Maudy Ayunda Bicara Soal Perempuan Berpendidikan Tinggi, Ini Alasan Perempuan Harus Berilmu Dalam Islam

0
43
Maudy Ayunda Bicara 1

Maudy Ayunda bicara – Aktris Maudy Ayunda mengungkapkan cerita mengenai perempuan berpendidikan tinggi tepat pada Hari Kartini. Banyak sekali anggapan yang mengatakan bahwa perempuan tidak perlu memiliki pendidikan yang tinggi. Sementara itu, Maudy Ayunda justru semakin yakin untuk menuntut ilmu hingga ke jenjang S2. Ia bercerita bahwa dirinya seringkali merasa insecure dan ragu karena anggapan-anggapan yang masih menyebutkan bahwa perempuan tidak perlu berpendidikan yang tinggi.

Maudy Ayunda Bicara 1

Bahkan banyak anggapan juga yang mengatakan bahwa nantinya akan kesulitan mendapatkan pasangan karena laki-laki takut dengan perempuan yang pendidikannya tinggi. Namun dalam hal ini, Maudy tetap berusaha untuk teguh pendirian dan memotivasi dirinya. Bahwasanya bagaimanapun, perempuan juga perlu memiliki pendidikan yang tinggi. Islam sendiri bahkan menganjurkan tentang bagaimana kaum muslimin harus menuntut ilmu. Karena ilmu menjadi suatu bekal bagi diri kita dan juga untuk bisa menerapkan nilai-nilai islam dengan benar.

Maudy Ayunda Bicara Soal Perempuan Berpendidikan Tinggi, Ini Lho Alasan Perempuan Harus Berilmu

Maudy Ayunda Bicara 2

Maudy Ayunda bicara soal perempuan dengan pendidikan yang tinggi. Anggapan yang masih beredar di masyarakat mengenai perempuan yang tidak perlu berpendidikan tinggi. Apalagi dikatakan bahwa ilmu tinggi bagi perempuan nantinya tidak akan berguna. Tentu saja membuat sebagian perempuan menjadi ragu untuk menuntut ilmu tinggi. Lalu bagaimana pandangan islam mengenai perempuan yang berpendidikan tinggi?

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Islam sendiri mengajarkan bahkan menganjurkan untuk kaum muslimin menuntut ilmu. Dan penting bagi seseorang untuk memiliki bekal ilmu. Baik perempuan ataupun laki-laki, islam sendiri tidak menegaskan mengenai larangan untuk perempuan menuntut ilmu dengan tinggi. Yang terpenting adalah perempuan harus mengerti apa yang menjadi kodrat dan kewajibannya. Lalu tahukah sobat CahayaIslam? Ini alasannya kenapa perempuan juga perlu memiliki ilmu atau pendidikan yang tinggi.

Perempuan Adalah Madrasah Bagi Anak-Anaknya

Perempuan adalah makhluk yang diistimewakan dalam islam. Itu sebabnya perempuan harus pandai menjaga kehormatannya. Sementara itu, menuntut ilmu bukanlah hal yang dilarang dalam islam bagi kaum perempuan. Selama tidak menyebabkan perempuan lalai terhadap apa yang menjadi kodrat dan kewajibannya. Apalagi perempuan adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya, sehingga perlunya memiliki ilmu yang tinggi untuk memberikan pendidikan yang baik bagi anak.

Perempuan Berperan Besar Dalam Keluarga

Dalam keluarga, laki-laki adalah pemimpin. Namun perempuan juga memegang peran besar lho dalam keluarga. Itu sebabnya, perempuan juga harus berilmu agar bisa membangun keluarga yang baik sesuai dengan syariat islam. Jika laki-laki adalah pemimpin, perempuan juga berperan untuk membantu mengarahkan, mengatur keuangan rumah tangga, mendidik anak-anak dan tentu saja menjadi pengingat jika laki-laki salah. Ini pentingnya ilmu.

Maudy Ayunda bicara – soal perempuan berpendidikan tinggi dan anggapan yang ada. Terlepas dari itu sobat CahayaIslam, agama islam mengajarkan kita untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya. Jadi, jangan takut untuk menuntut ilmu yang tinggi karena ini juga menjadi bekal nantinya, termasuk bagi perempuan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Mujadilah Ayat 11

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY