Kegiatan Pramuka Bangun Karakter Kepemimpinan Siswa, Ini Pentingnya Menurut Islam

0
706
Kegiatan Pramuka Bangun Karakter Kepemimpinan 2

Kegiatan pramuka – Dalam kegiatan pendidikan atau sekolah, pelajaran yang didapat oleh siswa bukan hanya pelajaran akademik saja. Namun juga pelajaran untuk pembangunan karakter siswa. Salah satu kegiatan yang biasanya diadakan rutin adalah kegiatan pramuka. Pramuka ini bisa membantu siswa untuk membangun karakter agar menjadi pribadi yang baik dan juga generasi yang tangguh tentu saja. Dan lagi ini memberikan pelajaran kepada siswa mengenai kepemimpinan.

Kegiatan Pramuka Bangun Karakter Kepemimpinan 1

Ada banyak pelajaran yang bisa dipelajari dari kegiatan pramuka ini. Lebih tepatnya, pembangunan karakter yang ada didalamnya. Dalam kehidupan sekarang ini memiliki jiwa kepemimpinan juga sangat penting lho. Terlebih dalam islam juga dijelaskan bahwa kaum muslimin harus memiliki pemimpin. Namun menjadi pemimpin juga memiliki tanggung jawab besar, sehingga harus memiliki bekal yang cukup.

Kegiatan Pramuka Bangun Karakter Kepemimpinan, Ini Pentingnya Menurut Pandangan Islam

Kegiatan Pramuka Bangun Karakter Kepemimpinan 2

Kegiatan pramuka bermanfaat untuk membantu bangun karakter siswa. Sehingga siswa mengetahui bagaimana memiliki jiwa pemimpin yang baik. Dalam ajaran islam sendiri, pemimpin diperlukan untuk kaum muslimin. Hal ini agar tidak ada kekacauan yang terjadi jika kehidupan ini tidak memiliki pemimpin. Namun pemimpin juga harus memenuhi beberapa kriteria agar sesuai dengan ajaran yang ada dalam islam. Seperti yang ada dalam ayat Al Quran.

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.

Ayat ini menjelaskan tentang bagaimana pemimpin menurut pandangan islam. Ada beberapa sifat yang harus dimiliki oleh pemimpin. Itu sebabnya, untuk menjadi pemimpin harus memiliki bekal dan pengetahuan yang selaras dengan nilai-nilai agama islam. Maka dari itu, penting sekali belajar mengenai kepemimpinan. Lalu bagaimana pentingnya membangun karakter kepemimpinan bagi kaum muslimin?

Pemimpin Memiliki Tanggung Jawab Besar

Pemimpin memiliki tanggung jawab yang besar, itu sebabnya untuk menjadi pemimpin juga harus membangun karakter dengan baik. Dengan begitu, pemimpn bisa menjalankan perannya dengan sebaik mungkin. Apalagi dalam islam, pemimpin harus menjadi sosok yang bisa mengayomi dan membawa kaum yang dipimpinnya ke jalan yang sesuai dengan ajaran islam.

Pemimpin Perlu Memiliki Pengetahuan

Untuk menjadi pemimpin, bukan hanya karakter yang perlu menjadi bekal. Namun juga perlu kesadaran mengenai pentingnya pengetahuan. Apalagi pemimpin islam yang perlu mempelajari nilai-nilai islam. Hal ini agar kaum muslimin bisa mendapat contoh yang baik dari pemimpin. Dan tentu saja bisa membawa kaum muslimin ke jalan yang benar.

Pemimpin Harus Adil

Seorang pemimpin harus adil dan juga bijaksana. Itulah kenapa pembentukan karakter sangatlah penting. Bukan hanya memegang peran yang memiliki tanggung jawab besar, pemimpin harus bisa menjadi sosok yang bijaksana dan juga berlaku adil kepada semua kaum atau rakyat yang dipimpinnya. Tanpa bekal ini, tentu saja tidak akan cukup untuk menjadi pemimpin.

Kegiatan pramuka – bisa menjadi media siswa untuk membentuk karakter kepemimpinan. Ini sangat penting untuk belajar bagaimana menjadi pemimpin yang baik sejak dini. Dan dengan begitu, siswa bisa belajar mengenai bekal untuk menjadi seorang pemimpin yang sesuai dengan ajaran islam tentu saja.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nahl Ayat 90

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY