Mengenal Gen Z dan Bagaimana Pengaruhnya Dalam Agama Islam?

0
181
mengenal gen Z

Mengenal Gen Z – Sudah banyak generasi yang menghuni dunia ini dengan berbagai pengaruhnya masing-masing. Salah satu generasi yang belakangan banyak dibicarakan adalah Gen Z. Bagi Sobat yang belum tahu generasi tersebut, mari mulai mengenal gen Z.

Istilah Gen Z sendiri akhir-akhir ini menjadi populer untuk menyebut anak-anak muda di zaman sekarang. Namun ternyata ada klasifikasi usia sendiri yang masuk dalam Gen Z. Untuk pembahasan selengkapnya, Sobat bisa simak informasi di bawah ini.

Mari Mulai Mengenal Gen Z

Untuk mengenal gen Z, mari Sobat pahami apa itu Gen Z sendiri. Gen Z adalah singkatan dari generasi Z. zillenials, ataupun zoomers yang lahir pada tahun 1997 sampai 2011. Generasi tersebut berada dalam spotlight dan menjadi fokus banyak orang.

Bukan tanpa alasan, banyak stigma yang membuat Gen Z menonjol daripada generasi lainnya. Di satu sisi, banyak yang menganggap Gen Z jenius lantaran dicintai oleh industri kreatif dan penggunaan teknologi. Namun tidak sedikit juga yang menganggap Gen Z memiliki mental terlalu lembek untuk bertahan di dunia ini.

Mereka yang termasuk ke dalam Gen Z menjadi populasi tertinggi daripada generasi lainnya. Tetapi jumlah itu berbanding terbalik dengan persentase yang ada di dunia kerja.

Pengaruh Gen Z dalam Agama Islam

Sobat Cahaya Islam, setelah mengenal gen Z kini Sobat bisa memastikan apakah diri sendiri termasuk ke dalam Gen Z? Sobat, walaupun ada anggapan positif dan negatif tentang Gen Z, sejatinya generasi satu ini juga memiliki pengaruh tersendiri dalam dunia. Bahkan Gen Z sudah membawa perubahan signifikan dalam bermacam aspek kehidupan.

mengenal gen Z

Hal ini juga termasuk dalam konteks agama islam. Terjadinya perkembangan di dunia teknologi dan perubahan sosial sudah membentuk pandangan agama dalam kalangan Gen Z dengan cara yang unik. Bukan itu saja, ternyata ada sejumlah pengaruh utama Gen Z dalam agama islam, yakni:

1. Memakai Teknologi untuk Keagamaan

Sobat, Gen Z adalah generasi yang tumbuh di dalam dunia teknologi digital. Mereka mempunyai akses yang mudah ke informasi serta sumber daya keagamaan lewat internet, sosial media, dan aplikasi seluler. Hal itu sudah mengubah cara Gen Z mendapat pengetahuan tentang islam.

Bahkan banyak di antara Gen Z yang memakai platform online agar dapat memahami ajaran agama. Mereka juga menggunakan teknologi untuk berpartisipasi dalam hal diskusi agama.

mengenal gen Z

2.   Toleransi

Mereka yang termasuk Gen Z kerap kali terbuka terhadap perbedaan. Tak hanya itu, Gen Z juga cenderung lebih inklusif dalam pandangannya terhadap agama. Gen Z cenderung menerima bermacam pandangan dan praktik agama islam.

Hal tersebut mencerminkan nilai toleransi dan pemahaman lebih inklusif terhadap budaya serta agama. Ini mengartikan Gen Z menjalankan salah satu perintah Allah SWT soal toleransi seperti yang tertuang dalam,

 لَّا يَنْهَىٰكُمُ ٱللَّهُ عَنِ ٱلَّذِينَ لَمْ يُقَٰتِلُوكُمْ فِى ٱلدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُم مِّن دِيَٰرِكُمْ أَن تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوٓا۟ إِلَيْهِمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُقْسِطِينَ

“Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.” (QS Al-Mumtahanah: 8)

3.  Aktivisme Sosial

Gen Z juga terkenal sebagai generasi yang peduli terhadap isu sosial, terutama yang berkaitan dengan islam. Gen Z terlibat dalam aktivisme sosial sekaligus mencoba mempromosikan nilai kemanusiaan yang diajarkan islam. Banyak di antara Gen Z yang terlibat dalam gerakan untuk HAM, perbaikan lingkungan, dan penanggulangan kemiskinan.

Pengaruh seperti ini sejatinya merupakan cerminan dalam firman Allah yang berbunyi,

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ– الحجرات

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara. Oleh karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat”. (Q.S. al-Hujurat, 49:10).

Sobat Cahaya Islam, setelah mengenal gen Z, Sobat bisa memahami begitu pentingnya pengaruh generasi tersebut. Untuk itu, hendaknya Sobat jangan terlalu meremehkan Gen Z atau memandangnya sebelah mata. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY