Kekuatan Ikhlas Sangat Dahsyat, Apa Saja?

0
68
Kekuatan Ikhlas

Kekuatan Ikhlas – Sobat Cahaya Islam, adakah tahu bahwa kekuatan ikhlas sangatlah dahsyat. Mari simak ulasannya di bawah ini!

Ikhlas merupakan sebuah amalan hati yang harus ada untuk menyertai setiap hal yang kita lakukan.

Allah berfirman dalam QS. Al-Bayyinah ayat 5, yakni:

وَمَآ اُمِرُوْٓا اِلَّا لِيَعْبُدُوا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ەۙ حُنَفَاۤءَ وَيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوا الزَّكٰوةَ وَذٰلِكَ دِيْنُ الْقَيِّمَةِۗ

Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar).

Di dalam ikhlas, ada keyakinan diri terhadap Allah SWT atas perasaan takut, cinta, patuh, rindu dan lain-lainnya. Dengan menanamkannya dalam hati, maka kita akan tangguh dan tegar dalam menghadapi setiap kegetiran di hidup ini.

إِنَّا أَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ فَاعْبُدِ اللَّهَ مُخْلِصًا لَهُ الدِّينَ * أَلَا لِلَّهِ الدِّينُ الْخَالِصُ وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ مَا نَعْبُدُهُمْ إِلَّا لِيُقَرِّبُونَا إِلَى اللَّهِ زُلْفَى إِنَّ اللَّهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِي مَا هُمْ فِيهِ يَخْتَلِفُونَ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي مَنْ هُوَ كَاذِبٌ كَفَّارٌ

Artinya: “Sesungguhnya Kami menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan tulus ikhlas beragama hanya kepada-Nya. (2) Ingatlah, Hanya milik Allah agama yang murni (bersih dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Dia (mereka berkata), “Kami tidak menyembah mereka melainkan dengan harapan agar mereka mendekatkan kami kepada Allah sedekat-dekatnya.” Sesungguhnya Allah akan memberi putusan di antara mereka tentang apa yang mereka perselisihkan. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada pendusta lagi sangat ingkar.” (QS. Az-Zumar: 2-3)

Kekuatan Ikhlas Sangat Dahsyat, Apa Saja?

Kekuatan sebuah perasaan ikhlas adalah potensi yang memang tidak tampak mata namun efeknya sangat luar biasa. Dengan ikhlas, banyak manfaat yang bisa kita dapat.

1.      Menjalani Kehidupan dengan Mudah

Ikhlas mungkin hanya bisa digambarkan dengan kata-kata, sebab yang bisa merasakannya adalah hati nurani diri sendiri.

Di mana seseorang yang ikhlas, maka dia akan merasa lebih mudah dalam menjalani kehidupan fana ini.

Apapun kenyataan hidup, sudah tidak lagi berbenturan dengan hasrat yang menggebu. Kita pun akan lebih tawakkal menerima semua yang memang sudah menjadi takdir kita.

2.      Jauh dari Berbagai Penyakit Hati

Ikhlas juga menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit hati, sebab apapun yang mungkin menimpa dalam kehidupannya akan diterimanya dengan hati yang lega.

kekuatan ikhlas

Antara tubuh dan pikiran akan selaras, tidak pernah terjadi ketimpangan yang menyebabkan cedera pada salah satunya.

3.      Pandai Bersyukur

Orang yang hatinya senantiasa ikhlas, maka dia pasti pandai bersyukur atas nikmat-nikmat yang datang dalam hidupnya.

Dia tidak lagi muluk-muluk terhadap sesuatu yang kemungkinan sulit diperoleh. Selagi ikhtiar, dia pun tidak pernah ambisius harus mendapatkannya.

Namun bukan berarti dia akan tumbuh menjadi sosok yang malas dan hanya menerima tanpa mau berusaha sama sekali.

Konteks ikhlas bukan seperti itu, kita tahum, bahwa ikhlas terletak di dalam lubuk hati mereka yang telah menyelesaikan pekerjaan berat dengan penuh ketegaran.

4.      Jarang Mengeluh

Sering kali kita jumpai, banyak orang yang mengeluh atas apa yang sedang dihadapinya.

Mulai dari cobaan sakit, ujian ekonomi, masalah dalam hubungan keluarga, teman, atau orang di sekitarnya, hingga berbagai macam kondisi buruk lainnya.

kekuatan ikhlas

Namun, jika seseorang memiliki keikhlasan dalam dirinya, maka dia tidak akan mudah mengeluhkan itu.

Dia akan menerimanya dengan lapang dada dan terus berdoa agar Allah SWT mengulurkan tangan sebagai bantuan atas apa yang tengah dihadapinya.

Nah, Sobat, ikhlas memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Bahkan harus mengorbankan perasaan untuk mencapai titik ikhlas yang sebenarnya.

Hanya saja, kita bisa mulai menanamkannya di dalam hati dari sekarang. Tahap paling ringan adalah membuka pintu hati dan perlahan berjalan menuju gerbang keikhlasan.

Jika ini masih sulit, semakin mendekatlah pada Allah SWT dan mintalah petunjuk agar diberikan hati yang ikhlas untuk menjalani setiap fase dan jenjang kehidupan ini.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai apa saja kekuatan ikhlas yang sangat dahsyat sebagaimana dijelaskan dalam Alquran. Semoga bermanfaat!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY