Barbie Kumalasari Berhenti Pamer Kemewahan, Ini Bahaya Memamerkan Kemewahan Menurut Pandangan Islam

0
41
Barbie Kumalasari Berhenti Pamer 1

Barbie Kumalasari berhenti pamer – Sebelumnya, artis Barbie Kumalasari menjadi sorotan masyarakat atau publik karena gemar pamer kemewahan dan kekayaan. Kebiasaan tersebut kini diketahui tidak lagi dilakukannya karena berurusan terkait pajak. Sementara itu, dalam sebuah program D’Rooftalk diungkapkan oleh Barbie bahwa sebagian artis yang memamerkan kekayaannya hanyalah settingan. Alih-alih barang yang dipamerkan milik sendiri, ternyata kebanyakan justru merupakan hasil produk endorse.

Barbie Kumalasari Berhenti Pamer 1

Ini tentu saja menunjukkan bagaimana pamer hanyalah sebuah tindakan untuk meninggikan gengsi. Keinginan terlihat mewah atau kaya, membuat banyak orang gencar memamerkan apa yang dimilikinya. Bahkan jika itu bukan barang milik sendiri sekalipun. Sikap pamer kemewahan dan kekayaan yang sebelumnya dilakukan oleh Barbie Kumalasari ini kini tak lagi dilakukannya. Apalagi ini juga bukan merupakan ajaran islam. Islam melarang kaum muslimin untuk pamer kekayaan sobat CahayaIslam.

Barbie Kumalasari Berhenti Pamer Kemewahan, Ini Bahaya Memamerkan Kemewahan Menurut Pandangan Islam

Barbie Kumalasari berhenti pamer kemewahan yang kabarnya dikarenakan berurusan dengan pajak. Namun apapun alasannya, ini adalah sikap yang lebih baik dibandingkan dengan gemar pamer kekayaan. Apalagi dalam ajaran islam sendiri, pamer sama sekali tidak mencerminkan seorang muslim. Dan pamer ini dilarang dalam islam, karena tentu saja sama halnya dengan sombong. Allah sungguh tidak menyukai golongan orang yang sombong lho.

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.

Kemewahan atau kekayaan adalah urusan duniawi yang tidak kekal. Apalagi hakekat hidup bukan semata-mata untuk mengejar kekayaan bukan? Itu sebabnya, Allah melarang kaum muslimin untuk pamer atau terlalu fokus pada kecintaan terhadap harta duniawi. Tahukah sobat CahayaIslam, sikap pamer ini bisa menyebabkan kerugian bagi manusia. Apa bahaya memamerkan kemewahan menurut islam?

Menjerumuskan Pada Riya’

Salah satu bahaya dari pamer kemewahan atau kekayaan adalah menjerumuskan kita pada sikap riya’ atau sombong. Sementara dalam ayat Al Quran sendiri telah ditegaskan bahwasanya Allah melarang kaum muslimin untuk bersikap sombong.

Ini bukan hanya melanggar ajaran islam yang berlaku, ini juga menjadi sebab perbuatan dosa besar lho sobat CahayaIslam. Itulah kenapa, banyak ayat yang mana menegaskan untuk kaum muslimin jangan sombong. Dan pamer kemewahan termasuk dari riya’.

Mengakibatkan Keburukan dan Kemaksiatan

Tahukah bahwa pamer kemewahan juga bisa mengakibatkan keburukan dan kemaksiatan. Pamer adalah sikap yang disebabkan tingginya gengsi. Sehingga orang akan berusaha memenuhi gengsinya untuk bisa pamer. Ini bisa sebabkan keburukan dan kemaksiatan lho. Belum lagi memamerkan kemewahan atau kekayaan bisa mengundang keburukan. Seperti iri dan juga dengki hingga niat jahat dari orang lain.

Melalaikan Urusan Akhirat

Gemar memamerkan kemewahan dan kekayaan, bisa menyebabkan seseorang lalai dengan urusan akhirat. Ini bahaya dari pamer kemewahan menurut pandangan islam. Kenapa bisa lalai? Ini karena kesenangan terhadap duniawi bisa membuat kita lupa dengan kewajiban dan persiapan untuk bekal akhirat nanti.

Barbie Kumalasari berhenti pamer – atas kemewahan atau kekayaan yang dimiliknya mencerminkan sikap yang lebih bijak. Dan lagi ini bisa membuat kita terhindar dari keburukan-keburukan akibat senangnya pamer kekayaan atau urusan dunia.


Catatan Kaki:

(1) –

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY