tantangan parenting“Kecanggihan teknologi memang semakin memudahkan manusia beraktivitas, namun bukan berarti dapat sepenuhnya mengatasi tantangan parenting” Begitulah kiranya kalimat yang tepat untuk menggambarkan dunia parenting hari ini.

Sobat Cahaya Islam, mengatasi tantangan parenting bukanlah suatu permasahan yang mudah untuk diselesaikan.

Sebab akan ada banyak hal yang perlu disinergikan agar masalah tersebut benar – benar tuntas sampai ke akarnya. Lantas, bagaimana agar permasalahan tersebut dapat segera terselesaikan?

Apa Pentingnya Mengatasi Tantangan Parenting?

Mengatasi tantangan parenting merupakan salah satu hal yang perlu diselesaikan. Sebab tidak selamanya keluarga akan mengalami hal – hal baik saja.

Adakalanya permasalahan itu muncul lantaran prinsip salah satu anggota keluarga tak sejalan. Sehingga melakukan aktivitas di luar kebiasaan dan malah berujung masalah.

Tujuan dari menyelesaikan permasalahan parenting yakni agar semua anggota keluarga dapat bersama – sama mengarungi bahtera rumah tangga dengan baik dan sesuai syariat Islam. Jika sesuai, maka tentu Allah Ta’ala akan memberikan keberkahan di dalamnya.

Hal ini sebagaimana yang telah Allah Ta’ala sampaikan dalam surat At Tahrim ayat 6 yakni pentingnya menjaga keluarga untuk tetap menjaga syariat :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Selain menjadi jalan menuju jannah, tantangan parenting yang sudah diatasi tentu akan membantu anggota keluarga lebih merasakan kenyamanan dan kedamaian dalam menjalankan kehidupan. Sehingga mereka dapat menjalankan aktivitas dengan lebih baik dan tanpa beban masalah.

Dalam Islam, parenting bukan hanya terkait peran orangtua saja namun bagaimana lingkungan dapat ikut berperan dalam meningkatkan performa anak – anak untuk bertumbuh kembang. Lantas, bagaimana cara untuk meningkatkan kemampuan parenting?

Cara Meningkatkan Kemampuan Parenting Sejak Dini bagi Keluarga Muslim

Agar pembelajaran parenting dapat diimplementasikan sedari awal pada proses pembangunan keluarga, maka sangat perlu bagi para orangtua untuk belajar konsep tersebut. Adapun beberapa langkahnya seperti :

1.    Mengikuti Kelas Parenting

Hal pertama yang bisa dilakukan yakni dengan mengikuti kelas parenting. Di era serba canggih seperti sekarang, sangat mudah bagi umat untuk mengikuti kelas terkait parenting. Pembahasannya pun bermacam – macam, mulai dari persiapan, proses maupun pasca pernikahan.

Mengatasi tantangan parenting

Perlu diketahui, umat haruslah memastikan bahwa kelas parenting yang diikuti sesuai dengan syariat Islam.

Sebab mulai banyak hari ini ditemukan fenomena bahwa parenting malah disalahgunakan untuk bertukar sapa saja, atau menjadi ajang pamer.

Padahal harusnya keilmuanlah yang diserap agar ilmu parenting ala nabi dapat diterapkan dalam keluarga yang ingin diwujudkannya.

2.    Istiqomah dalam Mengambil Hikmah

Selanjutnya yakni dengan senantiasa meningkatkan keistiqomahan dalam diri untuk mengambil hikmah dari setiap aktivitas parenting yang dilakukan.

Keistiqomahan yang umat lakukan yakni sebagai bentuk konsekuensi dari aktivitas ibadah yang dijalankan. Sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Adz Dzariyat ayat 56 yakni :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya : Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

3.    Menyampaikan pada Orang Lain

Hal selanjutnya yakni dengan dengan menyampaikan keilmuan yang didapatkan pada orang lain. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Ali Imran ayat 104 yakni :

وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya : Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Mengatasi tantangan parenting

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan cara mengatasi tantangan parenting. Semoga ulasannya bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY