Ini Manfaat Program Recycle for Good Dalam Kehidupan Masyarakat

0
384
Manfaat program Recycle for Good

Manfaat program Recycle for Good – Indonesia memang selalu terkenal dengan sampahnya yang menumpuk, apalagi di kota-kota padat seperti Jakarta. Sampai saat ini kita belum bisa menangani masalah ini dengan baik, meski sudah ada upaya mengurangi sampah tersebut. Manfaat program Recycle for Good ini akan sangat membantu kita dalam menangani masalah ini.

Orang Indonesia yang cenderung abai dengan sekitarnya membuat salah satu penyebab terjadi penumpukan sampah. Terkadang kita lupa untuk membuang sampah di tempatnya dan berusaha untuk mendaur ulang sampah tersebut.

Untuk itu, ada sebuah yayasan yang berusaha menangani masalah serupa. Yayasan itu bernama SIG Way Beyond Good Foundation yang dibentuk di Swiss ini membuat sebuah program bernama Recycle for Good.

Sebelumnya program ini sudah berhasil di jalankan di Brazil. Nah, sekarang saatnya Indonesia nih yang mengikuti program ini. Program ini sudah terbukti baik untuk kebersihan lingkungan. Maka, tidak ada salahnya kita mengikuti program ini dan mensukseskan program di negara kita ini.

Manfaat Program Recycle for Good

Manfaat program Recycle for Good ini sangat baik untuk kehidupan kita. Banyak hal yang bisa kita dapatkan, keuntungan sudah pastinya berpihak pada kita. Yayasan tersebut merancang program ini dengan baik agar dapat membantu meringankan masalah sampah di setiap negara.

1.      Menumbuhkan Kebiasaan Baik

Program ini akan mengajarkan dan membiasakan kita untuk  mengumpulkan sampah dan mengelolanya kembali. Pihak penyelenggara berharap dengan adanya program ini, masyarakat akan terbiasa untuk tidak membuang sampah sembarangan dan memilah sampah dengan benar.

Manfaat program Recycle for Good ini salah satunya untuk menumbuhkan budaya baru, menciptakan sebuah tren di masyarakat. Tren itu mengenai cara masyarakat memilah dan mengumpulkan sampah.

Jika pembicaraan tentang program ini berhasil menjadi tren dunia, maka akan banyak orang yang melakukannya. Semakin banyak orang yang mengikuti tren ini, maka akan semakin besar pula manfaatnya untuk bumi dan diri kita sendiri.

إِنْ أَحْسَنتُمْ أَحْسَنتُمْ لِأَنفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا ۚ فَإِذَا جَآءَ وَعْدُ ٱلْءَاخِرَةِ لِيَسُۥٓـُٔوا۟ وُجُوهَكُمْ وَلِيَدْخُلُوا۟ ٱلْمَسْجِدَ كَمَا دَخَلُوهُ أَوَّلَ مَرَّةٍ وَلِيُتَبِّرُوا۟ مَا عَلَوْا۟ تَتْبِيرًا

Artinya:

‘Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua, (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam mesjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka kuasai.’ (QS. Al-Isra:7)

2.      Mendaur Ulang Sampah

Program ini akan mengajarkan kita caranya mendaur ulang sampah. Membuat sampah lebih bermanfaat untuk diolah menjadi sesuatu yang lebih berguna. Memang tidak semua sampah bisa didaur ulang, tetapi banyak sampah yang bisa kita jadikan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Manfaat program Recycle for Good

Sobat Cahaya Islam, dalam agama kita pun mengajarkan untuk memanfaatkan sesuatu menjadi lebih baik lagi. Jika barang tersebut masih bisa diolah, maka gunakanlah. Jangan sampai sampah kita mencemari dan menimbun aliran air, hingga menyebabkan masalah yang lebih besar lagi.

Kita diajarkan untuk menjaga kebersihan sekitar kita, salah satunya dengan cara mendaur ulang sampah. Adanya program ini akan mengajarkan kita cara mendaur ulang sampah, sehingga kita pun bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

3.      Menjaga Kebersihan

Salah satu kegiatan yang ada di program ini adalah mengumpulkan sampah dan menjaga kebersihan lingkungan. Saat kita mengumpulkan sampah, maka kebersihan lingkungan pun akan terjaga.

Manfaat program Recycle for Good

Islam selalu mengajarkan kita untuk menjaga kebersihan. Islam mengatakan jika kebersihan sebagian dari iman. Ketika kita hendak beribadah, kebersihan adalah hal utama yang harus kita perhatikan. Jika tubuh dan sekeliling kita tidak bersih, maka akan menghambat ibadah kita.

Bukan hanya itu, aroma sampah yang tidak menyenangkan pun akan sangat mengganggu indra penciuman kita. Oleh karenanya, untuk membuat hidup kita lebih nyaman, sebaiknya kita menjaga sampah dan kebersihan lingkungan kita.

إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ, نَظِيفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ, كَرِيمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ, جَوَادٌ يُحِبُّ الْجُودَ, فَنَظِّفُوا أَفْنِيَتَكُمْ

Artinya:

‘Dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.’ (HR Tirmidzi).

Manfaat program Recycle for Good ini sangatlah banyak dan semuanya berkaitan dengan kebersihan lingkungan. Saat ini yayasan tersebut sudah menggelar acaranya di mal Cibubur Junction, Jakarta Timur. Jika rumah Sobat Cahaya Islam dekat dari sana, bisa ya mengunjungi dan ikut serta dalam acara ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY