Religius Hate Speech? Hati-Hati! Ini Sama Dengan Perbuatan Hasud Yang Dilarang Islam

0
100
Religius Hate Speech Dalam Hukum Agama Islam

Religius Hate Speech – Merupakan istilah yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan. Hate yang diartikan sebagai kebencian. Sedangkan speech ini memiliki makna semacam siaran, ujaran sehingga hate speech berarti ujaran kebencian. Ujaran kebencian adalah perbuatan dimana seseorang mengungkapkan atau menyiarkan kebencian yang ditujukan untuk perorangan kelompok ataupun lembaga tertentu. Biasanya ungkapan atau siaran ini menggunakan dasar seperti agama, keyakinan, ras, golongan, gender dan hal-hal yang dapat memancing kemarahan masyarakat.

Religius Hate Speech Sama Halnya Dengan Perbuatan Hasud

Ujaran kebencian atau hate speech memiliki dampak yang besar. Karena teknologi yang sudah maju saat ini, maka hate speech semakin mudah saja terjadi. Namun yang lebih berbahaya adalah ujaran kebencian yang menggunakan agama. Sehingga muncullah istilah religius dalam hate speech ini. Biasanya hadist atau ayat yang kemudian dijadikan sebagai media untuk menebarkan kebencian atau memancing kemarahan masyarakat. Jelas ini bukanlah perbuatan yang benar dan juga tidak dianjurkan dalam agama islam.

Religius Hate Speech Sama Dengan Perbuatan Hasud, Bagaimana Hukumnya Dalam Islam?

Religius hate speech adalah tindakan ujaran kebencian menggunakan agama. Dalam hukum agama islam, ini tentu adalah perbuatan yang dilarang. Hate speech ini diartikan sebagai ajakan, provokasi untuk membenci orang tertentu atau kelompok tertentu. Jika dikaitkan dengan islam, hate speech disepadankan dengan istilah Hasud. Hasud ini juga perbuatan menghasut, mempengaruhi atau memprovokasi untuk ikut membenci orang lain. Lalu bagaimana hukumnya dalam islam?

Religius Hate Speech Adalah Perbuatan Dosa Karena Sepadan Dengan Hasud

Nabi pernah menyatakan kebencian terhadap para penghasut dengan mengatakan: “sesungguhnya hasad itu memakan kebaikan seperti mana api memakan kayu bakar”. Selain itu, Allah SWT juga membenci perbuatan hasud. Adanya hate speech yang mengatasnamakan agama ini tentu tindakan yang tercela dan tidak dianjurkan dalam islam. Ini juga bisa memberikan dampak yang luar biasa. Seperti menimbulkan kerusakan dan juga merusak persatuan bangsa, mengganggu ketentraman. Dan memancing konflik besar dan bahkan perang secara terbuka.

Islam Mengajarkan Untuk Tidak Mudah Membenci

Dalam agama islam, kita diajarkan untuk tidak mudah membenci orang lain. Itu sebabnya, mengapa hate speech atau ujaran kebencian dilarang? Ini karena sama saja mengajak atau memprovokasi orang lain untuk membenci. Sedangkan perbuatan membenci orang lain tidak dianjurkan dan bahkan dilarang oleh agama islam. Kebencian bukanlah perbuatan terpuji, apalagi jika kita hanya ikut membenci orang lain karena ujaran kebencian dari seseorang atau sekelompok orang. Ingat, bahwa agama tidak mengajarkan kita untuk membenci.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ شُهَدَاءَ بِالْقِسْطِ ۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَىٰ أَلَّا تَعْدِلُوا ۚ اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.(1)

Hasud Adalah Dosa, Begitu Juga Dengan Istilah Religius Hate Speech

Religius Hate Speech Dilarang Dalam Agama Islam

Hate speech ini memiliki arti yang sepadan dengan hasud. Maka jika perbuatan hasud saja dilarang dalam agama, begitu juga dengan hate speech yang mengatasnamakan agama. Ini adalah perbuatan dosa.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain.(2)

Religius Hate Speech – adalah perbuatan dosa dalam hukum ajaran islam. Itu sebabnya, janganlah kita menebarkan kebencian apalagi menggunakan agama sebagai media untuk mengajak orang lain atau suatu kelompok untuk membenci. Semoga kita dijauhkan dari perbuatan ujaran kebencian ya, sobat cahaya islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Maidah Ayat 8

(2) – Surat Al-Hujurat Ayat 12

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY