Sesama Muslim Bersaudara, Jaga Kerukunan Selalu!

0
173
Sesama-Muslim-Bersaudara-Jaga-Kerukunan-di-Semua-Tempat

Sesama Muslim Bersaudara – Kerukunan sangatlah penting sehingga kita harus menerapkannya di semua aspek. Pasalnya, kerukunan adalah kunci untuk mewujudkan hidup aman, nyaman, dan damai. Bukan hanya di lingkungan Masyarakat, kita harus hidup rukun di tempat-tempat lain seperti di lingkungan keluarga, sekolah, hingga tempat kerja.

Benarkah Sesama Muslim Bersaudara?

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

 الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ

“Seorang muslim adalah saudara untuk muslim lainnya.” (1)

Di sini, Maksudnya bukanlah saudara karena hubungan darah. Akan tetapi, persaudaraan sesama muslim adalah karena hubungan iman. Oleh karena itu, seorang muslim harus bersikap baik kepada saudara seiman, yaitu tidak boleh saling benci, tidak boleh saling mendiamkan, dan lain sebagainya. Sebaliknya, sesama muslim harus saling menjaga darah, harta, dan kehormatannya.

Lebih lanjut, hadits ini menasehati kita semua umat Islam agar tidak mudah menyalahkan satu sama lain hanya karena ego masing-masing. Di mana saja dan kapan saja, kita harus hidup rukun. Bukan hanya kepada sesama pemeluk agama Islam, tapi juga kepada umat non-muslim sekalipun.

Pentingnya Kerukunan Antar Manusia

Manusia dapat hidup rukun jika tidak ada sifat hasad, yakni rasa tidak suka terhadap orang lain yang menyaingi atau melebihinya. Tentu saja, hasad termasuk sifat yang tercela dan harus kita jauhi. Dari sifat hasad inilah muncul iri dan dengki. Jika sudah begitu, konflik & pergesekan sangat rentan terjadi.

Misalnya, seorang karyawan tidak suka jika ada karyawan lain yang pekerjaannya lebih bagus dari dirinya karena ia ingin hanya dirinyalah yang menjadi kebanggan bosnya. Padahal, sebuah Perusahaan membutuhkan Kerjasama antar karyawan. Dan, Kerjasama antar karyawan hanya akan berjalan dengan baik jika mereka bisa menjaga kerukunan di lingkungan kerja.

Hal ini juga berlaku di lingkungan manapun. Memang, tidak mudah untuk menciptakan kerukunan karena manusia memkiliki ego yang tinggi. Jika kerukunan sudah tercipta, menjaganya adalah sebuah kewajiban.

Tips Hidup Rukun

Kerukunan adalah salah satu tabiat luhur atau kebiasaan yang baik dan mulia. Oleh karena itu, kita harus membiasakannya. Untuk mencapai hidup yang rukun, setiap orang harus memiliki rasa saling tolong menolong dalam kebakan, saling menguatkan, saling mendoakan, saling membantu, saling memaafkan, saling menyayangi, dan saling mengasihi.

Untuk mengimplementasikannya, ada banyak sekali caranya. MIsalnya, sebuah Perusahaan mengadakan outbond agar hubungan antar karyawan semakin erat. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menerapkan kerukunan di lingkungan kantor, misalnya.

Yang terpenting adalah bisa mengurangi ego masing-masing sehingga tidak memikirkan dan mementingkan diri sendiri. Jika kepentingan bersama sudah bisa menjadi prioritas dibandingkan kepentingan pribadi, hidup rukun bukan lagi sebuah angan-angan. Mulai sekarang, mari ciptakan kerukunan di mana pun kita berada.


Referensi:

(1) Arbain Nawawi Hadits 35

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY